Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Level Up Skill dengan Ikuti Pelatihan Excel

Belajar Data Science di Rumah 14-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-08-2023-11-14-171743_x_Thumbnail800.jpg

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1987, Microsoft Excel dan rangkaian Office lainnya telah menjadi tools esensial yang banyak digunakan untuk kegiatan produktif berbagai sektor dan telah digunakan lebih dari satu miliar rumah dan kantor di seluruh dunia.


Beberapa users suka menggunakan spreadsheet untuk mencatat, mengatur, dan menyimpan berbagai data baik data pribadi maupun data bisnis. Namun, pada tingkat profesional, bisnis sering mengandalkan Excel untuk berbagai tugas, termasuk manajemen tim, entri data, pelacakan pengeluaran, analisis statistik, dan bahkan perkiraan.


Saat ini industri sangat bergantung pada data. Semua industri menggunakan excel untuk berbagai kebutuhan dan digunakan oleh berbagai level karyawan. Bahkan saat ini excel menjadi syarat wajib bagi rekrutmen pekerjaan mulai dari admin hingga analisis data.


Tak heran jika saat ini banyak orang yang ingin meng-improve skills excel-nya. Excel bisa dipelajari dengan media apapun, mulai dari belajar sendiri hingga mengikuti pelatihan excel. Jika kamu sedang mencari platform pelatihan excel, maka kamu harus memastikan beberapa materi di bawah ini akan kamu pelajari di platform tersebut.


1. Macro dan VBA

Makro adalah fitur Excel lain yang membantu kita menyelesaikan tugas dengan lebih efisien. Makro menjadi solusi untuk mengoptimalkan alur kerja sehingga kita tidak perlu melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang.


VBA atau Visual Basic for Applications adalah bahasa pemrograman Excel. VBA akan membantu kita untuk memiliki kontrol penuh atas makro. Dengan VBA, kita bisa bekerja dengan lebih efisien, khususnya untuk tim data.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Validasi Data

Kemampuan untuk mengatur informasi dengan rapi di dalam baris dan kolom spreadsheet Excel adalah salah satu faktor yang menyebabkan mengapa excel sangat populer. Salah satu kegunaan excel adalah untuk validasi data. Tools ini membantu kita untuk mengontrol data berukuran sangat besar.


Beberapa fitur validasi data yang sering digunakan adalah mengubah sel menjadi daftar drop-down, menambahkan aturan khusus, dan memformat angka. Dengan excel kita bisa menghapus atau mengecek informasi yang tidak valid.


3. Formula Umum Excel

Formula excel adalah tools bawaan yang paling powerfull yang dimiliki oleh excel. Dengan formula excel kita bisa menghemat banyak waktu dan tenaga untuk mengerjakan suatu project yang berat. Formula excel tidak hanya diketik pada cell atau kolom formula, namun juga bisa digunakan menggunakan shortcut.


Namun, perlu banyak berlatih untuk menggunakan shortcut tanpa perlu menghafal. Ada ribuan formula excel, mulai dari formula yang sederhana hingga formula untuk analisis data yang kompleks.

Excel


4. Analisis Statistik

Fitur excel yang satu ini dirancang bagi kita yang sering bekerja dengan angka dan metode statistika. Ada banyak metode yang bisa digunakan, misalnya korelasi data random value, bahkan bisa digunakan untuk membuat histogram.


Dengan excel, khususnya fitur statistics analysis kita bisa melakukan pekerjaan dengan lebih mudah dan efisien. Excel memiliki fitur dan formula yang bisa dimanfaatkan untuk menganalisis data dengan mudah tanpa perhitungan manual dan meminimalisasi human error.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Sedang mencari sumber belajar excel yang sederhana namun memiliki materi yang padat dan berguna di berbagai bidang industri? Yuk belajar dari modul DQLab! 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login