[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 4 Menit 16 Detik 

Macam-Macam Metode Analisis Data: 2 Macam Metode Penting dalam Mengolah Data

Belajar Data Science di Rumah 25-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/96fa987442bd0a80de469833919d949b_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh menggunakan berbagai jenis pengumpulan data seperti, wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi seperti rekaman video/audio dengan cara mengorganisasikan data dan memilih mana yang penting dan dipelajari, menganalisa menggunakan macam-macam metode analisis data, serta membuat kesimpulan, sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Secara sederhana, analisis data juga dapat didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mengubah hasil data dari penelitian menjadi informasi baru yang dapat digunakan dalam membuat kesimpulan.

Metode analisis data adalah salah satu komponen penting dalam proses Data Analysis. Metode analisis data merupakan bagian dari proses analisis dimana data yang dikumpulkan lalu diproses untuk menghasilkan kesimpulan dalam pengambilan keputusan. Macam-macam metode analisis data ini dibagi menjadi dua bagian besar, kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dengan menggunakan teknik statistik adalah istilah untuk metode analisis kuantitatif, dan analisis data menggunakan analisis tematik dengan pengkodean dan berupa teks merupakan metode analisis kualitatif.

Kamu dapat melakukan analisis data dengan metode apa saja tergantung kebutuhan data yang seperti apa. Pada kesempatan ini kita akan mengetahui lebih jauh lagi penjelasan dari masing-masing metode tersebut. Semoga bermanfaat untukmu!

 

1. Pengenalan Metode Analisis Data

Metode analisis data merupakan tahapan proses penelitian dimana data yang sudah dikumpulkan dikelola untuk diolah dalam rangka menjawab permasalahan yang ada. Manajemen dan proses pengolahan data inilah yang disebut dengan analisis data. Analisis data sendiri memiliki tujuan untuk mendeskripsikan data agar mudah dipahami, kemudian membuat informasi yang menarik mengenai karakteristik dari populasi data berdasarkan sampel data yang dibuat berdasarkan hasil pengujian hipotesis.

 

Secara garis besar metode analisis data dibagi menjadi dua, yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dimana perbedaan dari dua metode tersebut masing-masing terletak pada tipe data nya, sementara prosedur analisis data adalah tahap pengumpulan data, tahap editing, tahap coding, tahap pengujian, tahap pendeskripsian data, dan tahap pengujian hipotesis.



Baca juga: Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika

 

2. Quantitative Data Analysis

Analisis data kuantitatif merupakan sebuah teknik analisis yang digunakan pada data kuantitatif. Data kuantitatif merupakan data yang dapat dibentuk dengan simbol angka atau bilangan. Metode ini merupakan pendekatan pengolahan data melalui metode statistik atau matematik yang terkumpul dari data sekunder. Kelebihan dari metode ini adalah kesimpulan yang lebih terukur dan komprehensif. Hasil dari analisis kuantitatif biasanya dalam bentuk angka yang kemudian akan diinterpretasikan dalam uraian-uraian kalimat yang dapat dipahami oleh pengguna. Analisis data dalam penelitian ini biasanya menggunakan dua macam teknik analisis statistik, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.

 

Metode analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik. Metode analisis data kuantitatif adalah metode yang bergantung kepada kemampuan untuk menghitung data secara akurat. Selain itu, metode ini juga memerlukan kemampuan untuk menginterpretasikan data yang kompleks. Beberapa contoh metode analisis kuantitatif, seperti analisis deskriptif, regresi, dan faktor. Metode analisis data kuantitatif mempunyai berbagai macam jenis analisis seperti teknik korelasional, regresi, komparasi, deskriptif dan sejenisnya.

 

3. Qualitative Data Analysis

Analisis data kualitatif merupakan sebuah teknik analisis yang digunakan pada data kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang bukan dalam bentuk angka atau bilangan dan biasanya berupa data informasi yang berbentuk teks, kalimat verbal maupun narasi. Metode analisis data ini merupakan metode dengan menggunakan wawancara dan observasi dengan menjawab pertanyaan seperti apa, mengapa atau bagaimana, studi literatur dan dari sumber yang bermacam-macam serta dilakukan secara terus menerus. Selanjutnya dari keseluruhan data tersebut dilakukan proses pengklasifikasian berdasarkan kebutuhan dengan proses pencodingan. Tahap terakhir pada metode ini adalah interpretasi data. Proses interpretasi data sebenarnya dilakukan secara bersamaan selama coding. Upaya interpretasi dilakukan bersamaan dalam mengklasifikasikan data. Langkah interpretasi untuk menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

 

Pada analisis data kualitatif tidak menggunakan model matematika seperti analisis data kuantitatif, namun hanya membaca data berupa grafik atau tabel yang telah tersedia kemudian membuat uraian. Metode ini memerlukan pendekatan dari data yang sifatnya lebih subjektif.  Metode analisis data kualitatif adalah metode pengolahan data secara mendalam dengan data dari hasil pengamatan, wawancara, dan literatur. Kelebihan metode ini adalah kedalaman dari hasil analisisnya. Di sisi lain, inilah nilai lebih dari metode analisis kualitatif, di mana si analis memainkan peran penting dalam proses analisis sebagai bagian dari alat penelitian.



Baca juga: Kenali Tiga Metode Analisis Data yang Populer

 

4. Prosedur Analisis Data

Analisis data dalam penelitian dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data. Pada saat mengumpulkan data, peneliti sudah melakukan analisis terhadap data yang didapatkan. Bila dirasa data yang dimiliki belum lengkap, maka peneliti akan melanjutkan tahap pengumpulan data lagi, hingga tahap tertentu dimana data yang diperoleh dianggap kredibel. Dalam menganalisis data, terdapat langkah-langkah atau prosedur sebagai berikut :

  • Menentukan tujuan analisis data

  • Menentukan metode yang akan digunakan

  • Mengumpulkan data, merupakan tahap dimana data yang akan dianalisis dikumpulkan.

  • Membersihkan atau membentuk data, atau tahap editing yaitu proses pemeriksaan kejelasan dan kelengkapan data.

  • Menganalisis data, tahapan ini dilakukan setelah melalui tahap editing. Hasil olahan data kemudian akan dianalisis dan diterjemahkan sehingga data tersebut dapat dipahami sebagai sebuah informasi. Dalam tahapan ini, kamu akan menggunakan metode analisis data yang telah dipilih di awal yaitu, analisis kualitatif atau analisis kuantitatif.

  • Interpretasi hasil analisis data, tahapan ini merupakan proses menggambarkan hasil analisis dengan menyajikannya ke dalam bentuk tabel, diagram, maupun grafik. Tujuannya adalah untuk memahami karakteristik data dan supaya orang awam juga dapat memahami hasil analisis data tersebut.

  • Menarik kesimpulan.

 

5. Mulai Belajar Metode Analisis bersama DQLab, dan Nikmati Module GRATIS selama 30 Hari

Belajar data science dengan mengenal metode analisis data. Tingkatkan kompetensi data science mu dengan belajar bersama DQLab secara gratis selama 30 hari. Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!