Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Machine Learning dalam Keseharian, Sudah Tahu?

Belajar Data Science di Rumah 03-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-07-2024-05-03-174313_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning atau mesin pembelajar merupakan salah satu topik penting yang banyak diperbincangkan dan perlu dipelajari oleh berbagai kalangan. Pada era kecanggihan teknologi seperti ini kita perlu mengupdate ilmu pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kita perlu mengetahui pengertian machine learning & contoh yang akan sering dijumpai dalam keseharian. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa contoh machine learning. Yuk, coba simak bersama-sama!


Machine learning merupakan sebuah ilmu pengembangan yang melibatkan algoritma dan model secara statistik yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Penggunaan machine learning ini telah diterapkan oleh berbagai bidang industri. Sebagai contoh machine learning ini bisa digunakan untuk memproses data dalam jumlah bear (big data), mengidentifikasi pola data, memprediksi nilai atau hasil yang akurat, dan berbagai keperluan lainnya. 


1. Diagnosa Medis

Perkembangan machine learning tidak hanya berdampak dalam bidang teknologi saja, melainkan dalam bidang kesehatan pula. Salah satu contohnya adalah penerapan machine learning untuk diagnosa penyakit dengan menggunakan citra medis. Hal ini membantu hasil diagnosa menjadi lebih tepat.


Selain itu machine learning juga dapat membantu mengidentifikasi penyakit, memprediksi respons terhadap terapi, dan menyediakan rekomendasi perawatan yang lebih akurat, memantau kondisi pasien secara jarak jauh, pengobatan kanker dengan terapi gen, mendeteksi dini penyakit menular, memantau kesehatan ibu hamil dan janin, serta pemberian edukasi kesehatan secara personalisasi.

Machine Learning



Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Google Maps

Jika pada jaman dahulu jika ingin bepergian ke suatu tempat memerlukan bantuan peta sebagai penunjuk arah, pada masa kini kita bisa cukup menggunakan Google Maps. Google Maps ini merupakan salah satu machine learning yang sangat membantu pengguna dalam menemukan suatu lokasi dengan bantuan rute yang diberikan. Bahkan saat ini pun banyak orang bepergian dengan mengandalkan Google Maps dengan catatan memiliki koneksi internet yang baik.

Machine Learning



3. Virtual Assistant

Virtual assistant atau asisten virtual merupakan salah satu contoh machine learning yang sering kita jumpai. Seperti namanya, ini berarti virtual assistant ini menggunakan bantuan IT yang tinggi. Virtual assistant bisa dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu. beberapa tugas dan tanggung jawab virtual assistant yang bisa diketahui antara lain seperti menginput data,mengatur jadwal, mengelola email, mengelola website, mengelola sosial media, dan lain-lain.

Machine Learning


4. Rekomendasi Marketplace

Marketplace adalah suatu situs yang didalamnya terdapat beberapa toko. Situs ini tentu dijalankan dengan cara online. Dalam marketplace ini tempat bertemunya para penyedia barang dan jasa dengan calon pembeli. Di dalam marketplace tentu banyak produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan menerapkan machine learning, marketplace bisa merekomendasikan barang atau jasa tertentu kepada pembeli yang salah satunya dengan cara membaca pola search engine yang dilakukan pembeli.

Machine Learning


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Machine learning saat ini bukanlah suatu hal yang asing dan bisa dipelajari oleh siapapun. Kamu bisa belajar dasar-dasar machine learning dan cara menggunakannya dengan belajar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login