PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 6 Jam 37 Menit 44 Detik

Machine Learning dan Contoh Produk yang Existing

Belajar Data Science di Rumah 13-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-07-2023-11-13-173242_x_Thumbnail800.jpg

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat aktivitas sehari-hari manusia menjadi lebih terbantu. Salah satu teknologi terbaru yang membantu aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari ini adalah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.


Artificial Intelligence ini dibagi menjadi beberapa macam bagian, salah satu bagiannya adalah machine learning. Machine learning ini tanpa kita sadari sering kita jumpai bahkan sering kita pakai dalam membantu pekerjaan kita.


Jadi, machine learning ini adalah salah satu cabang dari AI yang menarik perhatian banyak orang dan juga cukup populer di masa sekarang ini. Machine learning ini dikembangkan dan juga dirancang agar bisa belajar dengan sendirinya selayaknya manusia.


Machine learning ini dibuat untuk mempermudah tugas-tugas tertentu. Mungkin, diantara kita masih ada yang beranggapan bahwa machine learning ini hanya digunakan dalam dunia industri saja.


Tetapi dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih membuat machine learning dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari manusia. Apa saja contoh machine learning yang sering digunakan oleh manusia? Penasaran bukan, maka dari itu mari kita simak artikel berikut ini!


1. Google Search

Salah contoh penerapan machine learning dalam kehidupan kita adalah Google Search. Machine learning yang diterapkan oleh Google ini adalah dimana seorang user dapat melakukan pencarian kata kunci secara otomatis yang langsung terdeteksi melalui aplikasi Google ataupun ketika kita sedang membuka Google di website.


Contohnya seperti, ketika kita mengetik kata “Bioskop”. Maka nanti, Google akan memberikan banyak rekomendasi bioskop terdekat, bioskop yang sudah buka atau tutup, dan lain sebagainya.

Machine Learning

Credit by Wikipedia


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Mobil Kendali Otomatis

Selanjutnya ada mobil kendali otomatis. Mobil kendali otomatis ini adalah penerapan dan juga suatu pengembangan dari machine learning. Mobil ini menggunakan machine learning yang cukup kompleks dan juga dengan resikonya yang cukup tinggi.


Ada banyak hal yang harus diperhatikan pada mobil kendali otomatis seperti sensor-sensor yang ada pada mobil ini yang saling terintegrasi pada rambu-rambu lalu lintas, kondisi jalan, kondisi manusia di sekitarnya, arah dan tujuan, dan lain sebagainya.

Machine Learning

Credit by Merdeka.com


3. Chatbot

Selain itu, penerapan machine learning yg lainnya adalah chatbot. Chatbot adalah salah satu contoh machine learning yang cukup banyak digunakan oleh perusahaan untuk menjadi customer service. Karena chatbot ini adalah machine learning yang memiliki fungsi untuk melayani live chat para customer.


Machine learning jenis ini dapat diatur dan dilatih agar mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan selayaknya manusia pada umumnya. Dengan adanya teknologi ini, perusahaan dapat memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Karena menurut riset dari tahun ke tahun, bisnis dengan pelanggan ke depannya sudah tidak melibatkan manusia.

Machine Learning

Credit by Siam Computing


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Pendeteksi Wajah

Selanjutnya adalah pendeteksi wajah. Pendeteksi wajah ini adalah contoh lainnya dari penerapan machine learning yang sudah tidak asing lagi di kehidupan sehari-hari kita. Hal ini karena sudah banyak platform atau aplikasi memerlukan verifikasi menggunakan wajah kita untuk bisa menggunakan aplikasi atau platform tersebut.


Selain itu, pendeteksi wajah ini memiliki berbagai macam manfaat seperti memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, meningkatkan akurasi, dan juga integrasi yang lebih mudah lagi ketika kita menggunakan suatu platform. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi para penipuan, pencurian, pelayanan kesehatan, dan lain sebagainya.


Machine Learning

Credit by MBS CCTV


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login