TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 18 Menit 1 Detik

Machine Learning vs Artificial IntelligenceTerupdate

Belajar Data Science di Rumah 30-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/278710dc81f2d142b8b4c52edc9b8b2b_x_Thumbnail800.jpeg

Machine Learning adalah sebuah teknologi yang merupakan bagian dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Meskipun kerap kali dianggap sama, Machine Learning dan Artificial Intelligence tidak sama persis, namun akan terus saling bersinggungan. Jika dilihat dari strukturnya, Artificial Intelligence mencakup scope pembahasan yang lebih luas dan bisa menyelesaikan lebih dari satu permasalahan, sementara Machine Learning akan fokus pada satu permasalahan.


Pekerjaan seorang praktisi data tidak akan jauh-jauh dari data dan juga pemanfaatan Machine Learning dan Deep Learning untuk mempermudah pekerjaannya. Tentu saja praktisi data harus memahami perbedaan dari Artificial Intelligence dan Machine Learning agar bisa menggunakan keduanya di keadaan yang tepat. Dalam artikel ini kita akan melihat pengertian dari keduanya, kemudian membandingkan Machine Learning dan Deep Learning dalam berbagai aspek, serta melihat cara kerja jika kita menggunakan keduanya. Yuk, simak pembahasannya!


1. Mengenal Artificial Intelligence

Machine Learning

Artificial Intelligence merupakan bidang pengembangan komputer dan robot yang mampu berperilaku dengan cara meniru dan melampaui kemampuan manusia. Program yang mendukung AI dapat menganalisis dan mengkontekstualisasikan data untuk memberikan informasi atau secara otomatis memicu tindakan tanpa campur tangan manusia.


Saat ini, Artificial Intelligence menjadi inti dari banyak teknologi yang digunakan oleh berbagai perusahaan, termasuk smartphone dan virtual assistant seperti Siri di perangkat Apple. Perusahaan menggabungkan teknik seperti Natural Language Processing dan Computer Vision agar komputer memiliki kemampuan komputer untuk menggunakan bahasa manusia dan menafsirkan gambar sehingga bisa mengotomatiskan tugas, mempercepat pengambilan keputusan, dan memungkinkan percakapan pelanggan dengan chatbot.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Apa itu Machine Learning?

Machine Learning

Machine Learning merupakan salah satu bagian dari Artificial Intelligence yang menggunakan algoritma untuk mendapatkan insight dan mengenali pola dari data sehingga bisa membuat keputusan yang tepat secara otomatis. Mempelajari dan bereksperimen dengan Machine Learning, programmer akan menguji batas seberapa banyak mereka dapat meningkatkan persepsi, kognisi, dan tindakan sistem komputer.


Deep Learning yang merupakan metode lanjutan Machine Learning, sedikit lebih canggih dari Machine Learning. Model Deep Learning akan menggunakan jaringan saraf besar, dimana jaringan tersebut berfungsi seperti otak manusia untuk menganalisis data secara logis untuk mempelajari pola kompleks dan membuat prediksi terlepas dari input manusia.


3. Perbedaan yang Mencolok dari Artificial Intelligence dan Machine Learning

Machine Learning

Meskipun Artificial Intelligence dan Machine Learning terlihat mirip, namun keduanya tetap berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan dari kedua hal tersebut:


Artificial Intelligence

Machine Learning

Membuat mesin bisa mengikuti kebiasaan manusia

Bagian dari Artificial Intelligence yang membuat mesin untuk belajar secara otomatis dari data yang sudah ada agar bisa membuat keputusan

Goals nya adalah untuk membuat sistem komputer pintar yang bisa seperti manusia untuk menyelesaikan masalah kompleks

Goals nya adalah untuk membuat mesin belajar dari data yang ada agar bisa memberikan output yang akurat.

Artificial Intelligence memiliki rentang cakupan yang luas

Machine Learning memiliki cakupan yang lebih terbatas

Artificial Intelligence bekerja untuk membuat system cerdas yang bisa menyelesaikan beberapa permasalahan yang kompleks

Machine Learning hanya bisa menyelesaikan masalah spesifik yang digunakan dalam proses training

Artificial Intelligence bisa bekerja dengan data terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur

Machine Learning hanya bisa bekerja dengan data terstrukur dan data semi terstrukur

Artificial Intelligence terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Strong AI, General AI, dan Weak AI

Machine Learning terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning

Contoh hasil dari Artificial Intelligence adalah Siri, Chatbot untuk membatu customer service, game online, robot humanoid, dll

Contoh hasil dari Machine Learning adalah algoritma pencarian Google, system rekomendasi online, Facebook yang bisa melakukan tag secara otomatis, dll.


4. Bagaimana Cara Artificial Intelligence Bekerja Bersama Machine Learning

Machine Learning

Ketika kita mencoba untuk melihat perbedaan antara Artificial  Intelligence dengan Machine Learning, mungkin ada baiknya jika kita melihat bagaimana cara Artificial Intelligence dan Machine Learning bekerja secara bersamaan. Berikut adalah caranya:

  • Sistem Artificial Intelligence akan dibangun dengan menggunakan Machine Learning dan teknik lainnya.

  • Machine Learning model akan dibuat dengan mempelajari pola dari data.

  • Data Scientist akan mengoptimasi model Machine Learning berdasarkan pola dari data

  • Prosesnya akan terus diulangi dan disempurnakan hingga model mendapatkan akurasi yang tinggi untuk tugas yang harus diselesaikan.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Machine Learning dan Artificial Intelligence merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Meskipun ada beberapa contoh Artificial Intelligence yang tidak termasuk ke dalam kategori Machine Learning. Masih banyak permasalahan-permasalahan yang tidak bisa diselesaikan begitu saja oleh algoritma Machine Learning yang telah ada. Sehingga praktisi data harus terus mengembangkan algoritma-algoritma yang ada atau bahkan mencari algoritma baru untuk menjawab permasalahan yang ada.


Namun sebelum mulai masuk ke proses pencarian algoritma baru, ada baiknya kita harus menguasai dasar dari Machine Learning terlebih dahulu.Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul “Machine Learning with Python for Beginning”. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :