PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 32 Menit 18 Detik 

Majukan Ragam Industri dengan Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 07-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b3fe7ec5a72f6be74f671a743dd8adc8_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning adalah ilmu dari Artificial Intelligence yang akan membuat komputer memiliki kemampuan untuk belajar tanpa perlu diprogram lagi. Machine learning menggunakan algoritma yang akan membuat komputer untuk belajar dan melakukan tugasnya tanpa harus adanya instruksi dari pengguna.


Algoritma ini bekerja dengan cara membangun sebuah model dari masukan agar dapat menghasilkan suatu prediksi atau pengambilan keputusan berdasarkan data yang ada. 


Machine learning dalam pengembangannya ada tiga hal kategori utama di dalamnya, yaitu:

  • Reinforcement Learning

    Reinforcement learning merupakan pembelajaran terhadap aksi yang dilakukan untuk memperoleh reward yang maksimal.Dalam proses pembelajarannya tidak akan diberitahu aksi mana yang diambil, tetapi lebih pada menemukan aksi yang dapat memberikan reward maksimal dengan cara menjalankan aksi-aksi tersebut

  • Supervised Learning

    Supervised learning merupakan data yang ada pada machine learning dilengkapi dengan kelas/label yang menunjukkan klasifikasi dari data tersebut. Dalam kategori ini model yang dihasilkan adalah model prediksi dari data yang telah diberi kelas/label.

  • Unsupervised learning

    Unsupervised learning ini merupakan kebalikan dari supervised learning, dimana data yang dimiliki tidak dilengkapi dengan kelas/label.


Machine learning atau pembelajaran mesin telah banyak diterapkan dalam berbagai bidang. Sadar atau tidak sadar, kita bisa saja telah menjadi pengguna dari penerapan machine learning. Lalu apa saja penerapan machine learning


1. Implementasi Machine Learning di Bidang Bisnis

machine learning

Photo by Nathália Rosa on Unsplash


Untuk mendukung kelancaran sistem dari aplikasi penjualan produk digital, diterapkan sebuah teknologi yang bernama machine learning. machine learning juga digunakan sebagai alat rekomendasi untuk pelanggan.


Recommender System bertujuan untuk memberikan rekomendasi produk yang berhubungan dengan referensi pelanggan, data referensi produk pengguna disimpan kemudian diolah menggunakan teknik statistik, sehingga menghasilkan rekomendasi produk terkait.


Beberapa dari kita mungkin pernah mengakses situs belanja online atau layanan streaming video/musik. Kemudian saat kita mengakses situs itu lagi, iklan yang muncul adalah produk yang pernah kita cari atau produk yang saling berkaitan.


Machine learning mempelajari perilaku kita sehari-hari dengan memanfaatkan data yang pernah kita akses atau yang pernah kita buat atau tulis. 


Dengan menampilkan iklan kepada pembeli potensial akan meningkatkan peluang calon pembeli tersebut untuk melakukan transaksi. Selain itu machine learning secara lebih cepat mampu melakukan analisa hasil dan pola dalam pencarian data dari konsumen yang potensial.


Pola ini sangat penting diketahui oleh marketing karena dapat digunakan untuk mengidentifikasi area paling tepat yang menjadi fokus penting untuk memasarkan produk terhadap target pasar tertentu. 


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!

 

2. Implementasi Machine Learning di Bidang Kesehatan

machine learning

Photo by Adhy Savala on Unsplash


Pada dasarnya tubuh merupakan sumber data yang sangat besar. Tubuh kita bisa menghasilkan data setiap harinya, mulai dari data terkait aktivitas otak, tingkat stress, detak jantung, peredaran darah, dan berbagai kondisi fisik lainnya. Jika data ini diolah dengan baik tentunya pencegahan dan pengobatan suatu penyakit lebih mudah untuk dilakukan. 


Perkembangan machine learning memiliki potensi lain termasuk di industri kesehatan, karena beberapa perusahaan machine learning juga sedang mempelajari cara mengatur dan menyampaikan informasi kepada dokter selama sesi telemedicine, serta menangkap informasi selama kunjungan virtual untuk merampingkan alur kerja. 


Sudah banyak produk yang sukses menerapkan machine learning. Misalnya PathAI, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang patologi. Menggunakan machine learning, teknologi PathAI bertujuan untuk memberikan diagnosis yang lebih cepat, lebih akurat, dan rencana perawatan pribadi yang lebih baik untuk setiap pasien.


Teknologi tersebut telah berkontribusi pada bidang biofarmasi, laboratorium, dan dokter yang bertujuan untuk memberi pasien akses ke diagnosis yang akurat dan perawatan yang efektif. 


3. Implementasi Machine Learning di Bidang Olahraga

machine learning

Photo by Dmitrii Vaccinium on Unsplash


Beberapa tahun terakhir, penggunaan machine learning kian marak ditemui di bidang olahraga, terutama karena pengaruh positif machine learning terhadap peningkatan kemampuan para atlet. Machine learning saat ini juga dimanfaatkan dalam proses uji fisik para atlet. 


Machine learning bertugas menganalisis berbagai variabel kesehatan dan gerakan atlet untuk menilai kebugaran, bahkan mendeteksi dini tanda-tanda adanya kelelahan atau cedera akibat stres.


Teknologi machine learning bisa saja akan menggantikan salah satu peran offline trainer untuk mendeteksi gerakan dan memperbaiki form saat exercise dilakukan, sehingga dapat memperbaiki form pengguna. Hal ini juga menghindarkan pengguna dari bad form saat exercise yang dapat menimbulkan cedera.


4. Implementasi Machine Learning di Bidang Pendidikan

machine learning

Photo by Susan Q Yin on Unsplash


Saat ini machine learning sudah menjadi bagian dari perjalanan waktu yang tidak bisa dibendung. Bidang pendidikan pun tak luput dari penerapan machine learning. Machine learning diyakini dapat membantu manusia untuk belajar dengan lebih baik dan mencapai tujuan pendidikan dengan lebih efektif.


Sehingga tidak heran saat ini banyak inovasi dan terobosan berbasis AI yang sedang dan akan diterapkan dalam menunjang proses pembelajaran agar lebih praktis dan efektif.


Terdapat beberapa contoh produk hasil penerapan machine learning dalam bidang pendidikan. Misalnya:

  • Mentor Virtual

  • Smart Content

  • Global Courses


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


5. Tertarik Membangun dan Menerapkan Machine Learning?

machine learning

Photo by AltumCode on Unsplash


Setelah membaca penerapan machine learning diberbagai bidang, apa sahabat DQ tertarik untuk mendalami machine learning? Tak perlu khawatir, karena DQLab punya modul yang bisa sahabat DQ manfaatkan sebagai bahan pembelajaran machine learning.


Beberapa modul bertema machine learning di DQLab diantaranya:

  • Machine Learning With Python for Beginner

  • Basic Feature Discovering for Machine Learning

  • Customer Churn Prediction using Machine Learning


Bagi sahabat DQ yang belum memiliki pengetahuan data science atau machine learning, atau berasal dari background non IT, tenang saja. Karena DQLab punya modul gratis yang bisa kamu coba loh.


Tunggu apa lagi? Yuk, Sign Up di DQLab.id sekarang!


Penulis: Ashari Ramadhan

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :