PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 36 Menit 25 Detik

Maksimalkan Performa Database dengan SQL Group By

Belajar Data Science di Rumah 20-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-06-2024-06-20-195949_x_Thumbnail800.jpg

SQL merupakan salah satu bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh para praktisi data untuk mengakses database. Terlebih di era digital ini, data menjadi aset berharga bagi berbagai perusahaan. Database yang menyimpan data ini perlu dikelola dengan baik agar performanya bisa optimal, dan informasi yang dihasilkan lebih akurat. Salah satu fungsi yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa database adalah dengan menggunakan SQL Group By. Fungsi ini secara sederhana biasa digunakan untuk menggabungkan data menjadi daftar nilai tunggal yang memenuhi beberapa kriteria. 


SQL juga memiliki kelebihan lain pada syntax yang digunakan lebih mudah untuk dipahami, bahkan bagi para pemula yang baru berkesimpung di dunia data sekalipun. Selain itu, penggunaan SQL juga sangat membantu mengefisienkan waktu jika dibutuhkan data tertentu dalam ribuan data yang dimiliki. Bayangkan saja jika kita hanya memerlukan data customer berdasarkan negara dengan pembelian produk terbanyak.


Sedangkan data customer sangat banyak dengan spesifikasi masing-masing. Jika pencarian data dilakukan secara manual tentunya tidak praktis, membuang waktu, dan outputnya belum tentu benar karena ada faktor human error. Nah, penasaran bagaimana cara meningkatkan performa database agar lebih optimal dengan fungsi Group By? Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini!


1. Menengal Fungsi SQL Group By

SQL Group By merupakan salah satu fungsi yang terdapat pada bahasa SQL yang digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan kriteria tertentu dalam sebuah tabel. Kriteria tersebut dapat berupa satu atau lebih kolom, dan data akan dikelompokkan sesuai dengan nilai yang sama pada kolom yang ditentukan.  


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Hasil dari perintah ini akan menghasilkan sebuah tabel baru yang terdiri dari data yang sudah dikelompokkan. Hal ini memungkinkan untuk melakukan agregasi data, seperti menghitung jumlah, rata-rata, minimum, dan maksimum, pada setiap kelompok. Berikut contoh penggunaan fungsi SQL Group By  untuk mencari rata-rata gaji karyawan per departemen dari tabel gaji berikut ini, agar kamu bisa memahaminya dengan lebih jelas!


SQL


Kita akan menggunakan Group By serta fungsi agregat untuk mengetahui jumlah rata-rata gaji karyawan berdasarkan masing-masing departemen, dengan syntax sebagai berikut:

SQL

Sumber: gemini.google.com 


Setelah memasukkan syntax dengan benar, maka akan didapatkan hasil seperti gambar dibawah ini.

SQL


2. Manfaat Penggunaan Fungsi SQL Group By

Penggunaan SQL Group By dapat memberikan beberapa manfaat untuk meningkatkan performa database, antara lain:

  1. Meningkatkan Kecepatan Query

    Dengan mengelompokkan data menggunakan fungsi SQL Group By maka dapat membantu untuk mengurangi jumlah baris yang perlu diproses, sehingga meningkatkan kecepatan query, dan mengoptimalkan performa database.

  1. Menghemat Ruang Penyimpanan

    Dengan mengelompokkan data menggunakan fungsi SQL Group By dapat membantu untuk menghemat ruang penyimpanan, karena hanya data yang relevan yang ditampilkan.

  1. Membuat Laporan dan Statistik yang Lebih Ringkas

    Fungsi SQL Group By dapat membantu untuk membuat laporan dan statistik yang lebih ringkas, sehingga bisa lebih mudah dipahami.


3. Tips Mengoptimalkan Performa Database dengan SQL Group By

Setelah memahami fungsi Group By pada SQL, beserta contoh penggunan, dan manfaatnya untuk berbagai hal. Tentunya, kamu juga harus menerapkan tips-tips berikut ini supaya bisa mengoptimalkan performa database yang kamu kelola.

  1. Optimalisasi query dengan SQL Group By

  2. Menghindari redundansi data dengan SQL Group By

  3. Meningkatkan efisiensi proses agregasi data


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penjelasan di atas hanya memberikan sebagian gambaran umum tentang fungsi Group By. Sedangkan masih banyak sekali fungsi-fungsi powerful lainnya dari SQL untuk memaksimalkan berbagai pekerjaan di bidang data. Nah, untuk Sahabat DQ yang masih bingung untuk mulai belajar SQL dari mana? Tenang! DQLab adalah jawabannya.


DQLab menyediakan berbagai modul interkatif yang sudah dilengkapi dengan fitur eksklusif Live Code Editor dan Ask AI Chatbot, dimana kamu bisa belajar secara mandiri dan waktu yang fleksibel tanpa perlu takut error. Manfaatnya apa sih?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga sudah menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang terbukti efektif bagi para pemula, bahkan yang tidak memiliki latar belakang IT sekalipun. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera Sign Up dan tingkatkan skillmu dengan bergabung dalam Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis: Lisya Zuliasyari


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login