Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Manfaat Big Query untuk Tools Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 18-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7881d0a9011e8c2a0eb5636f597e9a42_x_Thumbnail800.jpeg

Sebagai seorang data engineer, pengolahan data merupakan tugas utama yang harus dilakukan. Pengolahan data tidak hanya tentang mengumpulkan dan menyimpan data, melainkan juga memproses dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi perusahaan. Dalam era digital saat ini, volume data yang dihasilkan tentu semakin besar dan kompleks. Oleh karena itu, diperlukan tools yang dapat membantu dalam pengolahan dan analisis data secara efisien dan cepat.


Salah satu tools yang dapat membantu data engineer dalam pengolahan data adalah Big Query. Big Query dapat memproses data dalam jumlah besar dengan cepat dan efisien, sehingga data engineer dapat menghasilkan informasi yang akurat dan up-to-date dalam waktu yang singkat. Ingin tahu lebih detail tentang pentingnya penggunaan Big Query dalam pengolahan data? Artikel kali ini akan membahas tools tersebut lebih mendalam dan diberikan studi kasus implementasi Big Query. Terdapat juga rekomendasi beberapa tools data engineer lainnya yang dapat membantu dalam pengolahan dan analisis data.


1. Pengertian Big Query

Data Engineer

Big Query adalah alat analitik data yang disediakan oleh Google Cloud untuk mengelola dan menganalisis data dalam skala besar. Tools ini menggunakan teknologi yang canggih, seperti distributed computing dan columnar storage, sehingga dapat mengoptimalkan kinerja data dengan cepat dan efisien. Dalam mengelola data, Big Query memungkinkan data engineer untuk mengakses data dengan mudah, baik itu dari sumber data internal maupun eksternal. Selain itu, Big Query juga memungkinkan kalian untuk mengelola akses data dan hak akses dengan mudah, sehingga keamanan data tetap terjaga.


Dalam menggunakan Big Query, data engineer hanya perlu melakukan pembayaran sesuai dengan pemakaian. Sehingga biaya operasional yang dikeluarkan menjadi lebih rendah. Hal ini membantu perusahaan untuk menghemat biaya dalam pengelolaan data. Selain itu, Big Query juga menyediakan integrasi dengan tools data engineer lainnya, seperti Google Cloud Storage, Cloud Dataflow, dan Cloud Dataproc, sehingga memudahkan data engineer untuk menggabungkan Big Query dengan tools yang lain. Dalam penggunaan Big Query, kalian juga dapat memanfaatkan fitur seperti Machine Learning dan Big Query ML untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam analisis data.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Pentingnya Big Query Untuk Tools Data Engineer

Data Engineer

Big Query merupakan tools yang penting bagi data engineer karena dapat membantu dalam mengoptimalkan kinerja data dan membuat keputusan berdasarkan data secara lebih akurat. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan Big Query.

  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengolahan data, serta mengurangi biaya operasional yang dikeluarkan.

  • Memberikan kemampuan skalabilitas yang tinggi dalam mengelola data yang semakin kompleks.

  • Memberikan kemampuan integrasi dengan tools data engineer lainnya, sehingga memudahkan data engineer untuk menggabungkan Big Query dengan tools data engineer yang lain dan membuat solusi yang lebih lengkap  dalam pengelolaan dan analisis data.

  • Menyediakan fitur-fitur seperti fungsi agregasi dan filter untuk melakukan query data dengan lebih efisien dan efektif.

  • Memungkinkan data engineer untuk memanfaatkan fitur-fitur seperti Machine Learning untuk meningkatkan kualitas analisis data.

  • Mengatasi tantangan dalam pengelolaan dan analisis data dengan cepat dan efisien.


3. Implementasi Big Query

Data Engineer

Implementasi penggunaan Big Query salah satunya pada perusahaan e-commerce. Dengan menggunakan Big Query, perusahaan dapat mengolah data transaksi tersebut dengan lebih efisien dan cepat. Penggunaan Big Query dalam mengolah data transaksi ini juga memungkinkan perusahaan untuk menganalisis data dengan lebih akurat dan mendapatkan insight yang lebih mendalam mengenai perilaku pelanggan, tren penjualan, dan kebiasaan konsumen.


Selain itu, perusahaan juga memanfaatkan fitur Machine Learning pada Big Query untuk meningkatkan kualitas analisis data dan memprediksi perilaku konsumen di masa depan. Dengan cara ini, perusahaan dapat membuat strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan penjualan dan memuaskan pelanggan.


Big Query juga membantu perusahaan untuk dapat mengakses data dengan mudah dan memanfaatkan integrasi Big Query dengan tools data engineer lainnya untuk membuat solusi yang lebih sempurna dan lengkap dalam mengelola dan menganalisis data. Dalam hal ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengolahan data, serta mengurangi biaya operasional yang dikeluarkan.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Tools Data Engineer Lainnya

Data Engineer

Selain Big Query, ada beberapa tools data engineer lainnya yang dapat membantu dalam pengolahan dan analisis data, antara lain:

  • Apache Spark: tools open source yang dirancang untuk mengolah data dalam jumlah besar. Apache Spark dapat memproses data secara cepat dan mendukung berbagai jenis data, termasuk streaming data dan data mesin.

  • Apache Hadoop: tools open source yang digunakan untuk mengolah data secara distribusi dan scalable. Apache Hadoop dapat mengintegrasikan berbagai jenis data dari berbagai sumber dan dapat digunakan untuk mengelola data yang sangat besar.

  • Apache Kafka: platform open source untuk streaming data yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data secara real-time dari berbagai sumber.

  • SQL Server: salah satu tools database management system (DBMS) yang populer digunakan dalam mengelola dan mengelola data. SQL Server memiliki fitur-fitur yang lengkap dan mendukung pengolahan data dalam jumlah besar.

  • Python: bahasa pemrograman yang populer dalam pengolahan dan analisis data. Python memiliki library-library yang lengkap dan memungkinkan kalian untuk melakukan pengolahan data dengan lebih mudah dan efisien.

Penjelasan di atas hanya menerangkan konsep tentang Big Query. Nah untuk bisa menggunakan tools tersebut kalian perlu tahu dasar-dasar SQL terlebih dahulu, sekaligus tentang machine learning. Tujuannya agar implementasi tools Big Query semakin maksimal untuk menyelesaikan permasalahan. 


Kalian bisa mulai belajar di DQLab loh. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun

Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan kembangkan kemampuan kalian menggunakan Python! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya  



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login