JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 1 Jam 36 Menit 8 Detik

Manfaat dan Pentingnya Data Science dalam Dunia Medis

Belajar Data Science di Rumah 02-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-05-2024-04-01-211515_x_Thumbnail800.jpg

Data adalah suatu informasi penting atau kumpulan fakta yang belum memiliki arti bagi penerimanya. Saat ini data dapat dengan mudah diperoleh dari berbagai sumber baik secara online maupun offline. Mungkin sebagian besar dari kita juga telah mengenal istilah big data, yang mana big data ini merupakan kumpulan data yang sangat besar dan bisa terkumpul dalam waktu yang singkat. Lalu, apa saja ragam manfaat data science dan mengapa data science penting untuk dipelajari?


Saat ini data science telah menyentuh ke berbagai bidang untuk kepentingan tertentu. Diperlukan seseorang yang ahli dan profesional untuk menangani data perusahaan menggunakan data science. Data science memiliki peranan penting dalam suatu perusahaan sehingga penggunaannya pun perlu dilakukan dengan benar. Pada artikel kali ini kita akan mengenali berbagai macam manfaat data science dalam bidan kesehatan dan pendidikan. Yuk, simak bersama-sama!


1. Personalisasi Pembelajaran

Saat ini pendidikan yang ada di sekitar kita dari berbagai jenjang terus memiliki inovasi yang salah satunya berkaitan dengan perkembangan teknologi. Setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda, salah satu solusinya adalah dengan mengembangan konten materi belajar.


Konten materi belajar yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan kurikulum yang ada ini dapat dibuat sistemnya oleh machine learning. Contoh lainnya adalah adanya education assistant yang dapat membantu siswa dalam beradaptasi ketika belajar dengan kemampuan dan kecepatan masing-masing.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Menganalisis Data Siswa

Data siswa dalam dunia pendidikan bukanlah suatu hal yang asing lagi. Setiap guru atau tenaga pendidik tentu memiliki data siswa yang berisi berbagai informasi baik itu merupakan data pribadi atau tidak. Data siswa ini ada kalanya dibutuhkan untuk berbagai tujuan, contohnya seperti untuk mengidentifikasi minat dan bakat siswa, mengidentifikasi pola belajar, memahami kebutuhan siswa, dan bisa juga digunakan untuk merancang program belajar yang lebih baik.

Data Science


3. Pembuatan Aplikasi Kesehatan

Perkembangan teknologi saat ini dirasakan juga oleh bidang kesehatan Saat ini kita telah menjumpai begitu banyak aplikasi kesehatan yang memiliki berbagai fungsi seperti untuk berkonsultasi dengan online meresepkan obat tertentu, menanyakan gejala kesehatan, dan lainnya. Kalian jangan khawatir, pengguna bisa memilih aplikasi kesehatan yang benar-benar terpercaya, dokter atau narasumber yang ahli di bidangnya, dan terverifikasi oleh Kementerian Kesehatan.

Data Science


4. Mengurangi Angka Malpraktek

Malpraktek atau kegagalan dalam perawatan merupakan suatu hal yang masih cukup sering dijumpai hingga masa kini. Tahukah kalian bahwa data science bisa pula bermanfaat untuk meminimalkan malpraktek dengan menggunakan data science pihak tenaga medis bisa mengetahui riwayat obat yang pernah diberikan, mengidentifikasi gejala penyakit, membantu tim medis memberikan perawatan yang tepat, dan lainnya.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Penerapan kecanggihan teknologi tidak hanya digunakan untuk jurusan atau bidang tertentu saja. Sebagai contoh saat ini bidang kesehatan pun bisa menerapkan data science. Beberapa contoh penerapan data science dalam dunia medis telah dibahas di bagian sebelumnya.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login