PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 25 Menit 24 Detik

Manfaat Data Science dalam Bidang Forensik

Belajar Data Science di Rumah 06-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-05-2023-09-06-164649_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan salah satu bidang yang sangat aplikatif untuk diterapkan ke berbagai keilmuan. Salah satunya keilmuan dalam bidang forensik. Ilmu forensik adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan pengumpulan, analisis, dan interpretasi bukti fisik dan ilmiah dalam konteks investigasi kriminal dan peradilan.


Tujuan utama ilmu forensik adalah membantu dalam mengidentifikasi pelaku kejahatan, mengungkap kebenaran dalam suatu kasus, serta memberikan bukti yang kuat untuk digunakan dalam pengadilan. Ilmu forensik terbagi atas beberapa jenis seperti forensik kriminal, forensik digital, forensik toksikologi, forensik DNA, forensik antropologi, dan masih banyak lagi,


Hubungan antara ilmu forensik dan Data Science semakin erat seiring dengan kemajuan teknologi dan penggunaan metode analisis data yang canggih dalam penyelidikan forensik. Data Science berperan penting dalam memproses, menganalisis, dan menginterpretasi data forensik, memungkinkan penyelidik untuk mengambil keputusan yang lebih informasional dan akurat dalam kasus-kasus kejahatan.


Kombinasi antara ilmu forensik dan Data Science membantu penyelidik dan ahli forensik untuk menghasilkan bukti yang lebih kuat dan objektif, serta untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan dengan lebih efisien. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan akurasi dalam penegakan hukum dan memberikan keadilan yang lebih baik dalam sistem peradilan.


Berikut adalah sekelumit manfaat data science yang diaplikasikan dalam bidang keilmuan forensik guna melakukan penyelidikan atas pelaku dan investigasi kasus-kasus kejahatan. Simak selengkapnya yuk sahabat DQLab!


1. Analisis DNA

Analisis DNA dalam forensik adalah aplikasi penting dari Data Science yang digunakan untuk mengidentifikasi individu berdasarkan profil genetik mereka. DNA adalah molekul genetik yang unik bagi setiap individu, kecuali saudara kembar identik.


Analisis DNA dalam forensik melibatkan pengumpulan, pemrosesan, analisis, dan interpretasi data genetik dengan tujuan mengungkapkan atau memverifikasi identitas seseorang atau menghubungkan bukti fisik dengan tersangka dalam penyelidikan kriminal. Ilmu forensik telah memanfaatkan teknik Data Science dalam analisis DNA.


Algoritma Machine Learning digunakan untuk mencocokkan dan membandingkan profil DNA dengan basis data genetik yang besar, membantu mengidentifikasi pelaku atau hubungan antar bukti.

Data Science

Sumber Gambar: The Forensic Library


Baca juga: Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science


2. Pengenalan Wajah dan Suara

Teknik pengenalan wajah dan suara memiliki peran yang penting dalam forensik data science. Mereka digunakan untuk mengidentifikasi individu berdasarkan karakteristik suara dan wajah mereka. Teknik pengenalan wajah dan suara yang berbasis Machine Learning digunakan dalam ilmu forensik untuk mencoba mengidentifikasi pelaku dari rekaman video atau audio yang ditemukan di tempat kejadian.


Penting untuk dicatat bahwa teknologi pengenalan wajah dan suara memiliki beberapa masalah, termasuk masalah privasi dan keamanan data. Penggunaan teknologi ini harus mematuhi regulasi privasi yang berlaku dan memastikan bahwa data pribadi dijaga dengan baik. Selain itu, kesalahan dalam pengenalan wajah dan suara juga mungkin terjadi, dan ini harus diperhitungkan dalam penyelidikan forensik.


3. Forensik Digital

Forensik digital adalah cabang ilmu forensik yang khusus fokus pada analisis bukti digital, seperti data dari perangkat komputer, ponsel, server, jaringan komunikasi, dan media digital lainnya. Forensik digital berkaitan erat dengan Data Science, karena mengharuskan penggunaan teknik analisis data yang canggih untuk mengumpulkan, memproses, menganalisis, dan menginterpretasi bukti elektronik dalam rangka penyelidikan kriminal atau investigasi digital.


Forensik digital merupakan area yang sangat relevan dengan Data Science. Pengolahan data besar dari perangkat elektronik, log aktivitas, jejak digital, dan komunikasi elektronik memerlukan alat dan teknik analisis data yang canggih.

Data Science

Sumber Gambar: Treasury & Risk


Baca juga: 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Manajemen Data Forensik

Manajemen data forensik dalam Data Science merupakan bagian kritis dari proses penyelidikan forensik yang mencakup pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan analisis bukti digital dan fisik. Dalam konteks forensik, data harus dikelola dengan sangat hati-hati dan mematuhi prosedur dan regulasi yang ketat.


Data Science juga digunakan dalam manajemen data bukti forensik, termasuk penyimpanan, penelusuran, dan analisis data ini untuk mengungkap informasi yang dapat membantu dalam penyelidikan.


Wah ternyata kalau dipikir-pikir penggunaan data science dalam bidang forensik. Apakah kamu ingin menekuni dunia data science? Atau mau kerja di bidang data yang gajinya ga kalah oke punya? Pengen duduk dan kerja di perusahaan idaman? Sebagai perusahaan idaman banyak orang, tentu Sahabat DQ ingin kan bisa bekerja di sana? Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Nah kalian perlu mempersiapkan diri nih! Algoritma tersebut bisa kalian pelajari di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan siapkan diri untuk berkarir di industri impian kalian! 


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login