3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 4 Jam 5 Menit 47 Detik

Manfaat Data Science di Berbagai Lini Industri

Belajar Data Science di Rumah 07-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-05-2023-12-07-193012_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah cornerstone di era modern yang menyediakan tools dan insights bagi organisasi untuk berkembang di dunia yang semakin didorong oleh data. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan data, mulai dari pengambilan keputusan yang tepat hingga analisis prediktif, pengalaman pengguna yang dipersonalisasi, dan kemajuan AI dan machine learning.


Hal ini menjadi bukti bahwa pentingnya data science tidak dilebih-lebihkan. Seiring dengan terus berkembangnya bisnis dan industri, penerapan data science sangatlah penting agar tetap kompetitif dan membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan inovasi.


Di era transformasi digital, data science telah muncul sebagai disiplin ilmu penting yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan di berbagai industri. Kemampuan untuk mengekstraksi insight yang bermakna dari sejumlah besar data telah menjadi terobosan baru bagi dunia usaha, pemerintah, dan organisasi.


Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi empat alasan utama mengapa data science sangat penting di dunia saat ini. Penasaran? Yuk kita simak bersama!


1. Pengambilan Keputusan di Industri Retail

Data Scientist

Salah satu alasan utama mengapa data science sangat penting adalah perannya dalam memfasilitasi pengambilan keputusan yang tepat. Bisnis dan organisasi dibanjiri dengan data dari berbagai sumber, dan memahami informasi ini merupakan tugas yang kompleks.


Misalnya di industri retail, data science dapat digunakan untuk menganalisis perilaku, preferensi, dan pola pembelian pelanggan. Pengecer dapat menggunakan informasi ini untuk mengoptimalkan manajemen inventaris, mempersonalisasi strategi pemasaran, dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. 


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Analisis Prediktif dan Forecasting di Industri Keuangan, Logistik, dan Manufaktur

Data Scientist

Data science memainkan peran penting dalam analisis prediktif dan forecasting, memungkinkan organisasi mengantisipasi tren dan membuat keputusan proaktif. Dengan memanfaatkan data historis dan menggunakan model prediktif, bisnis dapat memperkirakan hasil di masa depan dan mitigasi potensi risiko.


Contohnya, di lembaga keuangan menggunakan data science untuk menilai risiko kredit, mendeteksi aktivitas penipuan, dan mengoptimalkan strategi investasi. Di bidang manufaktur, pemeliharaan prediktif berdasarkan analisis data membantu mengidentifikasi potensi kegagalan peralatan sebelum terjadi, sehingga mengurangi waktu henti dan biaya pemeliharaan.


Dalam bidang logistik dan manajemen rantai pasokan, data  science digunakan untuk membantu mengoptimalkan rute, mengelola inventaris, dan memprediksi permintaan, sehingga menghasilkan kegiatan operasional yang lebih efisien dan penghematan biaya.


3. Personalized User Experiences pada Ecommerce

Data Science

Era one-size-fits-all sudah mulai memudar. Berkat kemampuan data science dalam memberikan pengalaman pengguna yang dipersonalisasi seperti rekomendasi belanja online hingga layanan streaming konten, perusahaan memanfaatkan data science untuk memahami preferensi individu dan menyesuaikan penawaran mereka.


Misalnya, platform ecommerce menggunakan recommendation machine untuk menyarankan produk berdasarkan riwayat penelusuran dan pembelian users. Tingkat personalisasi ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pengguna tetapi juga berkontribusi terhadap peningkatan keterlibatan dan loyalitas pelanggan.


4. Kemajuan dalam Artificial Intelligence dan Machine Learning di Bidang Kesehatan

Data Science

Data science berfungsi sebagai landasan bagi kemajuan dalam artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML). Teknologi-teknologi ini merevolusi industri dengan mengotomatiskan tugas-tugas, meningkatkan efisiensi, dan memungkinkan inovasi yang dulunya dianggap mustahil. Dalam pelayanan kesehatan, alat diagnostik berbasis AI menganalisis gambar medis, mendeteksi anomali, dan membantu diagnosis penyakit lebih dini. 


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Dampak transformatif AI dan machine learning yang didukung oleh ilmu data, meluas ke berbagai sektor, membuka kemungkinan baru untuk otomatisasi, efisiensi, dan inovasi. Oleh karena itu, tak heran jika banyak perusahaan mulai mengaplikasikan machine learning di beberapa kegiatan operasionalnya.


Yuk siapkan diri kamu untuk berkompetisi dengan kandidat lain di pasar kerja bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K




Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :