Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Manfaat Data Science pada Perencanaan Tata Kota

Belajar Data Science di Rumah 05-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/56c176d7-7e06-4ee0-96d6-017f13878460-2023-07-06-074429_x_Thumbnail800.jpeg

Data science telah merubah banyak aspek dan di satu sisi mulai diadaptasi dalam berbagai bidang. Hal ini membuktikan bahwa data science telah berkembang dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan masing-masing bidang. Salah satu bidang yang mulai terasa dalam pengaplikasian data science adalah bidang perencanaan kota dan tata ruang wilayah. Perencanaan kota merupakan proses pengambilan keputusan untuk mewujudkan tujuan-tujuan ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan hidup melalui pengembangan visi tata ruang, strategi, dan rencana, dan seperangkat penerapan prinsip-prinsip kebijakan, alat-alat, mekanisme partisipatif kelembagaan, dan prosedur pengaturan.


Dalam rangka menghadapi tantangan perkotaan yang semakin kompleks, data science menjadi alat penting bagi perencana kota untuk mengambil keputusan yang lebih terinformasi, merancang kota yang lebih berkelanjutan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan menganalisis data secara cermat, perencana kota dapat mencapai tujuan yang lebih baik dalam mengelola pertumbuhan kota, penggunaan lahan yang efisien, transportasi yang optimal, dan lingkungan yang berkelanjutan. Lalu, apa saja manfaat ilmu dari data science yang diterapkan dalam bidang perencanaan kota dan tata ruang wilayah? Ada baiknya, kalian simak penjelasan lebih lanjutnya yuk sahabat DQLab!


1. Analisis Data yang Mendalam

Data science memungkinkan perencana kota untuk menganalisis data dengan lebih mendalam. Mereka dapat menggunakan teknik analisis data untuk memahami pola lalu lintas, penggunaan lahan, demografi penduduk, kebutuhan infrastruktur, dan faktor-faktor lain yang relevan. Dengan menganalisis data ini, perencana kota dapat mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang kondisi dan kebutuhan kota, serta mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam perencanaan tata ruang.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Perencanaan Penggunaan Lahan

Data science membantu perencana kota dalam merencanakan penggunaan lahan yang optimal. Dengan memanfaatkan data tentang tipe dan karakteristik lahan, kepadatan penduduk, kebutuhan infrastruktur, dan preferensi masyarakat, perencana kota dapat menggunakan teknik analisis data untuk menentukan penggunaan lahan yang paling efisien dan efektif. Hal ini membantu dalam menghindari pemborosan lahan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan mencapai tujuan keberlanjutan.


3. Prediksi Pertumbuhan Kota

Data science dapat digunakan untuk memprediksi pertumbuhan kota di masa depan. Dengan memanfaatkan data historis tentang pertumbuhan populasi, migrasi penduduk, tren ekonomi, dan faktor-faktor lain yang relevan, perencana kota dapat menggunakan teknik analisis data dan model prediktif untuk mengestimasi pertumbuhan kota dalam jangka waktu tertentu. Prediksi ini membantu dalam perencanaan jangka panjang, pengembangan infrastruktur, dan pengaturan tata ruang yang sesuai dengan perkembangan kota yang diharapkan.


4. Optimalisasi Transportasi dan Lalu Lintas Perkotaan

Data science membantu dalam optimalisasi sistem transportasi dan lalu lintas kota. Dengan memanfaatkan data tentang pola pergerakan penduduk, kepadatan lalu lintas, jam sibuk, dan data transportasi lainnya, perencana kota dapat menggunakan teknik analisis data untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan dalam sistem transportasi, serta merancang solusi yang lebih efisien. Hal ini termasuk pengembangan rute transportasi, penempatan infrastruktur transportasi, dan pengaturan lalu lintas yang lebih baik.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


5. Keberlanjutan dan Kualitas Lingkungan

Data science juga membantu perencana kota dalam merancang kota yang lebih berkelanjutan dan memiliki kualitas lingkungan yang lebih baik. Dengan memanfaatkan data tentang emisi karbon, kualitas udara, penggunaan energi, dan aspek lingkungan lainnya, perencana kota dapat menggunakan teknik analisis data untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan, mengoptimalkan penggunaan energi, mengurangi emisi, dan merancang ruang terbuka hijau yang lebih baik.


Dalam keseluruhan, data science memberikan perencana kota alat yang kuat untuk menganalisis data secara mendalam, memprediksi perkembangan kota, merencanakan penggunaan lahan yang optimal, mengoptimalkan sistem transportasi, dan merancang kota yang lebih berkelanjutan. Hal ini membantu dalam menciptakan kota yang lebih efisien, berkelanjutan, dan nyaman bagi masyarakat.


Yuk perdalam kemampuan menulis code database relasional kamu dengan berbagai modul SQL dari DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin akses semua modul DQLab? Yuk signup sekarang!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login