PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 9 Menit 30 Detik

Mari Berkenalan dengan Macro & VBA Pada Excel

Belajar Data Science di Rumah 11-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e2d82750-8d8e-40fa-94c3-5ac00a311f14-2023-08-11-235226_x_Thumbnail800.jpeg

Excel adalah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft. Tools yang satu ini tersedia di berbagai platform seperti Windows, Mac OS, dan Android. Kita dapat melakukan perhitungan, membuat grafik, membuat tabel pivot dan banyak tugas lainnya menggunakan excel. VBA dan Makro adalah dua istilah yang terkait dengan excel. Makro adalah cara merepresentasikan banyak instruksi. Fitur ini membantu memperluas kemampuan excel dan menghemat waktu. VBA adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk membuat macro. Singkatnya, users excel dapat mengotomatiskan tugas dengan membuat macro yang ditulis menggunakan VBA.


Perbedaan utama antara VBA dan Macro adalah VBA adalah bahasa pemrograman untuk membuat Macro sedangkan Macro adalah kode pemrograman yang berjalan di lingkungan excel untuk melakukan tugas rutin otomatis. Sebelum kamu mulai menulis code menggunakan excel, ada baiknya kamu mengenal VBA dan Macro lebih dalam. Yuk perdalam pemahaman kamu mengenai kedua fitur excel tersebut melalui artikel ini!


1. Pengertian VBA

VBA adalah singkatan dari Visual Basic for Applications. Fitur ini membantu kita untuk merekam tugas-tugas rutin. Dengan kata lain, VBA dapat digunakan untuk membuat Macro. Users excel dapat merekam Macro dengan perekam Makro. Perekam Makro sederhana dan lebih mudah digunakan dan membantu kita untuk melakukan tugas langsung, tetapi bukan tugas yang rumit. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan VBA untuk memperluas fungsionalitas biasa dan membuat program tingkat lanjut.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pengertian Macro

Macro adalah kumpulan perintah yang berjalan di environment Excel. Macro dapat menjalankan perintah hanya dengan satu klik. Macro membantu mengotomatiskan tugas-tugas rutin. Dengan kata lain, Macro adalah program komputer yang menyediakan instruksi otomatis ke komputer. Oleh karena itu, users excel dapat menjalankan tugas yang sama berulang kali. Selain itu, dapat direkam dan diputar ulang dari titik masuk tertentu. Oleh karena itu, sangat mungkin untuk mengulangi makro beberapa kali sesuai kebutuhan dengan memutar ulang makro.


3. Macro Security Warnings

Bagi pengguna VBA dan macro, pasti sudah tidak asing dengan macro security warnings saat membuka dokumen Microsoft Office. Hal ini merupakan sebuah tindakan preventif untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, misalnya virus. Faktanya, sebagian besar macro tidak hanya tidak berbahaya tetapi juga merupakan penghemat waktu yang luar biasa. Dan macro lebih mudah dibuat dan digunakan daripada yang kita duga. Oleh karena itu, fitur yang satu ini sangat berharga dan memerlukan ‘penjagaan’ ekstra.


4. Ringkasan Perbedaan Macro dan VBA

VBA adalah bahasa pemrograman untuk mengembangkan tugas otomatis untuk excel dan program Microsoft Office lainnya seperti Word dan PowerPoint, sedangkan macro adalah kumpulan perintah yang digunakan untuk menggantikan serangkaian tindakan keyboard dan mouse yang berulang dalam aplikasi seperti excel. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Yuk berkenalan dengan excel lebih jauh bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with Excel untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin bangun portfolio? Yuk signup sekarang!


Penulis: Galuh Nurvinda K




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login