TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 22 Menit 16 Detik

Matematika Python : Cara Logaritma Tanpa Kalkulator

Belajar Data Science di Rumah 24-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b987b256d7d5199a1e7d68adf1373de5_x_Thumbnail800.jpeg

Python adalah bahasa pemrograman general purpose yang bisa digunakan untuk banyak hal, mulai dari pembuatan website, game development, hingga otomatisasi. Bahkan, python memiliki modul yang bisa digunakan sebagai kalkulator scientific. Python math adalah modul standar bawaan dari python yang digunakan untuk perhitungan ilmiah dan matematika yang kompleks. Modul ini memiliki fungsi operasi matematika seperti mengevaluasi operasi matematika yang kompleks, operasi trigonometri, operasi logaritma, dan lain sebagainya. 


Untuk menggunakan library math dengan Python, kita perlu mengimpor library menggunakan import math saat menulis code python. Setelah itu, kita dapat memanggil fungsi apapun dari library tersebut. Dalam Python, beberapa operasi matematika dapat dilakukan dengan mudah menggunakan library math. Bagaimana caranya? Yuk kita simak bersama!


1. Fungsi Ceil()

Fungsi ceil() pada python digunakan untuk mengembalikan nilai integer terkecil yang lebih besar dari bilangan tersebut. Artinya, kita bisa mendapatkan pembulatan pada angka desimal. Jika bilangan tersebut sudah bilangan bulat, maka outputnya adalah bilangan tersebut. Jika bilangan di belakang koma lebih dari 5 maka akan dibulatkan ke atas sedangkan jika nilai desimalnya kurang dari 5 maka akan dibulatkan ke angka yang lebih kecil. Agar lebih mudah dipahami, yuk perhatikan ilustrasi berikut ini!


Python


Pada contoh di atas, angka yang diinput adalah angka 21.6. Karena bilangan desimalnya lebih dari 5, maka angka di depan desimal akan dibulatkan ke atas menjadi 22.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Fungsi math.exp()

Fungsi math.exp() adalah fungsi bawaan library math pada Python yang menghasilkan exp yang dipangkatkan ke x. Exp adalah basis dari sistem logaritma natural yang jika didefinisikan sekitar 2,718282 dan x adalah angka yang diteruskan ke exp. Metode exp() digunakan untuk menghitung nilai dari e^x. Berikut adalah contoh menghitung exp menggunakan fungsi math.exp().


Python


3. Fungsi math.pow()

math.pow() adalah fungsi pada library math Python yang digunakan untuk menghitung nilai x ke pangkat y. Dengan kata lain, fungsi ini digunakan untuk menghitung pangkat menggunakan Python. Fungsi library ini digunakan untuk menghitung pangkat angka sehingga dapat membuat penghitungan pangkat lebih mudah. Misalnya, kita ingin menghitung 2 pangkat 3. Kita bisa menulis kode python seperti berikut ini.


Python


4. Fungsi math.log()

math.log() adalah fungsi bawaan dari library math Python yang digunakan untuk menghitung operasi logaritma natural dari suatu bilangan, atau logaritma dari suatu bilangan ke basis. Fungsi ini mirip penggunaannya dengan math.exp. Berikut adalah contoh penggunaan math.log pada python.


Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Ingin coba mengaplikasikan berbagai fungsi dan library python secara langsung tanpa install python? Yuk coba live code editor yang ada di modul DQLab! Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses live code editor DQLab melalui FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ menggunakan Python dan R serta nikmati experience menarik menulis code python tanpa install python.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :