Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Materi Data Science Fundamental yang Harus Kamu Kuasai

Belajar Data Science di Rumah 22-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b19d87ee742f206fcd327b08a12ee07a_x_Thumbnail800.jpeg

Materi data science memang tengah merajai puncak skill wajib yang memiliki banyak peminat untuk dipelajari saat ini. Betapa tidak ? Mengingat kemunculan big data menjadi pendorong utama kemunculan profesi yang berkaitan dengan data science seperti data scientist, data analyst dan lainnya. Dengan demikian, trend data science yang terus berkembang ini membuat para pemula hingga profesional di luar bidang STEM pun ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Selain itu, karena untuk berkarir sebagai seorang data science belum ada background pendidikan yang baku jadi selama kita memiliki skill yang wajib dikuasai oleh seorang data scientist, kemungkinan untuk menjadi seorang data scientist masih terbuka lebar.


Oleh karena itu, saat ini banyak orang berbondong-bondong untuk dapat menguasai skill-skill untuk menjadi seorang data scientist dengan cara mempelajari materi data science. Nah, kunci untuk mempelajari segala sesuatu tak terkecuali data science adalah kita harus memulainya dari konsep fundamentalnya terlebih dahulu. Ibaratnya membuat suatu rumah yang kokoh kita perlu membuat pondasi terlebih dahulu. Artikel ini akan menjelaskan beberapa materi fundamental data science yang wajib kita kuasai sebelum memulai mempelajari data science lebih dalam lagi.

1. Python Fundamental for Data Science

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh seorang praktisi data selain bahasa R. Jika, kebetulan kamu sudah terbiasa dalam programming untuk mempelajari fundamental python sendiri tidak terlalu jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, yang membedakan mungkin hanya cara penulisan syntax saja. Tapi, jangan khawatir jika kamu belum pernah mencoba programming sebelumnya karena python merupakan high level programming language jadi lebih mudah dipelajari dari bahasa pemrograman lainnya. Materi-materi fundamental yang bisa kita mulai pelajari antara lain variabel dan basic data type, struktur kontrol percabangan, operator matematika dan pembanding, perulangan, function, modul/package lengkap dengan cara mengimportnya, membuat dan mengimport dataset dengan menggunakan library pandas.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Machine Learning

Karena data science itu tentang bagaimana memecahkan masalah dengan menggabungkan perhitungan matematika dan statistika secara terkomputerisasi maka, materi fundamental data science berikutnya yang wajib kita kuasai adalah machine learning. Dalam machine learning terdapat algoritma-algoritma yang dapat berperan sebagai jembatan antara bahasa manusia dengan mesin berupa instruksi-instruksi yang dapat memecahkan suatu permasalahan dengan komputer. Materi fundamental machine learning yang bisa kita mulai pelajari adalah dengan mengenal terlebih dahulu nama-nama library yang akan sering kita gunakan untuk mengimport machine learning seperti scikit learn, dan tensorflow. Setelah itu kita akan mempelajari jenis-jenis algoritma dalam machine learning secara umum terdapat tiga jenis algoritma machine learning antara lain supervised learning, unsupervised learning, dan reinforcement learning. Setelah itu, kita bisa mulai latihan dengan memulai studi kasus untuk mengklasifikasikan dataset tertentu.

3. Fundamental Data Visualization with Python

Selain kemampuan untuk mengolah dan menganalisa data, seorang data science juga dituntut untuk bisa memvisualisasikan hasil dari analisanya kepada audience. Jadi, materi fundamental data science berikutnya yang wajib dikuasai adalah fundamental data visualization dengan python. Mengapa dengan python kenapa tidak R ? karena berdasarkan sebuah survei dari stackoverflow menyatakan bahwa python masih menjadi bahasa populer untuk data science. Jadi, kita bisa mulai untuk belajar memvisualisasikan data menggunakan python mulai dari mengenal library yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan data, plotting basics, dan statistical plot. Setelah kita menguasai fundamental data visualization dengan python kita bisa mulai data visualization dengan R dan mulai membangun portfolio data yang menarik dari awal hingga akhir.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

4. Yuk, Belajar Data Science Gratis Sekarang !!!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!