Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Materi Data Science Yang Bisa Kamu Pelajari Bersama DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 04-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/37c3be4f11927cd228a796a8e1c536fa_x_Thumbnail800.jpg

Materi Data Science merupakan topik hangat saat ini. Berada pada era revolusi industri 4.0, teknologi dimanfaatkan pada hampir segala sektor dimana pekerjaannya dibuat berjalan secara otomatis sehingga proses bisnis lebih efisien. Data science merupakan ilmu yang tidak berdiri sendiri melainkan kombinasi dari disiplin ilmu matematika, statistik, dan komputer yang bertujuan untuk membuat proses pengolahan big data lebih cepat dan akurat. Tipe data terstruktur dan tidak terstruktur seperti gambar atau suara bisa diproses dengan data science. 


Melihat fungsi data science yang berguna bagi perkembangan industri, materi data science menjadi salah satu pilihan untuk dipelajari. Selain itu juga profesi sebagai praktisi data termasuk profesi bergaji tinggi. DQLab merupakan platform belajar data science yang menyediakan materi data science secara terstruktur sehingga mudah dipelajari. Materi data science apa saja yang bisa kamu pelajari bersama DQLab? Simak dibawah ini, yuk!


1. Dasar Pemrograman Untuk Data Science

Selain matematika dan statistik, jangan lupa bahwa komputer juga ilmu yang termasuk dalam data science. Ilmu komputer yang dimaksud dalam data science adalah pemrograman. Pemrograman yang digunakan untuk data science membantu proses komputasi. Jika kamu pemula yang ingin belajar data science dan tidak memiliki background IT, mempelajari dasar pemrograman sangatlah penting. Bersama DQLab yang memberikan materi data science terstruktur, kamu akan mempelajari dasar-dasar pemrograman menggunakan bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk data science yaitu R dan Python. Di DQLab, materi-materi data science dibagi ke dalam tiga bagian yaitu kelas persiapan, kelas fundamental, dan kelas penerapan di industri. Di kelas persiapan membahas tentang bagaimana menggunakan bahasa pemrograman R atau Python untuk data science. Sedangkan kelas fundamental dan kelas penerapan industri membahas lebih dalam mengenai data science mulai dari melakukan pembersihan data, manipulasi data, dan lainnya. 

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Data Science Untuk Bisnis

Data Science sebenarnya sudah lama diterapkan untuk bisnis. Perusahaan-perusahaan menyadari manfaat penerapan data science bagi kemajuan bisnisnya. Selain tiga disiplin ilmu yang menjadi tiang ilmu data science, ilmu bisnis juga menjadi ilmu terkait yang wajib dikuasai. Di DQLab, terdapat materi data science yang dapat dipelajari dan diterapkan dalam bisnis seperti credit risk analysis, customer churn, business decision research, customer segmentation, dan lainnya. Misalnya credit risk analysis biasanya diterapkan pada lembaga keuangan untuk membantu melihat apakah orang yang mengajukan kredit layak atau tidak agar lembaga keuangan tersebut terhindar dari kerugian. Dengan menggunakan riil case dataset, kamu akan lebih memahami kasus-kasus yang terjadi di lapangan khususnya dalam dunia bisnis. Perlahan tapi pasti kamu akan memahami penggunaan data science untuk bisnis lebih baik dan bisa menjadi batu loncatan dalam memulai karir sebagai praktisi data yang menjanjikan. 


3. Project-Project Yang Menambah Skill

Materi data science yang diberikan di DQLab tidak hanya berupa latihan-latihan sederhana. Perlu diingat bahwa data jenisnya sangat beragam. Maka skill dalam pemrograman dan menerapkan metode yang tepat harus terus diasah. Terdapat salah satu menu di DQLab yaitu menu Project. Materi data science di DQLab merupakan materi berbasis project. Menu Project menyediakan kasus-kasus yang bisa kamu kerjakan di luar environment DQLab untuk mengasah skill kamu. Project data yang diberikan menggambarkan kasus yang biasanya terjadi di industri finance, retail, dan sebagainya. Selain itu ada juga menu Event yang bisa kamu ikuti untuk lebih mendalami kasus-kasus yang terjadi di lapangan dan memahami pengimplementasian data science di industri. Semakin banyak berlatih dengan berbagai macam kasus dan jenis data, maka skill kamu akan semakin terasah sehingga menjadi mahir di bidangnya.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!