Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Materi Fundamental pada Bootcamp Python, Catat!

Belajar Data Science di Rumah 24-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-01-2024-04-24-154050_x_Thumbnail800.jpg

Belajar Python bisa dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya melalui bootcamp. Cara ini memberikan banyak keuntungan, terutama bagi kalian yang memiliki waktu terbatas. Secara umum, bootcamp Python akan membantu kalian belajar materi-materi paling krusial digunakan dalam waktu yang relatif singkat. Nah kira-kira apa saja materi dasar yang akan kalian dapakan di bootcamp? Berikut beberapa contohnya!


1. Variabel dan Tipe Data

Dalam bootcamp Python, pemahaman tentang variabel dan tipe data menjadi fondasi utama yang diajarkan kepada para peserta. Variabel digunakan untuk menyimpan nilai dalam program Python. Ini dapat berupa angka, teks, daftar, atau struktur data lainnya. Dengan materi ini, kalian akan belajar bagaimana mendeklarasikan variabel, menetapkan nilai ke dalamnya, dan melakukan operasi matematika atau manipulasi teks.


Lebih lanjut, pengetahuan tentang tipe data memungkinkan para peserta untuk memahami cara Python memperlakukan berbagai jenis nilai. Tipe data dasar ini meliputi integer, float, string, dan boolean. Memahami tipe data ini membantu peserta dalam memahami bagaimana nilai-nilai ini berinteraksi dan digunakan dalam konteks program Python yang lebih kompleks.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Struktur Data

Struktur data merupakan cara untuk mengorganisir dan menyimpan data dalam program Python. Peserta bootcamp belajar tentang beberapa jenis struktur data dasar seperti list, tuple, set, dan dictionary. Dengan memahami berbagai struktur data ini, kalian dapat memilih struktur data yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan memanfaatkannya untuk menyimpan dan mengelola data secara efisien dalam program Python.


Dalam pelajaran struktur data, kalian tidak hanya belajar bagaimana membuat dan menggunakan struktur data, tetapi juga melakukan operasi umum seperti menambahkan, menghapus, dan memodifikasi elemen dalam struktur data. Selain itu, juga belajar tentang konsep seperti pencarian, pengurutan, dan iterasi yang penting dalam pemrosesan data. Dengan memahami struktur data dan teknik pemrosesan yang sesuai, kalian dapat mengembangkan keterampilan pemrograman Python dengan lebih baik dan membangun solusi yang lebih efisien.


3. IF Logic, Function, dan Loop

Dengan memahami struktur IF, ELSE, dan ELIF, peserta dapat mengontrol jalannya program berdasarkan nilai dari ekspresi yang dievaluasi. Selain IF logic, pemahaman tentang fungsi juga merupakan aspek penting dalam pembelajaran Python. Fungsi membantu peserta untuk mengorganisir code menjadi blok-blok yang dapat digunakan kembali, sehingga meningkatkan keterbacaan, dan mengurangi duplikasi kode. Dengan mendefinisikan dan memanggil fungsi, peserta dapat mengelompokkan serangkaian instruksi yang terkait untuk menyelesaikan tugas.


Selain IF logic dan function, loop juga merupakan materi fundamental dalam bootcamp Python. Loop membantu kalian untuk mengeksekusi serangkaian instruksi secara berulang berdasarkan kondisi tertentu. Dengan loop, seperti for loop dan while loop, kalian dapat memproses sejumlah besar data dengan efisien, menghindari penulisan kode yang berulang, dan mengotomatisasi tugas-tugas berulang.


4. Penggunaan Pandas untuk Manipulasi Data

Pandas adalah sebuah library Python yang sangat populer dan powerful untuk analisis data. Dengan Pandas, kalian bisa membaca data dari berbagai format file, seperti CSV, Excel, SQL, dan menyimpannya dalam bentuk struktur data yang disebut DataFrame. DataFrame memungkinkan peserta untuk melakukan berbagai manipulasi data, termasuk pengindeksan, pemfilteran, penggabungan, pengelompokan, dan agregasi.


Kalian juga akan belajar tentang cara menangani data yang hilang atau duplikat, serta melakukan transformasi data yang kompleks menggunakan Pandas. Dengan mempelajarinya, kalian dapat mengubah data mentah menjadi informasi yang berharga dan dapat digunakan untuk membuat keputusan yang informatif dan strategis.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Jika kalian bingung memilih bootcamp yang cocok dengan kebutuhan, kesibukan, dan merupakan pemula, kalian bisa belajar melalui program Bootcamp Live Class yang disediakan DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python. Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang data science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Selain bootcamp di atas, kalian juga bisa loh meningkatkan pemahaman kalian dalam menerapkan Python untuk sejumlah studi kasus yang ada di perusahaan. DQLab juga memilki modul belajar online yang akan membantu kalian menerapkan kemampuan tersebut secara bervariasi. Apa keunggulan modul belajar online DQLab?

  • Terintegrasi dengan Chat GPT yang membantu menjelaskan konsep serta coding yang tepat jika ada error

  • Dapat diakses kapanpun dan dimanapun

  • Dilengkapi Live Code Editor sehingga praktis tanpa perlu aplikasi tambahan


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian untuk ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login