Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Mau Belajar SQL? Yuk Pahami Perintah Dasarnya!

Belajar Data Science di Rumah 02-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-06-2024-05-02-194538_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa SQL adalah suatu bahasa query yang banyak diperlukan untuk membantu pekerjaan seseorang terutama dalam hal pengelolaan database. Saat ini telah banyak profesi yang memerlukan bantuan bahasa SQL, beberapa diantaranya adalah seperti data scientist, data analyst, database administrator, big data architect, dan lainnya. Pengguna perlu memahami sistem operasi SQL sebelum menggunakan bahasa SQL itu sendiri. Pada artikel kali ini kita juga akan mengenali apa saja perintah dasar SQL yang perlu dipahami.


Bahasa SQL merupakan bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan database seperti mengakses database, mengubah, memanipulasi, menggabungkan, menghapus, dan masih banyak lainnya. Beberapa perusahaan besar pun telah menggunakan bahasa SQL untuk memudahkan dalam pengelolaan databasenya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa operasi yang umum digunakan dalam bahasa SQL.


1. Cara Kerja SQL

SQL memiliki cara kerja yang perlu kita ketahui untuk memudahkan para pengguna terhadap bahasa SQL itu sendiri. Penggunaan bahasa SQL melibatkan mesin server yang memproses query basis data. Proses SQL melalui beberapa komponen seperti pengurai (bertugas memeriksa pernyataan kebenaran, otorisasi), mesin relasional untuk membuat rencana dan memperbarui data, dan mesin penyimpanan atau mesin basis data yang digunakan untuk memanipulasi data yang disimpan dalam basis data relasional.

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Data Definition Language

DDL atau Data Definition Language merupakan salah satu perintah dasar SQL yang berfungsi untuk melakukan perubahan pada tabel seperti untuk membuat tabel, menghapus tabel, dan lainnya. Beberapa contoh perintah dalam DDL adalah Create, Alter, dan Drop. Perintah Create digunakan untuk membuat database dalam basis data SQL, perintah Alter digunakan untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat, dan perintah Drop digunakan untuk menghapus database dan tabel yang telah dibuat.


3. Data Manipulation Language (DML)

Data manipulation language merupakan perintah dasar SQL yang berguna untuk memanipulasi database. Dalam DML terdapat beberapa perintah penting yang dapat digunakan yaitu insert (perintah untuk memasukkan data baru ke dalam tabel), select (perintah untuk mengambil dan menampilkan data dalam tabel), update (perintah untuk memperbarui data dalam tabel) dan delete (perintah untuk menghapus data dari tabel).


4. Data Control Language

DCL atau Data Control Language merupakan perintah dasar dalam SQL yang secara umum berfungsi untuk mengontrol data dan memanipulasi dari hak akses database itu sendiri. Adapun contoh perintah dari DCL adalah Grain dan Revoke perintah Grain ini digunakan untuk memberikan hak akses oleh admin ke salah satu pengguna seperti untuk membuat tabel, mengambil data, menghapus data, maupun mengubah data. Adapun perintah Revoke merupakan perintah yang biasanya digunakan untuk melakukan sharing berupa mengubah data dan lainnya. Perintah ini mencabut hak akses dari user.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


SQL termasuk salah satu bahasa pemrograman yang banyak dicari untuk dipelajari dengan mudah terutama oleh para pemula. Kini telah banyak tersedia tempat atau media belajar database, salah satunya adalah DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login