PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

2 Hari 0 Jam 13 Menit 42 Detik

Mau Coba Coding Pemula? Yuk, Langsung Pelajari Python

Belajar Data Science di Rumah 20-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-01-2024-03-20-175820_x_Thumbnail800.jpg

Seiring perkembangan zaman seperti sekarang ini kita dianjurkan untuk bisa menguasai beberapa skill seperti bahasa pemrograman, menguasai tools yang berkaitan dengan pekerjaan, berpikir kritis, dan lainnya. Berbicara mengenai bahasa pemrograman, kita bisa berkenalan dengan bahasa python. Bahasa python ini termasuk bahasa pemrograman yang sedang naik daun dan banyak diminati. Coding python yang sederhana juga menjadi salah satu alasan mengapa bahasa ini banyak diperlukan.


Bagi yang belum pernah mendengar nama bahasa pemrograman ini mungkin akan sedikit kebingungan apakah ini benar nama bahasa pemrograman ataukah nama salah satu jenis ular. Python merupakan suatu bahasa pemrograman komputer yang bersifat open source sehingga bisa digunakan oleh siapapun. Bahasa python ini memiliki banyak library yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.


Bagi para pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman dari awal bisa memilih bahasa python karena dikenal sintaksnya yang sederhana dan mudah dimengerti. Pada artikel kali ini khususnya kta akan mengenali beberapa contoh coding python sederhana.


1. Struktur Python

Program python memiliki struktur secara umum terdiri dari beberapa hal berikut:

  • statements : instruksi yang diberikan secara baris per baris untuk dijalankan oleh mesin

  • variables : lokasi penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung sebuah data atau informasi

  • literals : simbol-simbol yang dapat digunakan untuk mengisi suatu variabel

  • operators : simbol-simbol yang dapat digunakan untuk mengubah nilai dari satu variabel dengan melibatkan satu atau lebih variabel dan literal


Perhatikan contoh coding struktur python sederhana berikut:


Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Operator Python

Bahasa python sudah sangat sering digunakan dalam memudahkan perhitungan. Setelah mempelajari terkait variabel dan tipe data, kita akan mengenali beberapa operator dalam python. Terdapat 6 kelompok operator yaitu 1) arithmetic operators, 2) assignment operators, 3) comparison operators, 4) logical operators, 5) identity operators, dan 6) membership operators. Pada artikel kali ini kita akan mencoba mengenali operator arithmetic, yaitu operator yang digunakan untuk tipe data numerik dalam melakukan operasi matematika sederhana.

Python


3. Sequence

Pada bahasa python terdapat suatu tipe data sequence yang memiliki beberapa bentuk, yaitu list dan tuple. List diawali dengan tanda kurung siku buka, memisahkan setiap elemen di dalamnya dengan tanda koma, dan ditutup dengan kurung siku tutup. Adapun tipe data tuple diawali dengan tanda kurung buka, memisahkan setiap elemen di dalamnya dengan tanda koma, dan ditutup dengan tanda kurung tutup.


Berikut ini contoh coding sederhana untuk tipe data list:

Python


4. Library Python

Library dalam bahasa pemrograman merupakan sebuah tempat untuk menyimpan kumpulan sintaks atau kode yang nantinya dapat dipanggil kembali oleh pengguna dengan mudah. Dengan menggunakan library maka pengguna tidak perlu mengetikkan ulang kode ketika akan menggunakannya. Bahasa python dikenal memiliki begitu banyak library yang dapat digunakan sesuai dengan keperluannya.


Beberapa contoh library Python yang cukup populer di kalangan data sains adalah library tensorflow, numpy, scipy, pandas, matplotlib, keras, scikit-learn, pytorch, scrapy, seaborn, dll. Setiap library memiliki cara mengimport yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa contoh cara mengimport library python.


Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Bagi kalian yang baru belajar bahasa pemrograman, tidak ada salahnya memulai dengan bahasa python. Kalian perlu mengetahui dasar-dasar python dan bisa langsung mempraktekkannya dengan modul-modul yang tersedia di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login