Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Mau Jadi Data Engineer? Kenalan Dulu Perasan & Tugasnya

Belajar Data Science di Rumah 15-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-04-2024-04-16-200614_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan suatu informasi yang berisi kumpulan fakta suatu peristiwa. Data memiliki berbagai macam bentuk baik terstruktur maupun tidak terstruktur. Data bisa berupa gambar, angka, suara, video, dokumen, dan masih banyak lainnya. Data saat ini pun bisa diperoleh dalam bentuk digital sampai muncullah istilah big data. Big data ini perlu dikelola oleh seorang ahli, yaitu data engineer. Selain mengelola data, pada artikel kali ini kita akan mengenali apa saja job description data engineer. 


Data engineer merupakan sebuah profesi yang bertugas membangun sistem database yang nantinya akan dikelola atau diolah untuk kepentingan keperluan perusahaan.  Data engineer ini termasuk profesi dalam bidang IT yang memiliki prospek jenjang karir yang menjanjikan sampai jabatan paling tinggi adalah chief data officer.


Untuk menjadi seorang data engineer profesional perlu menguasai beberapa skill seperti menguasai bahasa SQL dan Python, teknologi cloud platforms, pengetahuan di bidang system scripting, pemahaman operating system, data warehousing, dan masih banyak lainnya.


1. Memelihara Database

Database dapat dikatakan sebagai salah satu nyawa dari perusahaan. Sebuah perusahaan atau seorang pebisnis jika tidak memiliki sistem database yang baik maka akan kebingungan akan mengarahkan tujuan perusahaannya ke arah mana.


Sistem database perlu dibangun dan dipelihara dengan baik terutama pada masa kini database mayoritas masuk dan keluar dengan cara digital. Hal ini tentunya memerlukan tenaga seseorang yang mengerti tentang database dengan baik dan mengetahui cara mengatasi database.

Data Engineer



Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Menerapkan Machine Learning

Machine learning atau biasa disebut pula sebagai mesin pembelajar merupakan suatu bentuk kecanggihan teknologi salah satu cabang dari artificial intelligence (kecerdasan buatan). Machine learning ini memiliki begitu banyak manfaat yang bisa digunakan untuk keperluan dalam menyiapkan database. Oleh karena itu salah satu job description data engineer adalah bisa menguasai machine learning dan beberapa algoritma yang tersedia di dalamnya.

Data Engineer


3. Mengembangkan Data Warehouse

Data warehouse adalah suatu tempat penyimpanan data yang digunakan untuk mengarsipkan data perusahaan. Data warehouse ini berperan penting dan perlu dikelola dan dikembangkan dengan baik. Data warehouse memiliki berbagai fungsi seperti mempermudah dalam mengambil keputusan, memberikan akses data yang cepat, memberikan data yang konsisten, membantu mengoptimalkan return on investment,  dan memberikan insight seputar historical data.

Data Engineer


4. Bertanggung Jawab dalam Proses ETL

Proses extract, transform and load atau biasa dikenal dengan proses ETL merupakan suatu proses menggabungkan data dari berbagai sumber ke dalam gudang data atau data warehouse. Salah satu job description dari seorang data engineer adalah bertanggung jawab terhadap proses ETL.


Proses ETL ini sangat penting dalam dunia data, baik itu data terstruktur maupun tidak terstruktur. Hal ini dikarenakan data mentah yang pada awalnya sulit dimengerti dapat disiapkan atau diolah secara singkat menjadi bentuk yang lebih mudah digunakan sehingga menghasilkan informasi yang lebih bermakna. 


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Menjadi seorang data engineer termasuk salah satu profesi yang banyak diperlukan oleh berbagai perusahaan untuk kepentingan tertentu. Kalian bisa menguasai dasar-dasar data engineer dengan berlatih dengan mengerjakan modul yang ada di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login