SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 37 Menit 1 Detik

Mau Jadi Data Engineer? Simak Roadmap Berikut

Belajar Data Science di Rumah 31-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-04-2-2023-08-01-232749_x_Thumbnail800.jpg

Data adalah suatu bagian penting dalam perusahaan. Data ini berisi kumpulan informasi atau fakta yang berisi berbagai macam jenis. Data yang telah terkumpul dalam database perusahaan perlu ditindaklanjuti dengan benar oleh tenaga ahli. Salah satu profesi yang bertanggung jawab dalam database perusahaan adalah data engineer. Saat ini telah banyak tempat kursus data engineer yang cocok bagi pemula. Pada artikel kali ini kita akan mengenali roadmap data engineer. 


Data engineer adalah sebuah profesi yang bertanggung jawab terhadap data perusahaan yang secara umum tugasnya seperti mengumpulkan, memproses, mengembangkan, dan mengevaluasi big data perusahaan. Data engineer ini termasuk ke dalam profesi yang banyak dicari dan termasuk memiliki gaji serta jenjang karir yang menjanjikan. Seorang data engineer pun perlu memiliki beberapa skill seperti bahasa pemrograman, cloud computing, machine learning dan system scripting. 


1. Menguasai Data Processing

Dalam proses pengolahan data terdapat salah satu tahapan yaitu data processing. Data processing adalah sebuah proses pengumpulan data yang berasal dari berbagai sumber untuk diproses menjadi informasi. Beberapa tahapan data processing antara lain seperti collection (pengumpulan data), preparation (persiapan atau pembersihan data), input (proses konversi data), data processing (mengolah data mentah), output (dikeluarkan dan ditampilkan kepada user), dan storage (tahap terakhir dimana output yang dihasilkan akan dilakukan penyimpanan).


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Menguasai Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah suatu skill yang perlu dimiliki oleh data engineer. Bahasa pemrograman ini termasuk salah satu roadmap data engineer yang perlu dikuasai oleh calon praktisi data. Saat ini terdapat banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Beberapa diantaranya yang sering digunakan oleh data engineer antara lain seperti Apache Spark, Kafka, Scala, Hadoop, Java, R, SQL, Python, dan masih banyak lainnya. 


3. Update

Data engineer merupakan sebuah profesi yang aktif dan memiliki tanggung jawab yang besar. Data engineer ini memiliki roadmap atau perjalanan yang tidak singkat. Data engineer perlu terus update terhadap tren data yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat terus update antara lain seperti mengikuti webinar, bergabung dengan komunitas data engineer, menonton YouTube, latihan studi kasus yang beragam, dan masih banyak lainnya.


4. Memahami Database

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa database adalah pegangan penting bagi seorang praktisi data, termasuk data engineer. Data engineer perlu memahami seluk beluk database baik jenis data yang terkumpul maupun pengolahan penyimpanan database yang berbeda-beda. Database yang ada ini perlu diproses dengan lebih maksimal agar lebih teratur dan lebih mudah diakses jika sewaktu-waktu diperlukan oleh perusahaan.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


Menjadi seorang data engineer perlu memiliki beberapa skill maupun perjalanan yang perlu dilewati. Dengan mengetahui roadmap data engineer maka calon praktisi data akan lebih mudah menentukan langkah-langkah yang perlu dilakukan.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login