Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Mau Join Pelatihan Data Scientist? Siapkan Hal Berikut!

Belajar Data Science di Rumah 04-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-02-2024-03-04-205457_x_Thumbnail800.jpg

Halo sobat data! Sadarkah kalian bahwa saat ini perkembangan teknologi yang semakin canggih telah kita rasakan dampaknya di berbagai hal, salah satunya adalah dalam bidang data. Data science atau biasa disebut ilmu data merupakan salah satu bidang ilmu yang dapat membantu kita dalam menyeimbangkan perkembangan data masa kini. Saat ini pun telah banyak tersedia lembaga atau platform pelatihan data scientist sebagai sarana pembelajaran terutama untuk para pemula.


Data scientist adalah suatu profesi yang secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Dalam melaksanakan tugasnya, data scientist memerlukan ilmu dari data science. Data science ini bukanlah ilmu yang tunggal atau berdiri dengan sendirinya, melainkan terdiri dari beberapa bidang ilmu seperti matematika, statistika, bahasa pemrograman, manajemen bisnis, sistem informasi, dan lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dalam mengikuti pelatihan data scientist.


1. Ilmu Dasar

Profesi data scientist saat ini menjadi profesi yang naik daun dan banyak diminati oleh berbagai kalangan. Untuk menjadi seorang data scientist tentu kita mencari tahu apa saja skill yang perlu dimiliki dan mater apa saja yang perlu dipelajari oleh data scientist. Dalam kegiatan pelatihan data scientist peserta akan mempelajari dasar-dasar data science, mulai dari matematika dasar, struktur data, bahasa pemrograman, cara menganalisis data, membuat visualisasi data, dan lainnya. 

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mengetahui Alasan Belajar

Ketika mengikuti suatu kegiatan baik itu pelatihan, kursu ataupun bootcamp tentunya seseorang memiliki alasan dan tujuan mengikuti pelatihan tersebut. Begitu pula dalam hal pelatihan data science, sebelum mengikuti kegiatan tersebut alangkah baiknya peserta mengetahui apa alasan dan tujuan mengikuti kegiatan pelatihan. Dengan mengetahui hal tersebut bisa meningkatkan semangat dan ketekunan dalam proses pelatihan.

Data Scientist


3. Tekun Berlatih

Berlatih adalah salah satu jalan utama untuk meningkatkan skill seseorang di dalam bidang apapun itu. Begitu pula ketika seseorang sudah mendapatkan ilmu dari kegiatan pelatihan itu perlu terus mengasah dan berlatih dengan materi yang pernah diberikan sebelumnya. Dalam pelatihan data scientist peserta dapat berlatih banyak hal, mulai dari latihan dasar logika, latihan bahasa pemrograman maupun latihan menganalisis data untuk menyelesaikan studi kasus.

Data Scientist


4. Memilih Pelatihan yang Tepat

Pelatihan data scientist saat ini sudah tersedia banyak dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Setiap tempat pelatihan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Peserta pelatihan perlu memilih tempat pelatihan yang dapat menyesuaikan tipe belajarnya, waktu yang dimiliki, kurikulum yang diberikan, dan lainnya. 

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Pelatihan data scientist dapat disebut sebagai salah satu cara untuk meningkatkan skill dalam menganalisis data. Pelatihan data scientist ini juga cocok untuk para pemula. Kamu bisa coba pelatihan data scientist yang menyediakan beragam modul seperti di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login