FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 52 Menit 15 Detik 

Membuat Grafik di Excel? Ini 4 Jenis Grafik Populer

Belajar Data Science di Rumah 22-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1b82ebb80af380944cb16c3909d9c9f9_x_Thumbnail800.jpeg

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolahan data yang dikembangkan oleh perusahaan software raksasa Microsoft. Selain untuk mengolah data, terdapat fungsi lain yang disediakan oleh Excel salah satunya ialah membuat visualisasi data dengan Excel. Salah satu visualisasi data adalah dengan membuat grafik.


Dengan mengetahui cara membuat grafik tentu akan memudahkan pekerjaanmu jadi lebih ringkas dan efisien. Langkah-langkah dalam membuat grafiknya pun sangatlah mudah, sehingga kamu bisa dengan cepat dalam mempelajarinya! 


Dalam mengolah data, membuat grafik sepertinya adalah sebuah keharusan. Sehingga menjadi keharusan pula bagi seorang ahli data untuk dapat membuat bermacam-macam grafik sesuai dengan permintaan.


Kali ini, DQLab akan mencoba memperkenalkan beberapa jenis grafik dalam Microsoft Excel yang merupakan program pengolah data yang umum dipakai saat ini. Penasaran apa saja jenis grafiknya? Simak artikel berikut ini ya!

 

1. Definisi Grafik

Grafik merupakan gabungan dari angka, huruf, lambang, gambar, simbol, dan lukisan yang ditampilkan pada suatu media yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang data dari penyedia materi hingga penerima materi dalam proses pemberian informasi. Fungsi dari grafik adalah untuk menggambarkan data-data yang berupa angka-angka dengan bentuk yang lebih sederhana secara detail.


Terdapat banyak fitur yang tersedia di Microsoft Excel, yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Seperti contohnya terdapat fitur grafik garis yang digunakan untuk menggambarkan data berdasarkan rentang waktu yang berurut, grafik batang yang digunakan untuk menggambarkan perkembangan suatu objek dalam rentang waktu tertentu, dan grafik lingkaran yang digunakan untuk menggambarkan data dalam bentuk lingkaran dan menunjukkan hasil dalam persenan.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Column Charts

Excel 

 

Grafik kolom digunakan untuk menunjukkan perubahan data dalam periode waktu tertentu atau untuk menggambarkan perbandingan antar beberapa item. Grafik kolom ini juga sering disebut dengan diagram batang.


Grafik kolom atau diagram batang umumnya digunakan dalam bidang pengolahan data dengan tujuan menampilkan hasil pengolahan data dan perbandingan hasil dari waktu ke waktu. Dalam penggunaannya, Grafik kolom bisa ditampilkan dalam gambar 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D) dengan 3 tipe atau model penyajian yang dapat dipilih, yaitu kolom tergugus, kolom tumpuk, dan kolom 3D.


Contoh penggunaan grafik ini dapat dilihat pada grafik pendapatan dalam waktu tertentu atau perbandingan jumlah penduduk dari waktu ke waktu. 

 

3. Line Charts

Excel

 

Sama dengan grafik kolom, grafik garis dapat menunjukkan data secara terus menerus atau berkelanjutan selama periode waktu tertentu. Grafik ini sangat ideal digunakan untuk menampilkan tren data pada interval atau rentang waktu yang sama.


Kamu dapat menggunakan diagram garis ini jika memiliki label teks, tanggal, atau beberapa label numerik pada sumbu horizontal. Terdapat tiga tipe yang dapat dipilih dari grafik garis, yakni baris dan baris dengan penanda, garis tumpuk atau garis tumpuk 100 persen, dan garis 3D.


Contohnya, grafik ini digunakan untuk menampilkan data pendapat pada rentang waktu tertentu

 

4. Pie Charts

Excel

 

Grafik lingkaran menunjukkan ukuran dari suatu item dalam suatu kumpulan data, secara proporsional terhadap jumlah dari keseluruhan item. Nilai atau value dari item-item tersebut ditunjukkan dalam bentuk persentase dari total keseluruhan data dalam bentuk satu lingkaran penuh.


Umumnya grafik ini digunakan untuk menampilkan data persentase jumlah penduduk berdasarkan tingkat pendidikannya dan lain sebagainya. 

 

5. Bar Charts

Excel 

 

Bar Charts atau grafik batang serupa dengan grafik kolom. Grafik Batang menggambarkan perbandingan antar beberapa item dan merupakan penyajian data alternatif dari grafik kolom.


Dengan menggunakan jenis grafik ini, kita dapat menyajikan data yang maknanya sama dengan grafik kolom yaitu dengan menukar letak variabel dari sumbu x menjadi sumbu y dan sebaliknya.


Penggunaan grafik ini misalnya digunakan untuk membuat grafik pertumbuhan penduduk pada suatu tempat dalam kurun waktu tertentu.

 

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel 


Kamu telah mengenali jenis-jenis grafik dalam membuat visualisasi data dengan Excel dan telah mempelajari. Dengan menggunakan berbagai macam grafik, akan membuat visualisasi datamu mudah untuk dibaca dan dipahami. Dan itu akan meningkatkan kemungkinan ketika melihat sekilas datamu dan secara cepat mengerti dengan data tersebut.


Masih banyak tutorial-tutorial Excel yang menarik dan dapat membantumu dalam menaikkan level skill kamu khususnya dalam bidang Excel, tentunya bersama DQLab.


Jika kamu ingin belajar tutorial Excel yang mulai dari dasar, kamu bisa bergabung dengan DQLab dengan membuat akun gratis di DQLab.id dan nikmati pengalaman belajar Excel bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan mencoba modul platinum DQLab Excel untuk menguji kemampuan Excel kamu yang bisa kamu akses selamanya.


Tunggu apalagi? Daftar sekarang juga!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :