SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 56 Menit 42 Detik

Membuat Macro atau VBA Pertama dalam Excel

Belajar Data Science di Rumah 26-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-08-2023-10-28-181836_x_Thumbnail800.jpg

Excel adalah alat yang luar biasa untuk mengelola data dan tugas-tugas sehari-hari, tetapi apakah kamu tahu bahwa kamu bisa membuatnya bahkan lebih kuat dengan menguasai Macros atau VBA (Visual Basic for Applications)?


Macros Excel memungkinkan kamu mengotomatisasi tugas-tugas rutin dan menjalankan perintah yang kompleks dengan hanya satu klik. Meskipun terdengar seperti sesuatu yang hanya dimengerti oleh para ahli komputer, jangan khawatir!


Dalam artikel ini, DQLab akan membantu kamu memulai dengan langkah pertama untuk membuat Macro atau VBA pertama dalam Excel dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.


Selamat mencoba!


1. Membuka Excel dan Aktifkan Tab "Pengembang”

Excel


Pertama-tama, pastikan Excel terbuka. Jika kamu tidak melihat tab "Pengembang" di pita Excel (ribbon), pergilah ke "File," lalu "Pilihan," dan akhirnya pilih "Pita Akses Cepat." Di sini, kamu dapat mengaktifkan tab "Pengembang." Tab ini akan memberimu akses ke alat-alat pemrograman Excel, termasuk Macros dan VBA.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Memulai dengan Record Macro (Merekam Macro)

Salah satu cara paling mudah untuk memulai dengan Macro adalah dengan merekamnya. Klik pada tab "Pengembang," lalu pilih "Merekam Macro." Ini akan membuka jendela kecil di mana kamu dapat memberi nama Macro kamu dan menggambarkan di mana Macro tersebut akan tersimpan (biasanya dalam "This Workbook" atau "Personal Macro Workbook"). Setelah mengklik "OK," Excel akan mulai merekam setiap tindakan yang kamu lakukan.


Excel


Contoh:

Misalnya, kamu ingin membuat Macro yang menggandakan isi sel di Excel. Cukup rekam langkah-langkah ini: pilih sel yang ingin kamu gandakan, salin isi sel tersebut, dan tempelkan di sel yang lain. Setelah selesai, hentikan perekaman. Sekarang, Excel akan mengingat setiap langkah ini dan dapat menjalankannya kapanpun kamu mau.


3. Menyusun Kode Macro (Mengedit Macro)

Setelah merekam Macro pertamamu, sekarang waktunya untuk melihat kode VBA yang mendasarinya. Klik "Alt + F11" pada keyboard untuk membuka Editor VBA. Di sini, kamu akan melihat kode yang merepresentasikan langkah-langkah yang baru saja kamu rekam. Ini adalah bahasa yang dimengerti oleh Excel.


Contoh:

Dalam kode VBA yang muncul, kamu akan melihat sesuatu seperti:

Excel


Kamu bisa mengedit kode ini sesuai keinginanmu atau menambahkan perintah baru. Ini adalah cara dasar untuk mulai belajar bahasa VBA.


4. Menjalankan Macro yang Dibuat

Setelah kamu membuat atau mengedit Macro, kamu dapat menjalankannya. Kembali ke lembar kerja Excel dan pilih "Pengembang," lalu "Macro." Di sini, kamu akan melihat daftar semua Macros yang kamu miliki. Pilih Macro yang ingin kamu jalankan, dan klik "Jalankan."


5. Berlatih dan Pelajari Lebih Lanjut

Membuat Macro atau VBA pertama adalah langkah pertama dalam perjalananmu. Selanjutnya, berlatih, eksperimen, dan pelajari lebih banyak tentang bahasa VBA. Ada banyak sumber belajar online, buku, dan kursus yang dapat membantu kamu menjadi ahli dalam menggunakan Macro dan VBA untuk mengotomatisasi tugas dalam Excel.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Jika kamu tertarik untuk mendalami Macro dan VBA dalam Excel lebih dalam, pertimbangkan untuk bergabung dengan kursus Excel di DQLab. Di sana, kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang cara membuat dan mengedit Macro, serta cara mengotomatisasi tugas-tugas Excel.


Selain itu, modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apalagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Yuk ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login