2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 7 Menit 53 Detik

Menarik! 5 Penggunaan Machine Learning di Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 01-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-07-2024-05-01-112138_x_Thumbnail800.jpg

Apakah kamu pernah penasaran bagaimana teknologi Machine Learning digunakan di perusahaan-perusahaan besar? Machine Learning, yang terdengar futuristik, telah menjadi bagian integral dari berbagai perusahaan di seluruh dunia. Dari rekomendasi produk hingga analisis data, Machine Learning membantu perusahaan meningkatkan operasional dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Ayo kita lihat beberapa contoh keren penggunaan Machine Learning di perusahaan-perusahaan papan atas!


Perusahaan teknologi terkemuka seperti Google, Amazon, dan Netflix tidak lagi bisa terlepas dari teknologi Machine Learning. Google, misalnya, menggunakan Machine Learning untuk meningkatkan hasil pencarian, mempersonalisasi pengalaman di YouTube, dan bahkan mengembangkan teknologi self-driving cars. Amazon memanfaatkan Machine Learning untuk rekomendasi produk yang lebih akurat dan mengoptimalkan rantai pasokan mereka. Netflix, di sisi lain, menggunakan Machine Learning untuk menganalisis preferensi penonton dan menyarankan konten yang tepat kepada pengguna.


Namun, Machine Learning bukan hanya milik perusahaan teknologi. Bahkan industri lain seperti perbankan, kesehatan, dan e-commerce juga mengadopsi teknologi ini untuk meningkatkan layanan dan efisiensi mereka.


1. Analisis Sentimen di Media Sosial

Perusahaan seperti Twitter dan Facebook menggunakan Machine Learning untuk menganalisis sentimen dari postingan di media sosial. Dengan menganalisis jutaan pesan setiap hari, mereka dapat mengidentifikasi tren dan pola yang dapat digunakan untuk menyempurnakan produk dan layanan mereka.


Machine Learning


Contohnya, Twitter menggunakan Machine Learning untuk mendeteksi percakapan yang trending dan mengenali apakah percakapan tersebut positif, negatif, atau netral. Hal ini membantu platform sosial ini untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna dan memberikan layanan yang lebih relevan.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Deteksi Penipuan dalam Transaksi Keuangan

Perusahaan keuangan seperti PayPal dan Mastercard menggunakan Machine Learning untuk mendeteksi pola transaksi yang mencurigakan dan mengidentifikasi aktivitas penipuan secara real-time. Hal ini membantu melindungi pelanggan dari kejahatan finansial dan mencegah kerugian perusahaan.

Machine Learning

Contohnya, sistem Machine Learning dapat mengenali pola transaksi yang tidak lazim atau dilakukan dari lokasi yang tidak biasa, sehingga memicu tindakan pencegahan yang cepat.


3. Kendaraan Otonom

Perusahaan mobil seperti Tesla dan Waymo mengandalkan Machine Learning untuk mengembangkan kendaraan otonom yang dapat mengenali rute, kendaraan lain, dan kondisi jalan. Teknologi ini menjadi landasan untuk masa depan transportasi yang lebih aman dan efisien.

Machine Learning

Contoh penggunaan Machine Learning dalam mobil otonom adalah pengenalan objek di sekitar mobil, seperti pejalan kaki dan rambu lalu lintas, serta pengambilan keputusan real-time berdasarkan data sensor.


4. Pengoptimalan Rantai Pasokan

Perusahaan ritel besar seperti Walmart menggunakan Machine Learning untuk mengoptimalkan rantai pasokan mereka. Dengan menganalisis data permintaan dan inventaris secara akurat, mereka dapat memprediksi kebutuhan dan mengelola stok dengan lebih efisien. Contoh implementasi Machine Learning adalah penggunaan algoritma prediktif untuk memperkirakan permintaan produk di lokasi tertentu berdasarkan faktor-faktor seperti musim, tren belanja, dan promosi.


5. Personalisasi Pengalaman Pelanggan

Perusahaan e-commerce seperti Amazon dan Alibaba menggunakan Machine Learning untuk memberikan rekomendasi produk yang personal kepada pelanggan. Dengan memahami preferensi dan perilaku pembeli, mereka dapat meningkatkan konversi dan kepuasan pelanggan. Contohnya adalah Amazon yang menggunakan Machine Learning untuk menganalisis riwayat pembelian pelanggan dan menyajikan produk yang relevan berdasarkan preferensi individual.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Machine learning merupakan suatu bentuk kecanggihan teknologi yang sering kita jumpai penerapannya pada masa kini. Machine learning ini termasuk salah satu hal yang algoritmanya perlu dipelajari agar mempermudah dalam proses analisis data.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login