3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 18 Menit 54 Detik

Mendalami Bagaimana Data Science bisa Membantu Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 02-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-05-2024-01-02-180426_x_Thumbnail800.jpg

Ada banyak sekali manfaat data science yang dirasakan pada sektor bisnis. Hal ini karena sektor bisnis ini akan menghadapi persaingan bisnis di era digital yang tidak cukup hanya bermodalkan insting atau sekedar meraba saja. Di era digital seperti ini, menuntut para pebisnis untuk lebih berinovasi dan lebih cerdas dengan data yang ada. Karena data ini sangatlah penting yang membuat perusahaan akan semakin berkembang, maka dari itu diperlukan seorang praktisi data untuk mengolah data ini menjadi sebuah informasi yang lebih berguna. 


Pengolahan data skala besar ini memerlukan data science yang berperan dalam mengumpulkan, mengorganisir, mengelola, dan juga menganalisis kumpulan data. Setelah itu, data ini akan menghasilkan sebuah insight berupa solusi terhadap permasalahan dan juga strategi dalam pengembangan bisnis secara akurat. Nah, data science memiliki manfaat lainnya untuk  membantu keberlangsungan bisnis. Apa sajakah itu? Yuk kita simak pembahasan di bawah ini!


1. Membantu dalam Mengambil Keputusan Bisnis

Dengan adanya bantuan data science ini, perusahaan akan lebih mudah dalam menganalisis data dan resiko untuk membuat sebuah keputusan bisnis yang tepat. Pengumpulan dan analisis data yang tepat dan juga akurat bisa menjadi sebuah bukti objektif bahwa proses ini akan mengarahkan bisnis pada pengambilan keputusan yang tepat di antara pilihan bisnis yang sulit. 

Data Science


Maka dari itulah, data science memiliki manfaat ketika perusahaan ingin mengambil sebuah keputusan berdasarkan data dan bisa membantu perusahaan dalam meminimalkan resiko kegagalan karena kesalahan dalam mengambil keputusan atau kesalahan strategi bisnis. 


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Melakukan Prediksi yang Tepat

Perusahaan juga harus cerdas dalam mengambil setiap peluang di dalam pasar bisnis yang tersedia, hal ini karena adanya tren digital yang tidak selalu sama dan tergolong cepat berubah dalam waktu yang cukup singkat. Maka dari itu diperlukannya data science untuk membantu dalam segi prediksi pasar. Dengan menggunakan data konsumen, perusahaan bisa menyesuaikan dengan tren pasar digital yang sedang berjalan.


Tren pasar digital ini memang bisa diprediksi melalui data yang sudah dikumpulkan, diolah, dan kemudian dikonversi sebagai insight dalam mengambil strategi apa yang akan dilakukan oleh perusahaan dalam persaingan pasar bisnis ini.


3. Membantu Memahami Konsumen Pasar

Manfaat data science ini akan sangat terasa dalam segmentasi pasar bisnis. Hal ini karena setiap konsumen memiliki preferensinya masing-masing dan juga memiliki profil demografis yang berbeda antara konsumen yang satu dengan konsumen lainnya. Sehingga membuat perusahaan tidak bisa begitu saja menggunakan strategi dengan tolak ukur satu untuk semua.


Perusahaan harus menghasilkan produk dan juga layanan yang memenuhi kebutuhan customer sehingga bisa mencapai kepuasan customer. Data konsumen akan memberikan wawasan juga mengenai bagaimana perusahaan melakukan pendekatan kepada calon konsumen melalui berbagai media komunikasi sehingga pemasaran akan lebih efektif.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Meningkatkan Keamanan Data Perusahaan

Data science juga memiliki peran penting dalam melindungi informasi penting yang ada pada perusahaan, agar mencegah adanya cyber attack dengan otomasi task yang membuat data perusahaan menjadi bocor. Data science ini bisa menganalisis rekam jejak cyber crime dengan berdasarkan perilaku khas dari penggunanya dengan menerapkan algoritma machine learning.

Data Science


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :