Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Mengapa Bootcamp Pilihan Terbaik Belajar Python?

Belajar Data Science di Rumah 16-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-01-2024-02-17-164458_x_Thumbnail800.jpg

Memiliki kemampuan menggunakan Python di era digital seperti saat ini sangat dibutuhkan terutama untuk menunjang karir bagi kalian yang bekerja di bidang teknologi. Dengan Python, kalian dapat membuat website, aplikasi, melakukan analisis data, dan memodelkan machine learning yang membantu pengambilan keputusan menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga tidak heran, jika banyak orang yang kini mulai mencari media belajar yang praktis untuk meningkatkan skill Python.


Belajar Python dapat dilakukan dengan banyak cara. Bahasa ini juga mudah dipahami tanpa harus memiliki background IT. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti bootcamp. Namun, tidak semua bootcamp bisa membuat kalian mahir Python, loh. Bootcamp yang baik harus mengakomodasi pengalaman belajar dalam menerapkan Python untuk menyelesaikan permasalahan.


Artikel kali ini akan membahas pentingnya bootcamp dalam mengasah kemampuan Python terutama pemula. Yuk segera simak penjelasannya!


1. Bersifat Intensif dan Fokus

Python

Bootcamp Python sering kali dianggap sebagai pilihan terbaik untuk belajar bahasa pemrograman karena intens dan fokus pada pemahaman yang penting. Dalam waktu relatif singkat, peserta bootcamp diharapkan paham Python karena lingkungan belajarnya yang terstruktur. Dengan adanya penekanan pada pembelajaran praktis, peserta tidak hanya belajar teori, tetapi juga menerapkannya dalam situasi nyata. 


Peserta dihadapkan pada proses pembelajaran dengan pengalaman langsung. Dibandingkan dengan belajar secara mandiri, peserta seringkali terjebak dalam memilih materi atau tidak memiliki arah yang jelas. Sedangkan bootcamp menyediakan struktur yang jelas dan dukungan yang diperlukan untuk memaksimalkan pembelajaran dalam waktu yang singkat.


2. Kurikulum Terstruktur

Python

Kurikulum ini dirancang oleh para ahli dan profesional yang menggunakan Python. Jadi bisa dipastikan peserta mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang bahasa pemrograman dan konsep-konsep pada Python. Dengan kurikulum yang terstruktur, peserta dapat mengikuti serangkaian materi yang logis dan progresif, mulai dari konsep dasar hingga yang lebih kompleks.


Selain itu, struktur kurikulum yang terorganisir juga membantu memastikan bahwa peserta mendapatkan pengetahuan yang lengkap dan tidak ada konsep yang terlewatkan, sehingga mempersiapkan peserta dengan baik untuk menghadapi tantangan dalam pengembangan perangkat lunak menggunakan Python.


3. Adanya Mentor Berpengalaman

Python

Salah satu keunggulan utama dari bootcamp Python adalah adanya mentor dan instruktur yang berpengalaman. Mentor dan instruktur ini memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis peserta selama proses pembelajaran. Dengan memberikan feedback secara langsung, mentor dan instruktur juga membantu peserta untuk tahu lebih detail kesalahan selama praktik coding.


Selain itu, mentor dan instruktur dalam bootcamp Python juga dapat memberikan dukungan moral dan motivasi kepada peserta. Mereka tidak hanya membantu peserta agar paham materi secara teknis, tetapi juga memberikan dorongan yang diperlukan agar tetap termotivasi dan fokus selama proses pembelajaran intensif. 


4. Proyek Dunia Kerja

Python

Peserta diberi kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang mereka pelajari dalam secara praktik melalui proyek-proyek yang relevan dengan dunia nyata. Dengan melibatkan pada proyek-proyek ini, peserta akan lebih bisa mengembangkan keterampilan pemrograman Python secara langsung, sekaligus memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang cara konsep-konsep pemrograman diterapkan dalam konteks praktis.


Selain itu, pembelajaran berbasis proyek dalam bootcamp Python juga membantu peserta untuk membangun portofolio proyek. Portofolio ini dapat menjadi aset untuk mencari pekerjaan atau jenjang karier yang lebih baik dalam pemrograman Python. Dengan memiliki portofolio proyek yang mencerminkan keahlian dan kemampuan pemrograman Python, peserta bootcamp dapat menarik perhatian HRD atau klien, serta untuk membuktikan kemampuan secara praktis.


Lalu, dimana rekomendasi bootcamp yang baik? Yuk langsung ikut program Bootcamp Live Class yang disediakan DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang data science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Selain bootcamp di atas, kalian juga bisa loh meningkatkan pemahaman kalian dalam menerapkan Python untuk sejumlah studi kasus yang ada di perusahaan. DQLab juga memilki modul belajar online yang akan membantu kalian menerapkan kemampuan tersebut secara bervariasi. Apa keunggulan modul belajar online DQLab?

  • Terintegrasi dengan Chat GPT yang membantu menjelaskan konsep serta coding yang tepat jika ada error

  • Dapat diakses kapanpun dan dimanapun

  • Dilengkapi Live Code Editor sehingga praktis tanpa perlu aplikasi tambahan


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian untuk ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login