PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 38 Menit 38 Detik

Mengapa Data Science Penting dalam Industri Farmasetika?

Belajar Data Science di Rumah 19-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-05-2024-06-19-162702_x_Thumbnail800.jpg

Sebagai ilmu yang baru dan belum banyak dikenal luas di masyarakat, data science menawarkan potensi besar dalam mengolah dan menganalisis data untuk mengungkapkan pola dan tren yang tidak terlihat secara kasat mata. Ilmu ini menggabungkan berbagai disiplin ilmu seperti statistika, matematika, dan ilmu komputer, untuk menghasilkan wawasan yang dapat membantu pengambilan keputusan yang lebih baik di berbagai bidang, mulai dari bisnis, kesehatan, hingga pemerintahan. 


Selain disiplin ilmu di atas, data science juga penting diterapkan dalam industri farmasi. Salah satunya industri farmasetika. Dengan penerapan data science, industri farmasetika dapat meningkatkan efisiensi dalam penelitian dan pengembangan obat. Analisis data besar memungkinkan identifikasi pola dalam hasil uji klinis, prediksi respons pasien terhadap obat tertentu, serta optimasi proses produksi obat.


Nah, kira-kira penting atau tidak sih data science itu diterapkan sepenuhnya ke industri farmasetika? Daripada penasaran, yuk cari tahu lewat artikel berikut ini sahabat DQLab!


1. Optimasi Proses Produksi

Data science memungkinkan optimasi proses produksi obat. Dengan analisis data dari setiap tahap produksi, perusahaan farmasi dapat mengidentifikasi inefisiensi dan mengoptimalkan proses untuk mengurangi biaya dan waktu produksi. Misalnya, analisis data dapat membantu mengoptimalkan kondisi reaksi kimia, mengurangi limbah, dan meningkatkan kualitas produk akhir.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Pengambilan Keputusan Bisnis yang Lebih Baik

Dengan data science, perusahaan farmasi dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan analisis data yang komprehensif. Data mengenai penjualan, tren pasar, dan preferensi konsumen dapat dianalisis untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan mengidentifikasi peluang pasar baru. Selain itu, analisis data dapat membantu dalam pengembangan kebijakan perusahaan yang lebih baik dalam hal pengelolaan sumber daya manusia, penelitian, dan investasi.


3. Pengelolaan Rantai Pasok

Pengelolaan rantai pasok yang efisien sangat penting dalam industri farmasi untuk memastikan ketersediaan bahan baku dan produk jadi secara tepat waktu. Dengan data science, perusahaan dapat memprediksi permintaan pasar, mengoptimalkan inventaris, dan mengelola distribusi secara lebih efektif. Analisis data juga dapat membantu dalam mengidentifikasi dan mengatasi potensi gangguan dalam rantai pasok, sehingga mengurangi risiko kekurangan stok atau kelebihan persediaan.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Pemantauan Keamanan dan Efikasi Obat

Setelah obat diluncurkan ke pasar, penting untuk memantau keamanannya secara berkelanjutan. Data science memungkinkan analisis data pasca-pemasaran untuk mendeteksi efek samping yang jarang terjadi tetapi serius, serta memastikan bahwa obat tetap efektif. Analisis data real-time dari laporan pasien dan profesional kesehatan dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah keamanan lebih cepat dan menginformasikan keputusan untuk penarikan obat atau peringatan keamanan.


Data science telah menjadi alat yang sangat berharga dalam industri farmasetika, membawa dampak yang signifikan dalam berbagai aspek mulai dari penelitian dan pengembangan, produksi, personalisasi pengobatan, pengelolaan rantai pasok, hingga pemantauan keamanan obat dan pengambilan keputusan bisnis.


Dengan terus berkembangnya teknologi dan metode analisis data, peran data science dalam industri farmasetika diperkirakan akan semakin penting, membantu perusahaan farmasi untuk lebih inovatif, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan pasar dan pasien.


Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data scientist agar bisa berkarir di industri 4.0. Buruan gabung bersama DQLab dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login