FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 7 Menit 54 Detik 

Mengenai Microsoft SQL Server dari Waktu ke Waktu

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/03548d4613119a46eb9b2efcaab69763_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft SQL Server merupakan salah satu perangkat jenis Relasional Database Management System atau RDBMS yang sering digunakan oleh seorang database administrator.


Software SQL yang satu ini bisa dibilang cukup scalable dalam menunjang manajemen data dalam suatu database. Software yang dikembangkan oleh perusahaan besar Microsoft pemakaiannya bisa dilakukan di berbagai platform manapun. 


Mulai dari laptop, kemudian jaringan server yang terhubung dengan Cloud dan lain-lain. Tidak heran jika Microsoft SQL server sangatlah kompatibel dalam semua platform apapun dan dinilai mumpuni dalam segala hal di bidang manajemen data. Namun pengguna tetap saja harus memperhatikan hardware maupun software yang dipersyaratkan. 


Sejak kemunculan pertama kalinya pada tahun 1989, Microsoft SQL Server sudah menjadi pilihan software bagi para pemakai database sampai dengan saat ini. Keberadaan SQL tidak hanya berperan sebagai RDBMS namun juga sangat mumpuni dalam ranah analisis dan pelaporan data.


Kondisi ini membuat software SQL mengalami perkembangan dari waktu ke waktu sehingga akan ada banyak penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan seiring dengan perkembangan waktu dan zaman dari software SQL server. 


Kira-kira apa yang membedakan antara Microsoft SQL server dari kurun waktu tertentu dan tambahan fitur apa kira-kira menjadi pembeda di antara masing-masing Microsoft SQL server yang tersedia sampai saat ini. Kali ini kita akan bahas tuntas melalui artikel berikut ini! 


1. Microsoft SQL Server 2012

Kita masuk ke versi yang pertama dan ingin kita bahas yaitu Microsoft SQL Server 2012. Pada versi ini memiliki fitur baru yaitu AlwaysOn SQL, contoh cluster Server Failover dan Kelompok Ketersediaan yang menyediakan satu set pilihan untuk meningkatkan ketersediaan database.


Contained Database yang menyederhanakan bergerak dari database antar instansi, baru dan dimodifikasi Views Manajemen Dinamis dan Fungsi programabilitas perangkat tambahan termasuk fitur baru Spasial, penemuan Metadata, obyek urutan dan pernyataan throw, peningkatan kinerja seperti Indeks ColumnStore serta perbaikan operasi tingkat Online dan Partisi, peningkatan keamanan dan termasuk Provisioning Selama Pengaturan, baru perizinan, peran perbaikan manajemen dan tugas standar skema untuk kelompok.

sql


Beberapa fitur dalam Microsoft SQL Server 2012 antara lain:

  • Columnstore Indexes, Ini fitur baru yang bagus dan yang benar-benar unik untuk SQL Server. Fitur ini dirancang untuk penggunaan dengan sistem permintaan pada pusat penyimpanan data

  • Kinerja super cepat. Lebih efektif mengatur kinerja dalam lingkungan multi-tenancy seperti cloud computing

  • BI semantic model, fitur ini ada untuk menggantikan fitur Analysis Services Unified Dimensional Model. Sistem ini mengimplementasikan hybrid model yang memungkinkan satu data model akan mendukung semua proses BI di SQL Server


Sama seperti para pendahulu nya pada SQL Server 2012 memerlukan spesifikasi hardware khusus dan beberapa software harus telah terinstall pada komputer.

Kebutuhan Processor, memory dan Sistem Operasi :

Processor

  • Minimum 

  • X86 processor : 1 GHz 

  • X64 processor : 2 GHz 

Rekomendasi

  • Untuk kecepatan prosessor lebih tinggi lebih baik, rekomendasi dari Microsoft sendiri adalah 2.0 GHz atau lebih.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Microsoft SQL Server 2014

Microsoft meluncurkan SQL Server 2014 pada tanggal 1 April 2014 dengan codename SQL14. Fitur yang diusung oleh Microsoft pada SQL Server 2014 ini terdapat data manajemen seperti mengorganisir dan memaintain data-data secara otomatis dengan teknologi SQL Server Always On yang membuat server hampir tidak ada downtime. 

sql


Berikut adalah fitur-fitur yang didukung oleh SQL Server 2014:

  • Mendukung ADO.NET Entity Framework

  • Tools untuk laporan, replikasi dan definisi data

  • Dibuat dengan entry data model

  • Mendukung IntelliSense untuk queri-queri SQL

  • Dapat menyimpan banyak variasi data

  • Mendukung data hierarkhi termasuk T-SQL


3. Microsoft SQL Server 2016

Microsoft meluncurkan SQL Server 2016 pada tanggal 1 Juni 2016. Fitur yang diusung oleh Microsoft pada SQL Server 2016 ini terdapat data manajemen seperti mengorganisir dan memaintain data-data secara otomatis dengan teknologi SQL Server Always On yang membuat server hampir tidak ada downtime. 

sql


Berikut adalah fitur-fitur yang didukung oleh SQL Server 2014:

  • Sistem Hybrid Cloud Solution yang dapat mengurangi pemakaian storage

  • Peningkatan terhadap efisiensi dan efektifitas operasi

  • Aplikasi Mission Critical Intelligent

  • Solusi Business Intelligence untuk perangkat mobile yang komprehensif

  • Solusi terbaru big data yang menggabungkan relasional data

  • Data warehousing yang berskala enterprise


4. Microsoft SQL Server 2017

Pada 2 Oktober 2017, Microsoft mengeluarkan produk Enterprise Data terbarunya yaitu Microsoft SQL Server 2017. Microsoft SQL Server 2017 memiliki performance yang jauh lebih cepat dari produk keluaran sebelumnya. SQL Server 2017 juga didukung dengan sistem keamanan yang lebih handal, bahasa R dan Python untuk Data Science dan sudah mendukung instalasi di Linux. 

sql


Berikut adalah fitur-fitur yang disediakan oleh Microsoft SQL Server 2017:

  • Pilihan Platform di Windows, Linux atau Docker dukungan untuk sistem operasi Windows, Linux dan Docker containers. 

  • Semua jenis cloud dan semua platform termasuk OpenShift, Red Hat OpenStack dan Kubernetes. 

  • License Mobility memungkinkan on-premises license dapat digunakan di dalam Cloud.

  • Adaptive Query Processing dan Automatic Plan Correction mempercepat query performance tanpa perlu melakukan proses tuning secara manual.

  • Transaksi lebih cepat dengan In-Memory OLTP dan Analytics bisa sampai 100 kali lebih cepat dengan In-Memory ColumnStore.

  • Kemudian real-time operational analytics dengan menggunakan in-memory technologies.

  • Kemampuan untuk menyimpan dan menganalisis data yang sangat terinterkoneksi dan mempunyai hubungan dengan graph data support (graph db)

  • Hadoop yang dikombinasikan dengan SQL memberikan value dan insight dari data lakes


Dari segi respons juga dinilai interaktif di semua device. Visualisasi yang sangat kaya dengan menggunakan enhanced Reporting Services. Kemudian, mobile reporting pada platform mobile devices seperti iOS, Windows dan Android. Report Viewer dapat didownload gratis sebagai free developer component. 


Advanced Analytics juga digunakan dengan mengintegrasikan basis R dan Python yang scalable, high performance dan parallelized (multi threads/processes) pada data yang kamu miliki. Kemudian algoritma-algoritma machine learning di tingkat Advanced dan menggunakan GPUs.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


5. Microsoft SQL Server 2019

Terakhir kita masuk ke versi terkini yaitu Microsoft SQL Server 2019. Microsoft SQL Server 2019 diluncurkan pada tanggal 4 November 2019. Pada versi ini SQL Server dipaketkan dengan beberapa fitur baru untuk meningkatkan kinerja, integrasi data korporasi yang bervolume besar, peningkatan keamanan dan sebagainya.

sql


Kurang lebih ada 10 hal yang baru dari Microsoft SQL Server 2019, berikut adalah rinciannya:

  • Memanfaatkan kemampuan big data

  • Membawa AI ke dalam Workloads atau Beban Kerja

  • Mengeliminasi kebutuhan untuk pergerakan data

  • Eksplorasi dan interaksi dengan data visual

  • Menjalankan real-time analytics pada data operasional

  • SQL Server dapat melakukan tuning secara otomatis

  • Mengurangi database maintenance dan meningkatkan business uptime

  • Meningkatkan keamanan dan proteksi data yang sering dipakai

  • Melakukan pelacakan compliance dengan resource yang sophisticated

  • Optimasi dengan berbagai opsi dan fleksibilitas yang tinggi


Gimana-gimana sudah paham kan terkait masing-masing fitur, kelebihan dan keunikan dari masing-masing keluaran Microsoft SQL Server dari waktu ke waktu? Kalau sahabat DQLab kira-kira pilih versi yang mana nih? Coba dong mimin pengen tahu nih hehe. SQL merupakan salah satu bahasa query yang digunakan untuk mengakses database. Penguasaan bahasa SQL ini merupakan skill wajib bagi praktisi data. 


Salah satu tempat atau media untuk belajar bahasa SQL adalah DQLab tentunya. DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan. Langsung saja sign up di DQLab.id dan nikmati belajar data science DQLab.


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :