DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 21 Menit : 44 Detik

Mengenal Big Data Analytics dan Urgensinya, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3ae417e2a08545b36abf054d4f30cd4e_x_Thumbnail800.jpg

Big Data Analytics atau Analitik Big Data adalah salah satu topik yang sedang ramai diperbincangkan saat ini. Analitik Big Data memeriksa sejumlah besar data untuk mengungkap pola tersembunyi, korelasi, dan wawasan lainnya. Dengan teknologi saat ini, dimungkinkan untuk menganalisis data dan mendapatkan jawaban darinya segera. Upaya yang lebih lambat dan kurang efisien menggunakan solusi bisnis intelijen yang lebih tradisional.


Meski Big Data saat ini sedang ramai diperbincangkan, hakikatnya konsep big data telah ada selama bertahun-tahun. Sebagian besar organisasi sekarang mengerti bahwa jika mereka menangkap semua data yang mengalir ke bisnis mereka, mereka dapat menerapkan analitik dan mendapatkan nilai manfaat yang signifikan dari data tersebut. Tetapi bahkan di tahun 1950-an, beberapa dekade sebelum seseorang mengucapkan istilah "big data", bisnis menggunakan analitik dasar (pada dasarnya angka dalam spreadsheet yang dikaji secara manual) untuk mengungkap wawasan dan tren. 


Namun, manfaat baru yang dibawa oleh analisis big data adalah kecepatan dan efisiensi. Sementara beberapa tahun yang lalu sebuah bisnis akan mengumpulkan informasi, menjalankan analitik, dan menggali informasi yang dapat digunakan untuk keputusan di masa mendatang, kini bisnis dapat mengidentifikasi wawasan yang didapat untuk keputusan segera. Kemampuan untuk bekerja lebih cepat – dan tetap tangkas – memberi organisasi keunggulan kompetitif yang tidak mereka miliki sebelumnya.


Pada Artikel ini DQLab akan berbagi tentang 3 alasan mengapa Big Data menjadi penting. Penasaran apa saja 3 alasan tersebut? Yuk simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut!

1. Pengurangan biaya. 

Teknologi big data seperti Hadoop dan analitik berbasis cloud membawa keuntungan biaya yang signifikan dalam hal menyimpan data dalam jumlah besar – ditambah lagi mereka dapat mengidentifikasi cara-cara yang lebih efisien dalam melakukan bisnis.

Dengan seperangkat teknologi baru ini, Big Data dapat memungkinkan pengumpulan data daru keseluruhan populasi tanpa perlu hanya mengambil sample. Pada riset tradisional, pengumpulan sample dan teknik sampling menjadi penting disebabkan salah satunya adalah tingginya biaya untuk mengumpulkan data yang besar. Dengan konsep big data, hal tersebut dapat dilakukan dengan biaya yang jauh lebih rendah.


Baca Juga : Jenis Data Pada Big Data yang Wajib Kamu Pahami


2. Pengambilan keputusan lebih cepat, lebih baik. 

Dengan kecepatan Hadoop dan analitik in-memory, dikombinasikan dengan kemampuan untuk menganalisis sumber data baru, perusahaan dapat menganalisis informasi dengan segera – dan mengambil keputusan berdasarkan apa yang telah mereka pelajari.


Pengambilan keputusan yang cepat menjadi bagian yang sangat krusial bagi perusahaan, banyak keputusan yang apabila diambil dengan cepat dapat membuat perusahaan tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar dalam periode waktu yang sama.

3. Produk dan layanan baru. 

Dengan kemampuan untuk mengukur kebutuhan dan kepuasan pelanggan melalui analitik, muncul kekuatan untuk memberikan apa yang diinginkan pelanggan. Davenport menunjukkan bahwa dengan analitik big data, lebih banyak perusahaan menciptakan produk baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.


Dengan mengedepankan pelayanan yang prima dan cepat tanggap terhadap respon pelanggan dapat membuat perusahaan meningkatkan trust dari pelanggan tersebut dan akan meningkatkan performa bisnis dalam jangka waktu yang lebih panjang. 


Baca Juga : Belajar Big Data, untuk Upgrade Skill Siap Menghadapi Industri


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!