DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 20 Jam : 56 Menit : 47 Detik

Mengenal Big Data Engineer, Pekerjaan dengan Prospek Karir yang Sangat Menjanjikan

Belajar Data Science di Rumah 23-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4780cc893ffc93ed18dfd70f22994731_x_Thumbnail800.jpg

Big Data Engineer merupakan salah satu jawaban atas permasalahan baru yang muncul karena lahirnya era big data. Tanpa disadari, dalam satu hari setiap orang bisa menghasilkan ribuan data digital baik itu yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Misalkan dalam penggunaan suatu aplikasi, data-data seperti berapa lama kita scroll di aplikasi tersebut, awal membuka aplikasi tersebut pada jam berapa, device apa yang kita gunakan, dan sebagainya akan terekam rapi di server perusahaan pemilik aplikasi.

Big Data Engineer harus mampu mengembangkan, memelihara, menguji, serta mengevaluasi solusi dari big data dalam suatu organisasi atau perusahaan. Itulah mengapa menjadi seorang Big Data Engineer tentunya harus memiliki pengalaman yang cukup dalam rekayasa perangkat lunak (software) terlebih dahulu sebelum beralih ke bidang big data.  Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Big Data Engineer, yuk kita simak penjelasan berikut!

1. Bagaimana cara kerja Big Data Engineer?

Hal pertama yang dikerjakan oleh seorang Big Data Engineer adalah memahami sebenarnya tujuan apa yang ingin dicapai oleh pemegang kekuasaan, dalam hal ini Direktur, Manajer, dan masih banyak lagi, dengan menerapkan big data. Kemudian melihat real case yang terjadi. Tentunya dengan adanya big data akan lebih mudah untuk mendapatkan insight. Nah, insight ini yang akan menjadi fokus dari perusahaan dalam memproduksi sesuatu.

Kemudian setelah memahami tujuan dari perusahaan, yang harus dilakukan selanjutnya adalah membangun insfrastruktur yang tepat. Nah dikatakan tepat jika bisa dilakukan untuk melakukan proses pengumpulan data mentah dari banyak sumber kemudian mengolahnya sehingga lebih mudah dipahami. Proses ini kemudian disebut sebagai proses ETL (Extract, Transform, Load). Infrastruktur ini juga dikatakan tepat jika berhasil menyimpan hasil dari proses ETL ke dalam satu pusat penyimpanan atau yang biasa disebut Data Warehouse.

Baca Juga : Belajar Data Science: Simak 3 Manfaat Penerapan Big Data di Berbagai Industri

2. Peluang Karir Big Data Engineer

Selama 5 tahun terakhir, trend pencarian Data Engineer di Google terus naik dan tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan akan mengalami penurunan. Bahkan di Sillicon Valey pun yang merupakan pusat inovasi dunia dan telah melahirkan Facebook, Google, Microsoft, dll menyatakan bahwa Big Data Engineer merupakan salah satu profesi yang paling dicari saat ini. Tinggi nya kebutuhan akan profesi ini namun tidak seimbang dengan jumlah talenta yang tersedia membuat profesi ini menjadi profesi yang cukup mahal.

3. Bisakah seorang pemula menjadi Big Data Engineer?

Dengan demikian, kemudian akan terlintas pertanyaan, “Apakah bisa seorang pemula menjadi Big Data Engineer? Talenta yang tersedia sangat minim bukankah menunjukkan bahwa pekerjaan ini adalah suatu pekerjaan yang sangat sulit?”. Tentu saja bisa, sangat bisa! Orang-orang yang tidak memiliki background IT bahkan tidak jarang bisa bekerja di profesi IT. Asalkan memiliki keinginan yang kuat untuk maju dan terus mau untuk mengembangkan dirinya dengan mempelajari hal-hal baru. Memang di awal akan terasa sangat sulit, tapi tenang saja, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini!

Baca juga : Siap Berkarir di Masa PSBB Ini? Yuk, Simak Tipsnya dari Member DQLab, Ricky Nauvaldy yang Kini Berkarir menjadi Head of Data Engineer

 4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.


Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Penulis : Gifa Delyani

Editior : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!