DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 18 Menit 30 Detik 

Mengenal Code “Hello World” bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 11-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0f24fe68c06caab3aec7dc0f76ce94ab_x_Thumbnail800.jpg

Sebagai seseorang yang sedang menekuni dunia data science, kamu tentu sudah tak asing dengan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman dikenal sebagai alat untuk memberikan perintah kepada komputer agar dapat melakukan atau mengolah sesuai dengan yang kamu inginkan. Nantinya, hasil olahan tersebut bisa berupa aplikasi atau program khusus lainnya. Nah, bagi kamu yang baru memulai perjalanan di dunia data science dan baru menggunakan bahasa pemrograman, di awal penggunaannya kamu pasti melihat sebuah kalimat “Hello World”, kan? 


Kali ini DQLab akan coba membahas apa sih yang dimaksud dengan kalimat tersebut? Simak informasinya yuk!


1. Apa itu “Hello World”?

“Hello World” sering kali ditemukan di sejumlah bahasa pemrograman, khususnya ketika baru pertama kali kita gunakan. Hampir di semua bahasa pemrograman yang tersedia akan menggunakan kalimat ini sebagai betuk sapaan atau kalimat perkenalan. “Hello World” merupakan sebuah program komputer yang menampilkan pesan ke layar komputer saat kamu ingin melihat hasil dari olahan suatu bahasa pemrograman. Namun, penulisan atau penggunaan “Hello World” di masing-masing bahasa pemrograman akan berbeda.


Baca juga : Persiapan untuk Memulai Karir di Bidang Data Versi Sandi Member DQLab


2. Pencetus “Hello World”

Kalimat atau program “Hello World” ini pertama kali dicetus oleh seorang ahli ilmu komputer asal Kanada, Brian Kernighan. Ia melahirkan program ini di tahun 1972 dan terinspirasi dari sebuah kartun. “Hello Word” diciptakan kala dirinya menulis dokumentasi bahasa pemrograman Basic Combined Programming Language (BCPL). Setelah bahasa pemrograman C berhasil dirilis, kemudian BCPL dikenal sebagai bahasa pemrograman B.


3. Contoh Penggunaan “Hello World” dalam Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman BCPL

main(){


  extrn a,b,c;


  putchar(a); putchar(b); putchar(c); putchar('!*n');


}





a 'hell';


b 'o, w';


c 'orld';


Bahasa Pemrograman C

#include <stdio.h> 


main() 


{


    printf("hello, world "); 


}


Java

class HelloWorld {


    public static void main(String[] args) {


        System.out.println("Hello World!");


    }


}


Python

print("Hello World")

 

Baca juga : Belajar Data Science Anti Ribet Tanpa Install Software bersama DQLab

 

4. Belajar Bahasa Pemrograman di Rumah? Bersama DQLab, Semua Terjawab!

Menjadi seorang praktisi data di era transformasi digital saat ini adalah sebuah keuntungan. Kini, hampir di seluruh perusahaan membutuhkan tenaga ahli praktisi data untuk bisa mengolah data perusahaan dengan sebaik mungkin. Melalui datalah, perusahaan bisa mendapatkan informasi dan insight baru yang dapat digunakan untuk kemajuan perusahaan.

 

Untuk bisa berprofesi sebagai praktisi data, penting bagi kamu untuk dapat memahami bahasa pemrograman. Sebab, bahasa pemrograman merupakan salah satu senjata yang kamu gunakan di industri data. DQLab sebagai platform pembelajaran data science berbasis kursus online hadir memberikan pembelajaran data science bagi kamu yang ingin berkarir di dunia data science. Materi pembelajaran yang akan disampaikan, dikemas ke dalam bentuk modul yang siap kamu akses secara gratis. Tak perlu khawatir, sebab akan ada para mentor dan fitur Live Code Editor yang akan mengarahkanmu dalam pembelajaran. Sehingga memudahkanmu dalam memahami modul. Yuk, belajar data science di DQLab!

 

Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :