IT'S PAYDAY! Yuk Mulai Belajar Data Bersama DQLab dengan Paket Premium Selama 6 Bulan hanya Rp 139,000.  DAFTAR

Pakai Kode: DQPAYNOV. Berakhir 2 Days 15 Jam : 0 Menit : 32 Detik

Mengenal Coding Data Science, Bahasa Gaul Anak IT untuk Pengolahan Data

Belajar Data Science di Rumah 25-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cef38b5c6ff6e17bef645b039e21e4be_x_Thumbnail800.png

Di era digital seperti sekarang, Data Science semakin menjadi primadona ilmu di segala lini industri. Sebagai multidisiplin ilmu dari statistika/matematika, bisnis dan computer science, Data Science seringkali tidak luput dari proses coding dalam mengolah datanya. Sahabat data yang bergerak di dunia IT tentu tidak asing lagi mendengar istilah “coding”. Data Science membutuhkan teknik dan tools yang kuat agar bisa menindaklanjuti data dengan coding. Jika mendengar istilah coding, pasti prosesnya tidak jauh dari yang namanya bahasa pemrograman.


Kali ini, DQLab akan mengajak sahabat data untuk mengenal bahasa gaul anak IT, yaitu coding dan apa hubungannya dengan Data Science. Yuk, langsung simak penjelasan berikut ini!


1. Pengertian Coding

Coding merupakan salah satu tindakan dalam pemrograman yang dilakukan dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Menggunakan perangkat komputer dalam memasukkan skrip menyebabkan kamu perlu mengikuti aturan sintaks yang berlaku saat melakukan proses coding. Aturan sintaks yang digunakan tergantung dari bahasa pemrograman yang kamu gunakan saat menuliskan skrip. Dengan kata lain, coding merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberitahu kepada perangkat komputer mengenai apa yang harus ia kerjakan untukmu. Setiap kode yang nantinya kamu tuliskan akan membantu komputer mengetahui serta memahami apa yang ingin kamu lakukan pada komputer tersebut. Hasilnya, komputer akan menerima perintah itu dan melakukan operasi sesuai dengan perintah yang kamu tuliskan.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Bahasa Pemrograman dan Contohnya

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan coding atau mempelajarinya, langkah terpenting yang wajib dilakukan adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan digunakan. Ada berbagai macam bahasa pemrograman dan tentunya memiliki karakteristik dan tujuannya masing-masing. Misalnya, ketika kamu ingin melakukan coding untuk membuat aplikasi web, maka kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP dan Javascript. Beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam melakukan coding adalah Python, PHP, Javascript, R, Java, C++, Ruby, Swift dan C#.

Tidak harus terpaku hanya mempelajari 1 jenis bahasa pemrograman, justru semakin banyak bahasa pemrograman yang bisa kamu gunakan, akan semakin berdampak pada peningkatan hard skill kamu!


3. Peran Coding dalam Data Science

Ternyata, coding juga memiliki peran yang sangat penting dalam Data Science. Dalam prosesnya, Data Science membutuhkan teknik dan tools yang kuat agar bisa menindaklanjuti data dengan coding. Contohnya, AI atau algoritma Machine Learning untuk mengidentifikasi pola dan tren dari dataset yang dimiliki. Berikut adalah beberapa peran coding dalam Data Science :


  • Mengumpulkan Data

    Biasanya data yang telah dikumpulkan tidak semuanya akan memiliki jenis yang sama. Dibutuhkannya teknik coding dengan menggunakan beberapa bahasa query seperti SQL dan NoSQL untuk mendapatkan data yang relevan dan komprehensif.


  • Menganalisis Data

    Analisis data sendiri dilakukan untuk mengekstrak data agar bisa menjadi sebuah data yang berguna untuk problem solving dan kebutuhan perusahaan. Untuk memahami lebih lanjut, contoh penerapan coding dapat terlihat dalam analisis data kualitatif. Coding dalam analisis data kualitatif prosesnya berupa pelabelan dan mengorganisir data kualitatif untuk mengidentifikasikan tema dan hubungan diantara keduanya.


  • Data Cleaning

    Data perlu dibersihkan dengan benar dan teratur agar dapat digunakan dalam analisis atau pembuatan model kualitas secara maksimal. Data Scientist biasanya menggunakan bahasa pemrograman seperti Python dan R untuk membersihkan data, atau dapat menggunakan aplikasi seperti OpenRefine dan Trifecta Wrangle yang khusus digunakan untuk membersihkan data serta mengubah format yang berbeda


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Yuk, Mulai Ngoding dengan Belajar Bahasa Pemrograman Bersama DQLab!

Proses coding ternyata tidak bisa jauh dari bahasa pemrograman. Bagi kamu yang tertarik untuk mulai ngoding atau mempelajarinya, wajib kenalan dan memahami bahasa pemrograman dulu ya!


Kamu bisa mempelajari berbagai jenis bahasa pemrograman seperti Python, R dan SQL bersama DQLab, lho! Langsung sign up aja di DQLab.id dan langsung pelajari modulnya!

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!