JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 0 Jam 58 Menit 44 Detik

Mengenal D3.js, Tools Data Science Visualisasi Data

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-05-2023-12-02-135726_x_Thumbnail800.jpg

Data science memiliki tools yang mumpuni dalam hal visualisasi data. Sebab visualisasi data sangat penting untuk memahami informasi atas data yang sudah kita kumpulkan dan telah dianalisis lebih lanjut. Salah satu tools data science andalan yang digunakan dalam visualisasi data adalah D3.js. D3.js, yang juga dikenal sebagai Data-Driven Documents, adalah sebuah perpustakaan JavaScript yang kuat yang digunakan untuk membuat visualisasi data interaktif di web.


D3.js memungkinkan pengguna untuk menghubungkan data dengan elemen HTML dan CSS, dan secara dinamis mengubah tampilan elemen-elemen ini berdasarkan data yang diberikan. Dengan D3.js, kamu dapat membuat grafik batang, grafik garis, peta interaktif, dan banyak jenis visualisasi data lainnya.


D3.js memungkinkan kamu untuk sepenuhnya mengontrol tampilan visualisasi data yang tersedia. Kamu dapat mengubah warna, ukuran, bentuk, dan perilaku elemen-elemen grafis sesuai kebutuhan. D3.js biasanya kompatibel dengan berbagai format website.


D3.js berbasis pada standar web seperti HTML, CSS, dan SVG. Ini membuat visualisasi yang dibuat dengan D3.js kompatibel dengan berbagai perangkat dan browser. Nah, apakah kamu penasaran dengan tools data science yang satu ini? Pastikan jangan skip artikel ini ya. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Apa itu D3.js

D3.js, yang merupakan singkatan dari Data-Driven Documents, adalah sebuah bibliotek JavaScript yang dibuat oleh Mike Bostock. D3.js dirancang untuk membantu pengembang web dalam menciptakan visualisasi data yang dinamis dan interaktif. Dengan D3.js, Anda dapat dengan mudah membuat grafik, grafik, peta, dan visualisasi data lainnya yang menarik dan informatif.


D3.js mengadopsi pendekatan berbasis dokumen (document-based approach) dalam memanipulasi elemen HTML menggunakan data. Ini berarti Anda dapat mengikat data ke elemen HTML dan mengubah elemen-elemen tersebut secara dinamis berdasarkan data yang kita miliki. D3.js menyediakan alat untuk membantu Anda menggambar elemen-elemen visual seperti lingkaran, garis, dan teks, serta menghubungkannya dengan data dengan mudah.

Data Science

Sumber Gambar: G2


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Fitur Utama D3.js

D3.js menawarkan sejumlah fitur utama yang membuatnya sangat berguna untuk visualisasi data:


1. Pengikatan Data

D3.js memungkinkan kamu mengikat data ke elemen-elemen HTML dengan mudah. Ini berarti kita dapat memvisualisasikan data dengan cepat tanpa perlu menulis kode HTML statis yang panjang.


2. Pembuatan Grafik yang Fleksibel

Dengan D3.js, kita dapat membuat berbagai jenis visualisasi, termasuk grafik batang, grafik garis, peta, diagram hierarki, dan banyak lagi. Seorang praktisi data memiliki kontrol penuh atas bagaimana elemen-elemen visual ini dibentuk dan ditampilkan.


3. Interaktivitas

D3.js memungkinkan kamu menambahkan elemen-elemen interaktif ke visualisasi data. Kamu dapat menambahkan efek hover, zoom, dan filter, serta mengintegrasikan elemen-elemen interaktif lainnya agar pengguna dapat berinteraksi dengan data.


4. Dukungan untuk Data Dinamis

D3.js sangat baik dalam menangani data yang berubah dengan cepat. Kamu dapat memperbarui visualisasi kamu secara otomatis saat data berubah tanpa perlu mengulang dari awal.


3. Mengapa D3.js penting?

D3.js telah digunakan oleh berbagai perusahaan dan organisasi di seluruh dunia untuk memvisualisasikan data mereka. Ini menciptakan ekosistem yang kuat dan beragam, yang berarti kamu dapat menemukan dukungan dan solusi untuk hampir setiap masalah yang mungkin kamu hadapi.


D3.js memungkinkan kamu untuk membuat visualisasi yang benar-benar unik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda tidak terbatas oleh jenis visualisasi data bawaan.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Contoh sintaks D3.js

Agar lebih jelas, berikut adalah contoh sintaks untuk melakukan visualisasi data D3.js

Data Science


Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data scientist agar bisa berkarir di industri 4.0. Buruan gabung bersama DQLab dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:


  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login