Klaim Voucher Potongan Rp 50.000 untuk 100 Transaksi Pertama
Kode Voucher: MULAIBELAJARDATA . Berakhir 2 Days 13 Jam : 17 Menit : 18 Detik Claim Now

Mengenal Data Scientist, Lakukan Hal-Hal Berikut untuk Menjadi Data Scientist Profesional

Mengenal Data Scientist, Lakukan Hal-Hal Berikut untuk Menjadi Data Scientist Profesional

https://dqlab.id/files/dqlab/cache/830f5beac1009d750ddfbc4c9e7c146f_100_persen.jpg

Profesi Data Scientist merupakan profesi yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan karena prospek karirnya yang sangat menjanjikan, bahkan pekerjaan ini juga termasuk sebagai pekerjaan terseksi di dunia. Wah, keren banget kan? Mungkin banyak dari kita yang mulai melirik pekerjaan ini sebagai pekerjaan impiannya. Tapi kita pasti akan bertanya-tanya, bagaimana sih caranya menjadi seorang Data Scientist?

Tentunya untuk menjadi seseorang yang profesional di bidang apapun termasuk Data Scientist dibutuhkan usaha dan kerja keras serta konsistensi dalam melakukan hal tersebut. Pekerjaan Data Scientist ini menjadi pekerjaan terseksi karena peluang yang tersedia sangat besar, namun talent yang memenuhi kriteria untuk mengisi posisi tersebut sangatlah minim. Salah satu penyebab hal ini terjadi adalah karena tidak konsistennya seseorang dalam berusaha menjadi Data Scientist.

Berikut telah dirangkum beberapa hal yang harus dilakukan agar dapat menjadi Data Scientist profesional. Yuk simak ulasan nya!

1.  Menguasai Komponen Dasar

Sama seperti profesi lainnya, untuk menjadi seorang Data Scientist profesional maka kita harus menguasai konsep dasar dari Data Scientist itu sendiri. Setidaknya kita harus memiliki pemahaman yang baik akan statistika, bahasa pemrograman, cara memvisualisasi dengan benar, basis data, riset, dan lainnya. Statistika merupakan komponen utama yang harus dikuasai sebagai permulaan untuk menjadi seorang data scientist.

Selain itu basis data, bahasa pemrograman, dan visualisasi data juga termasuk ke dalam prioritas untuk dikuasai, karena hal-hal tersebut merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk menganalisis data hingga mendapatkan insight bagi perusahaan. Insight disini merupakan output dari data dalam volume besar yang dimiliki perusahaan serta telah diolah dengan cara yang benar. Baru setelah itu mulai melirik ke arah bidang lainnya.

Baca Juga : Belajar Data Scientist: Mengenal Algoritma yang Dapat Digunakan dalam Customer Churn Analysis

2. Memahami Peluang Bisnis Perusahaan

Selain memahami bidang-bidang yang telah disebutkan sebelumnya, seorang Data Scientist juga harus memiliki pemahaman akan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan yang sedang dijadikan target untuk bekerja. Tentunya juga dibutuhkan analisis dari segi manajemen perusahaan. Hal ini akan sangat berguna karena dapat membuka peluang yang lebih besar agar karirmu bisa dipertimbangkan oleh perusahaan.

3. Tidak Mudah Menyerah dalam Mempelajari Hal Baru

Menjadi seorang Data Scientist tentunya harus memiliki mental yang tidak takut untuk mempelajari hal-hal baru demi dapat meng-upgrade skill yang dimiliki. Terutama bagi teman-teman yang tidak berasal dari Statistika, Matematika, ataupun Teknik Informatika. Nah, untuk mempelajari beberapa bidang yang berkaitan dengan data scientist, kita tentunya harus pro-aktif dalam mencari sumber referensi, baik itu di internet ataupun di perpustakaan.

Setelah mendapatkan teorinya, selanjutnya kita harus mulai praktek. Pada dasarnya, pepatah yang mengatakan “practice make you perfect” itu sangat benar. Kita harus terus mencoba menggunakan bahasa pemrograman untuk mendapatkan insight yang tepat layaknya yang biasa digunakan oleh Data Scientist. Untuk menunjang praktek, kita dapat mengambil berbagai kursus tentang Data Science ataupun mengikuti webinar agar kita dapat memahami bagaimana bentuk data real yang biasa dihadapi oleh Data Scientist.

Baca Juga : Data Scientist VS Data Analyst: Intip Apa Saja Perbedaannya Agar Tidak Salah Kaprah!

4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab.

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Editor : Annissa Widya

Share

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!