3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 49 Menit 11 Detik

Mengenal Fungsi Enumerate pada Python

Belajar Data Science di Rumah 09-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-01-2024-01-05-165515_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman Python merupakan salah satu bahasa andalan bagi para pemula data. Tak heran, Python punya segudang fungsi yang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pengguna dalam berbagai hal. Namun, sayangnya selain tergeser dengan adanya fungsi yang terbilang umum digunakan, terselip pula fungsi yang jarang orang lain ketahui. Salah satu fungsi yang jarang dipakai dalam bahasa pemrograman Python adalah fungsi enumerate. 


Fungsi enumerate() mungkin terlihat jarang dipakai karena banyak pemula lebih sering mengakses elemen-elemen iterable menggunakan indeks saja, tanpa memerlukan informasi indeks itu sendiri. Namun, di beberapa kasus, khususnya dalam skenario pengolahan data dan iterasi kompleks, enumerate() dapat menjadi alat yang sangat berguna. Kelebihan penggunaan enumerate() meliputi kemudahan membaca kode, keberlanjutan, dan peningkatan efisiensi.


Dengan enumerate(), kamu tidak perlu lagi mengelola variabel indeks secara manual, yang dapat mengurangi peluang kesalahan. Kali ini, DQLab akan memberikan panduan terkait fungsi enumerate yang diaplikasikan dalam bahasa pemrograman Python. Simak yuk biar enggak pada ketinggalan!


1. Apa itu Fungsi Enumerate 

Fungsi enumerate() adalah sebuah fungsi bawaan dalam bahasa pemrograman Python yang berguna untuk mengiterasi melalui elemen-elemen suatu iterable (seperti list, tuple, atau string) bersamaan dengan indeksnya. Fungsi ini mengembalikan objek enumerasi yang berisi pasangan indeks dan elemen dari iterable tersebut.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Sintaks Fungsi Enumerate

Sintaks umum dari fungsi enumerate() adalah:

Python

Keterangan:

  • iterable: Objek yang akan diiterasi (seperti list, tuple, string, dll.).

  • start (opsional): Nilai awal dari indeks enumerasi. Default-nya adalah 0.

Fungsi enumerate() mengembalikan objek enumerasi yang berisi pasangan indeks dan elemen dari iterable yang diberikan. Setiap pasangan ini adalah tupel (indeks, elemen).


3. Contoh Penggunaan Fungsi Enumerate()

Dalam contoh ini, enumerate(fruits, start=1) menghasilkan objek enumerasi yang dimulai dari indeks 1. Setiap elemen dari list fruits dipasangkan dengan indeksnya, dan loop for digunakan untuk mengakses dan mencetak pasangan indeks dan elemen tersebut. Berikut adalah contoh sintaks dari penjelasan soal fungsi enumerate()

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Kelebihan Fungsi Enumerate()

Fungsi enumerate() di Python memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya bermanfaat dalam beberapa situasi:


Mengakses Elemen dan Indeks:

Fungsi ini memungkinkan pengguna mengakses baik nilai elemen maupun indeksnya selama iterasi. Hal ini dapat sangat bermanfaat dalam beberapa skenario di mana kedua informasi tersebut diperlukan.


Kode yang Lebih Bersih:

Menggunakan enumerate() dapat membuat kode lebih bersih dan lebih mudah dibaca. Kamu tidak perlu lagi mengelola variabel indeks secara manual, yang dapat mengurangi peluang kesalahan.


Efisiensi:

enumerate() membantu meningkatkan efisiensi karena menghindari kebutuhan untuk mengakses indeks secara terpisah. Ini juga dapat mengurangi jumlah baris kode yang diperlukan untuk melakukan tugas tertentu.


Hai sahabat DQ, ingin jago dalam bahasa pemrograman Python? Atau bingung buat pilih bootcamp yang cocok dengan kebutuhan, kesibukan, dan ingin belajar lebih lanjut? Kalian bisa belajar melalui program Bootcamp Live Class yang disediakan oleh DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang Data Science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian atau Sign Up dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :