SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 39 Menit 16 Detik

Mengenal Fungsi Keuangan IRR pada Excel

Belajar Data Science di Rumah 26-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-08-2023-09-26-133040_x_Thumbnail800.jpg

Excel adalah salah satu software yang cukup populer untuk mengelola dan sangat mumpuni untuk menghitung data. Dalam excel terdapat banyak sekali parameter yang dapat diukur ketika ingin melakukan pengembangan dan juga kelayakan suatu bisnis. Salah satu parameter yang cukup sering digunakan sebagai alat ukur adalah IRR.


IRR ini biasa dipakai untuk menilai seberapa menguntungkannya atau tidak sebuah proyek yang dilakukan. Untuk di perusahaan sendiri parameter ini digunakan untuk menganalisis keuangan khususnya dalam bidang analisis kelayakan bisnis.


Bisnis dalam hal ini adalah bisnis yang berjangka panjang. Nah, agar kalian tidak penasaran dan bingung lagi, kali ini DQLab akan membahas apa itu fungsi keuangan IRR dan kelebihan dan kekurangannya. Yuk, simak pembahasan berikut ini!


1. Apa itu Fungsi IRR?

Fungsi IRR atau Internal Rate of Return adalah tingkat pengembalian yang membuat NPV (Net Present Value) dari arus kas suatu proyek atau investasi sama dengan nol. IRR ini adalah suatu ukuran profitabilitas atau hasil proyek.


Biasanya fungsi IRR ini digunakan diberbagai orang dalam dunia investasi seperti investor individu, analis keuangan, dan juga manajer portofolio. Semakin tinggi nilai dari IRR ini, maka semakin menguntungkan untuk investasi perusahaan.


IRR juga bisa digunakan untuk membandingkan berbagai macam proyek untuk bisa melihat mana yang paling menguntungkan mana yang tidak. Nah bagaimana bentuk dari rumus fungsi IRR ini? Kalian bisa melihat pada gambar di bawah ini;


Excel

Keterangan:

  • N = Jumlah periode

  • n = periode sekarang, biasanya dalam bentuk tahun

  • r = tingkat pengembalian internal

  • C = bunga tahunan yang diterimal


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Kelebihan IRR

Kelebihan dari fungsi IRR untuk mengevaluasi sebuah proyek adalah dengan hanya memberi tahu berapa persentase proyek yang bersangkutan akan kembali. Jadi, evaluator selaku pengevaluasi proyek hanya perlu memutuskan dengan tarif mana yang akan dibandingkan.


Kalian tidak perlu memutuskan tingkat rintangan terlebih dahulu. Kesalahan dalam menentukan tingkat rintangan tidak akan terlalu mempengaruhi hasil dari fungsi IRR ini.


3. Kekurangan IRR

Nah, selain kelebihan IRR. IRR ini memiliki kelemahan utama yaitu dalam menganalisis proyek non-konvensional yang dimana arus kas memiliki berbagai arus kas positif dan negatif pada tahun yang berbeda-beda.


Hal ini karena IRR hanya membandingkan arus kas dengan jumlah pengeluaran modal yang menghasilkan arus kas tersebut, IRR juga tidak mempertimbangkan ukuran proyek yang dimana proyek yang lebih besar akan menghasilkan lebih banyak keuntungan secara signifikan selama periode waktu yang lebih lama. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Cara Menggunakan Fungsi IRR

Untuk bentuk umum dari fungsi ini adalah seperti berikut ini:


=IRR(values, guess)


Keterangan:

  • Values adalah aliran kas yang diharapkan dari investasi

  • Guess adalah tebakan awal untuk nilai IRR yang akan ditampilkan


Untuk cara penggunaannya bisa kita ambil contoh seperti kita ingin mencari nilai IRR dari proyek investasi dengan aliran kas tahunan.

Excel


Setelah memasukkan datanya, kita bisa langsung menghitung berapa nilai IRR yang akan ditampilkan dengan menggunakan rumus umum IRR. Dari data tersebut nilai IRR yang ditampilkan sejummlah 9%.

Excel


Di era disruptif teknologi tidak memiliki background STEM bukanlah halangan yang berarti bagi kamu untuk belajar dan menambah skill baru khususnya seputar Data Science dan Data Analyst. Karena skill yang mumpuni lebih dipertimbangkan daripada gelar, untuk itu mulai bangun skill dan portofolio data yang mengagumkan melalui Data Analyst Career Track bersama DQLab


Tidak hanya bahasa pemrograman saya lho yang penting dikuasai, ternyata tools Ms.Excel juga tak kalah penting untuk di kuasai terutama untuk kamu yang saat ini berprofesi sebagai Admin. Ingin ukur kompetensi excelmu? Yuk, coba mini quiz DQLab. Caranya mudah, signup sekarang di DQLab.id lalu pilih menu Quiz atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Nikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif untuk jago Excel bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Platinum Excel. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login