Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Mengenal Fungsi Left Join SQL pada Beberapa Tabel

Belajar Data Science di Rumah 06-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1ee105fb99e2460fd43ff13c0d006abd_x_Thumbnail800.jpg

Setiap bahasa pemrograman memiliki fungsi serta kegunaan masing-masing, begitu pula dengan SQL. SQL sendiri adalah bahasa query yang dirancang untuk pengambilan informasi tertentu dari database. SQL sendiri adalah bahasa query yang dirancang untuk pengambilan informasi tertentu dari database.


Bisa dipastikan mayoritas perusahaan menyimpan data di database. Sehingga diperlukan SQL untuk mengelola data dalam database. Tidak mengherankan, dalam setiap rekrutmen profesi data selalu mensyaratkan kemampuan SQL.


SQL Join adalah salah satu skill dasar yang perlu dipelajari jika kalian ingin menekuni bahasa pemrograman SQL. Sebab dengan SQL Join, kita dapat melakukan operasi penggabungan secara langsung tanpa harus memindahkan satu-satu datanya. Dibalik banyaknya jumlah data yang tersedia dalam suatu database memungkinkan seorang programmer ataupun developer membutuhkan formula khusus.


Beruntungnya SQL memiliki banyak formula untuk melakukan operasi dalam sebuah database. Salah satu operasi SQL Join yang lumayan sering digunakan adalah Left Join.


Tapi kira-kira kapan sih waktu yang pas untuk menggunakan Left Join pada bahasa pemrograman SQL? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!


1. Penulisan Umum Left Join

Left Join adalah salah satu operator join yang berfungsi untuk menggabungkan dua tabel dengan menampilkan semua data bagian kiri pada tabel yang dijoinkan, adapun pada tabel lainnya akan menampilkan data yang cocok dengan kondisi join. Namun jika ada data yang tidak cocok maka baris tersebut akan bertuliskan NULL. 

SQL


Secara umum, untuk menerapkan fungsi Left Join, perintah atau sintaks dasarnya adalah sebagai berikut:

SELECT column1, column 2
FROM table1
LEFT JOIN table2
ON A.columnName = B.columnName;


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Contoh Penggunaan Left Join SQL

Berikut adalah contoh dua tabel yang berisi data Customer dan Order. Dari kedua tabel di bawah ini, ada key unique yang sama yang bisa digunakan untuk menggabungkan kedua tabel tersebut. Key unique yang dimaksud adalah kolom customer_id.


sql


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di kedua tabel ada key unique yang bisa kita gunakan sebagai ‘kunci’ untuk me-match-kan dan menggabungkan kedua tabel tersebut. Sehingga kita bisa menuliskan sintaksnya seperti gambar di bawah ini:

SQL


3. Left Join untuk 2 Tabel

Misalkan, kita memiliki dua database seperti berikut:

sql


Setiap lokasi hanya memiliki satu location_id dan hanya satu negara, sementara setiap negara dapat memiliki nol atau lebih lokasi. Hubungan antara tabel countries dan locations adalah satu-ke-banyak.


Kolom country_id di tabel lokasi adalah kunci yang menautkan ke kolom country_id di tabel countries. Untuk menampilkan nama negara AS, Inggris, dan Cina, kita menggunakan script berikut berikut.


SQL


4. Left Join untuk 3 Tabel

Bagaimana jika kita memiliki 3 database?

SQL


Dalam tabel region, satu region mungkin tidak memiliki atau memiliki banyak negara sementara setiap negara terletak di satu region. Hubungan antara tabel countries dan region adalah satu-ke-banyak. Kolom region_id di tabel countries adalah tautan antara tabel countries dan region.


Script code berikut menunjukkan cara menggabungkan 3 tabel yaitu wilayah, negara, dan lokasi.

sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Menguasai bahasa pemrograman SQL merupakan salah satu kebutuhan bagi praktisi data. Mengapa demikian? Karena bahasa ini dapat digunakan sebagai langkah awal demi mempersiapkan data yang baik sebelum dianalisis lebih lanjut.


Namun untuk mempelajari lebih lanjut tentang SQl, jangan khawatir, ada DQLab. DQLab menyediakan materi secara teori maupun praktek. Selain itu terdapat berbagai modul, serta ebook yang membantu memudahkan proses belajar terutama bagi pemula.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science DQLab.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :