Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Mengenal Grafik Excel untuk Data yang Mudah Dipahami

Belajar Data Science di Rumah 01-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-08-2024-03-02-082538_x_Thumbnail800.jpg

Excel menjadi salah satu tool analisis data yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, misalnya saja untuk membuat visualisasi data. Dalam pekerjaan praktisi data, visualisasi adalah hal yang kerap kali dibutuhkan untuk mempermudah penyajian data. Visualisasi data merupakan cara mengubah data yang berbentuk non visual (angka dan teks) ke dalam bentuk visual guna mendapatkan insight data dengan cepat, efektif, dan efisien.


Grafik adalah alat yang sangat berguna dalam menyajikan data secara visual. Excel juga telah menyediakan berbagai jenis grafik yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna sesuai kebutuhannya masing-masing, misalnya seperti bar chart, line chart, area chart, hingga pie chart. Pemanfaatan grafik yang sesuai dengan kebutuhan akan membuat para audiens mudah memahami data dan meminimalisir terjadinya salah paham.


Dalam artikel ini akan dibahas mengenai grafik yang ada di Excel dan cara membuatnya. Yuk, simak pembahasannya!


1. Mengapa Grafik Penting?

Excel

Penyajian visualisasi data tidak akan jauh-jauh dari penggunaan grafik. Dengan menggunakan grafik, kita dapat membuat data menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Grafik juga mempermudah pembaca dalam melihat pola dan tren dalam data dengan lebih jelas, sehingga dapat membantu kita dalam membuat keputusan yang lebih baik.


Namun yang perlu diperhatikan, setiap grafik tidak bisa digunakan untuk menggambarkan semua keadaan. Sehingga praktisi data dituntut untuk jeli dan bijak dalam menentukan grafik yang akan digunakan untuk menyajikan data.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Jenis Grafik yang Tersedia di Excel

Excel

Excel menawarkan berbagai jenis grafik yang bisa kita pilih untuk menyajikan data yang kita miliki. Beberapa jenis grafik yang tersedia di Excel seperti bar chart, line chart, pie chart, dan banyak lagi. Setiap jenis grafik memiliki kegunaan yang berbeda, sehingga kita perlu memilih jenis grafik yang paling sesuai dengan data dan tujuan visualisasi yang ingin dilakukan. Penggunaan grafik yang salah bisa membuat terjadinya miscommunication antara praktisi data dengan orang yang melihat data. 


3. Cara Membuat Grafik di Excel

Excel

Cara membuat grafik di Excel sangatlah mudah. Pertama, kita perlu mempersiapkan data yang akan dibuat grafiknya. Kita perlu memastikan jika data tersebut telah tersusun dengan rapi dalam kolom dan baris, serta penempatan label yang jelas untuk setiap data. Setelah data tersebut siap, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik di Excel:

  • Blok data yang akan digunakan untuk membuat grafik.

  • Klik tab "Insert" di bagian atas layar Excel.

  • Nantinya kita akan menemukan berbagai jenis grafik di Menu “Chart”.

  • Pilih grafik sesuai dengan kebutuhan dengan cara klik pada jenis grafik yang diinginkan.

  • Excel akan membuat grafik tersebut secara otomatis.


4. Format Grafik

Excel

Setelah berhasil membuat grafik, langkah terakhir adalah mengubah formatnya agar sesuai dengan kebutuhan. Kita bisa mengubah dari segi warna, style, dan ukuran grafik, atau bahkan menambahkan label dan judul. Selain itu, kita juga bisa menambahkan elemen-elemen lain seperti garis tren atau nilai rata-rata. Untuk melakukan hal tersebut, kita bisa klik pada grafik, lalu klik tab "Format" di bagian atas layar Excel. Di sana, kita akan menemukan berbagai opsi untuk memformat grafik tersebut sesuai keinginan kita.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login