PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 11 Menit 41 Detik 

Mengenal Ilmu Statistik Dalam Data Science

Belajar Data Science di Rumah 11-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/02270d6a27a756bd477a076f3fb0f3a1_x_Thumbnail800.jpg

Selain bidang keilmuan pemrograman dan matematika data science adalah salah satu bidang keilmuan yang juga mempelajari statistik. Oleh karena itu, hal ini bisa dibilang menjadi salah satu yang melandasi data science menjadi salah satu bidang keilmuan yang paling diminati saat ini. 


Kebutuhan akan sumber daya manusia yang kompeten di bidang data science kian meningkat seiring dengan eksistensi big data. Namun, kebutuhan sumber daya manusia tersebut tidak selaras dengan ketersediaannya. Josh Wills, mantan kepala teknik di Slack mengatakan œSeorang ilmuwan data adalah orang yang lebih baik dalam statistik daripada programmer mana pun dan lebih baik dalam pemrograman daripada ahli statistik manapun 


Dengan kata lain, statistik adalah komponen inheren yang diperlukan dari ilmu data. Kami akan mengeksplorasi lebih lanjut tentang konsep dibawah ini, disamping cara terbaik untuk kamu agar mendapatkan pengetahuan statistik untuk posisi data scientist.  


Penasaran kan sahabat DQ? Jika, kamu bingung ketika ingin terjun ke bidang data science harus mulai dari mana. Yuk, kamu bisa mulai dengan mempelajari ilmu statistik bersama DQLab dari artikel di bawah ini ya.


1. Pengantar Statistik untuk Data Science

statistik


Analisis statistik dan probabilitas mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita. Betapa tidak, statistik bisa digunakan untuk memprediksi cuaca, mengisi kembali rak ritel, memperkirakan kondisi ekonomi dan masih banyak lagi. Digunakan dalam berbagai bidang profesional, statistik memiliki kekuatan untuk memperoleh wawasan berharga dan memecahkan masalah yang komplek dalam bisnis, sains dan masyarakat. 


Dalam data science, statistik adalah inti dari algoritma machine learning yang canggih, menangkap dan menerjemahkan pola data menjadi bukti yang dapat ditindaklanjuti. Data science menggunakan statistik untuk mengumpulkan, meninjau, menganalisa dan menarik kesimpulan dari data, serta menerapkan model matematika yang diukur ke variabel yang sesuai. Dengan demikian, statistik dalam ilmu data sama pentingnya dengan memahami bahasa pemrograman.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Teknik Statistika untuk Data Science

Statistik


Terdapat sejumlah teknik statistik yang perlu dikuasai oleh para data scientist. Ketika baru memulai, penting untuk memahami pemahaman yang komprehensif tentang prinsip-prinsip ini, karena setiap lubang dalam pengetahuan akan menghasilkan data yang dikompromikan atau kesimpulan yang salah. Statistik umum: konsep paling dasar dalam statistik termasuk bias, varians, mean, median, mode, dan persentil. Kamu bisa menggunakan teknik distribusi probabilitas untuk menghitung probabilitas peluang hujan, atau menggunakan teknik pengurangan dimensi,  over and under sampling, hingga teknik bayesian statistik.


3. Skill Statistika yang Dibutuhkan untuk Profesi Data Scientist

statistik

Data science membutuhkan campuran keterampilan teknis, seperti bahasa pemrograman R dan python serta soft skill termasuk komunikasi perhatian terhadap detail. Berikut adalah beberapa keterampilan yang paling penting yang perlu diasah oleh para ilmuwan data untuk memperkuat kemampuan statistik. 

  • Manipulasi data: menggunakan excel, R, SAS, Stata, dan program lainnya, ilmuwan data memiliki kemampuan untuk membersihkan dan mengatur kumpulan data besar

  • Berpikir kritis dan perhatian terhadap detail

  • Rasa ingin tahu yang tinggi

  • Management dan pengorganisasian

  • inovasi dan problem solving

  • Komunikasi

  • Statistik


4. Bagaimana Cara Belajar Statistik untuk Data Science?

statistik

Kurangnya sumber daya manusia dibidang data science telah mendorong perusahaan untuk menjadi kreatif ketika mencoba mengisi kesenjangan bakat data. Terlepas dari metodenya, pendidikan adalah kekuatan utama yang mendorong upaya ini. 


Tiga jalur pendidikan populer adalah kursus online terbuka besar-besaran (MOOCs), bootcamps atau program master. Terlepas dari jalur mana yang kamu tempuh dan akan kamu tempuh selama kamu telah memenuhi requirement dan skill data science, maka kesempatan kamu terbuka lebar untuk berkarir sebagai seorang data scientist. 


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Metode Statistik dengan Python dan R Bersama DQLab, Yuk!

Belajar metode statistik merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang data scientist. Kini belajar otodidak bisa lebih terstruktur dan terarah bersama DQLab. Tanpa perlu takut overdosis informasi dan kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Da



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :