TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 0 Menit 10 Detik 

Mengenal Karakter Data Scientist yang Banyak Dicari Recruiter

Belajar Data Science di Rumah 08-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/092ec998bd99fa8ea424dbe4baaf2c69_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah sebuah profesi yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data dalam jumlah dan volume yang besar. Seorang data scientist memiliki basic knowledge di bidang matematika, statistika, dan informatika. Selain itu, seorang data scientist juga harus menguasai penggunaan  teknologi analisis yang canggih, seperti machine learning dan artificial intelligence.Profesi ini membutuhkan data berukuran dan bervolume besar untuk mengembangkan hipotesis, membuat kesimpulan, dan menganalisis tren pasar. Tanggung jawab dasar seorang data scientist adalah mengumpulkan dan menganalisis data, menggunakan berbagai jenis alat statistik dan report untuk mendeteksi pola, tren, dan hubungan pada kumpulan data.

Dalam bisnis, data scientist biasa bekerja dalam tim untuk mengumpulkan big data yang dapat digunakan untuk memprediksi pelanggan dan mengidentifikasi adanya peluang sumber pendapatan baru. Di sebuah perusahaan, seorang data scientist juga bertanggung jawab untuk menetapkan teknik pengumpulan data terbaik, menggunakan analysis tools, dan menafsirkan data. Beberapa tahun kebelakang, rekrutmen data scientist berkembang sangat signifikan karena banyak perusahaan yang mulai sadar akan pentingnya data dan pengambilan keputusan berdasarkan data. Semakin tingginya rekrutmen data scientist menyebabkan minat belajar data science juga semakin tinggi sehingga persaingan di dunia kerja juga semakin berat. Lalu data scientist seperti apa yang dicari oleh recruiter? Yuk simar artikel ini sampai akhir!

1. Data Scientist yang Paham dan Bertanggung Jawab dengan Perannya

Sebuah perusahaan tidak hanya mencari calon pekerja yang pintar secara akademis, tetapi juga mencari calon pekerja yang memiliki kepribadian, pengalaman dan sadar akan tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Tanggung jawab dasar yang harus dilakukan oleh seorang data scientist adalah menganalisis kumpulan big data, baik data kuantitatif maupun kualitatif. Data scientist profesional bertugas untuk mengembangkan model pembelajaran statistik dan harus memiliki pengalaman menggunakan tools statistik. Selain itu, 90% pekerjaan data scientist berhubungan dengan bahasa pemrograman, oleh karena itu perusahaan akan mencari kandidat yang menguasai bahasa pemrograman.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Data Scientist yang Memiliki Interpersonal Skills yang Baik

Data scientist yang banyak dicari oleh perusahaan adalah data scientist yang memiliki karakteristik rasa ingin tahu yang tinggi, memiliki intuisi terhadap data, dan kreatif. Keterampilan interpersonal yang dimiliki seorang data scientist akan sangat berguna karena profesi ini akan bekerja di banyak tim. Perusahaan berekspektasi bahwa seorang data scientist harus bisa menerangkan insight yang didapatkan kepada semua tim, baik tim yang memahami data maupun yang tidak. Selain itu, seorang data scientist harus memiliki jiwa pemimpin dan kecerdasan bisnis untuk mengarahkan tim dalam proses pengambilan keputusan berbasis data.

3. Data Scientist yang Menyukai Tantangan

Data scientist masuk ke dalam profesi dengan salary yang menjanjikan. Namun, tingginya salary tersebut juga berbanding lurus dengan tantangan yang mereka kerjakan sehari-hari. Kebanyakan data yang baru dikumpulkan dari beberapa sumber bukanlah data yang "cantik". Perlu treatment dan cara khusus untuk membersihkan data tersebut hingga akhirnya bisa digunakan. Proses pembersihan data ini termasuk proses yang challenging dan butuh kesabaran ekstra. Selain itu, data scientist juga dituntut untuk mencari solusi atas sebuah permasalahan di perusahaan yang pastinya tidak mudah. 

4. Data Scientist dengan Hard Skill yang Baik

Data science membutuhkan pengetahuan mengenai tools big data, seperti Hadoop, Pig, Hive, Spark, dan MapReduce, serta bahasa pemrograman seperti SQL, Python, R, Scala dan Perl, dan lain sebagainya. Selain itu, sebuah perusahaan juga akan mencari data scientist yang memiliki hard skill yang mumpuni, seperti kemampuan menggunakan berbagai tools data science, kemampuan data mining, machine learning, deep learning, dan kemampuan untuk mengintegrasikan data terstruktur dan tidak terstruktur.

Baca juga : Profesi Data Scientist, Ketahui Tanggung Jawab Hingga Role Pekerjaannya

5. Data Scientist yang Memiliki Banyak Pengalaman

Dalam sebuah rekrutmen, idealnya perusahaan akan mencari kandidat yang "paket komplit". Maksudnya, mereka akan mencari calon pekerja yang memiliki hard skill, soft skill, dan banyak pengalaman. Salah satu cara untuk skill up dan memperkaya pengalaman adalah dengan mengikuti kursus data science yang saat ini banyak dipilih karena cenderung lebih banyak praktik langsung dengan berbagai study case. Ingin menambah pengalaman di bidang data science? Yuk bergabung dengan DQLab! Belajar data science dengan metode hands-on menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri. Cukup kunjungi www.dqlab.id dan nikmati berbagai fasilitas yang akan menunjang karir kita di dunia data science. Selamat mencoba!

Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!