SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 48 Menit 18 Detik

Mengenal Karir HR Data Analyst, Intip Ragam Tugasnya!

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-03-2023-09-23-135105_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst sebagai salah satu profesi yang berasal dari bidang ilmu data science tentunya memiliki spesialisasi dan jenjang karir yang berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan lingkup pekerjaan yang ditekuninya. Bidang analisis data melibatkan berbagai jenis data analyst yang memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda.


Misalnya dalam bidang kesehatan, kita mengenal ada healthcare data analyst. Healthcare data analyst menggunakan analisis data untuk mengidentifikasi tren kesehatan, memantau kualitas perawatan, monitoring kesehatan, dan mengoptimalkan proses perawatan pasien.


Mereka juga dapat terlibat dalam penelitian medis berdasarkan data. Namun, ada juga salah satu profesi data analyst juga yang spesialisasinya berkaitan dengan bidang HR. Sebutannya adalah HR Data Analyst


Seorang HR Data Analyst adalah seorang profesional yang bekerja di departemen Sumber Daya Manusia (HR) dan memiliki tanggung jawab utama untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data terkait tenaga kerja dan sumber daya manusia.


Peran mereka sangat penting dalam membantu perusahaan membuat keputusan strategis terkait manajemen karyawan, rekrutmen, kompensasi, pengembangan organisasi, dan berbagai aspek lain dari HR. Beberapa tugas dan tanggung jawab yang umumnya dimiliki oleh seorang HR Data Analyst berkaitan erat dengan SDM. So, inilah dia sederet tugas dan tanggung jawab dari posisi HR Data Analyst. Simak yuk sahabat DQLab! 


1. Mengenal Profesi Data Analyst

Data Analyst pada umumnya bisa bekerja dalam berbagai industri dan bidang. Mereka mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk data bisnis, data pemasaran, data kesehatan, data keuangan, dan banyak lagi, tergantung pada kebutuhan perusahaan atau proyek tertentu.


Tujuan utama dari seorang Data Analyst pada umumnya adalah mengidentifikasi tren, pola, dan wawasan dari data yang mereka analisis untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis. Mereka dapat bekerja pada berbagai proyek analisis data, seperti analisis pasar, analisis risiko keuangan, analisis operasional, dan banyak lagi.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Mengenal Profesi HR Data Analyst

HR Data Analyst mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang terkait dengan sumber daya manusia, seperti data karyawan, data penggajian, data rekrutmen, dan data performa karyawan.


Tujuan utama dari HR Data Analyst adalah memberikan wawasan tentang kinerja dan manajemen sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. Mereka membantu dalam pengambilan keputusan HR, seperti evaluasi kinerja karyawan, rekrutmen, kompensasi, dan perencanaan tenaga kerja.

Data Analyst

Sumber Gambar: AltexSoft


3. Korelasi Profesi Data Analyst dan HR Data Analyst

Korelasi antara peran seorang HR Data Analyst dan seorang Data Analyst pada umumnya adalah bahwa keduanya berfokus pada analisis data. Namun, perbedaan utama terletak pada sumber data yang mereka analisis dan tujuan analisisnya.


Meskipun keduanya memiliki kemampuan analisis data sebagai inti dari pekerjaan mereka, HR Data Analyst memiliki fokus yang lebih spesifik pada analisis data yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia dan kebijakan HR.


Sementara Data Analyst pada umumnya dapat memiliki cakupan yang lebih luas dan dapat bekerja di berbagai sektor dan bidang yang berbeda. Penting untuk dicatat bahwa dalam banyak organisasi, terdapat peran yang berbeda untuk HR Data Analyst dan Data Analyst pada umumnya, dan masing-masing memiliki tanggung jawab yang sesuai dengan bidang kerja mereka.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Tugas dan Tanggung Jawab HR Data Analyst

Seorang HR Data Analyst menggunakan analisis data untuk memberikan wawasan yang berharga kepada departemen HR dan manajemen perusahaan, yang pada gilirannya membantu perusahaan mengelola tenaga kerja dengan lebih efisien, meningkatkan retensi karyawan, dan mendukung keberhasilan bisnis.


Berikut adalah tugas dan tanggung jawab dari HR Data Analyst:

  • Pengumpulan Data: Mengumpulkan data terkait karyawan, termasuk informasi pribadi, data penggajian, riwayat pekerjaan, dan data lainnya yang relevan.

  • Pemrosesan Data: Membersihkan, memformat, dan mengorganisasi data agar mudah diakses dan diolah.

  • Analisis Kinerja Karyawan: Menggunakan data untuk mengevaluasi kinerja karyawan, termasuk penilaian, penghargaan, promosi, dan pemutusan hubungan kerja. Menganalisis tren kinerja dan memberikan wawasan tentang perbaikan yang mungkin diperlukan.

  • Analisis Penggajian: Menganalisis data penggajian untuk memastikan bahwa sistem kompensasi berjalan dengan baik, termasuk identifikasi perbedaan gaji, analisis tunjangan, dan pemantauan kepatuhan terhadap regulasi penggajian.

  • Rekrutmen dan Seleksi: Menganalisis proses rekrutmen dan seleksi karyawan untuk meningkatkan efisiensi, mengidentifikasi sumber calon terbaik, dan memastikan perusahaan mendapatkan bakat terbaik.


Dengan melakukan tugas-tugas ini, seorang HR Data Analyst membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik terkait manajemen sumber daya manusia, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih efisien dan memuaskan bagi karyawan. 


Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python! Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:


  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulnya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login