SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 2 Jam 47 Menit 19 Detik

Mengenal Kelebihan & Tipe Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 27-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c529e01f5bfbf8fc29cb0a04e463aa8c_x_Thumbnail800.jpeg

Machine Learning adalah salah satu teknologi yang merupakan bagian dari Artificial Intelligence. Machine Learning digunakan untuk membuat komputer bisa mengambil keputusan secara otomatis. Dalam hal ini, komputer akan melalui proses pembelajaran data terlebih dahulu agar bisa melakukan prediksi yang tepat. Semakin banyak data yang dipelajari, maka pengetahuan yang dimiliki oleh mesin juga akan semakin bertambah.


Seiring dengan perkembangan jaman, Machine Learning juga mulai diterapkan di berbagai industri untuk mempermudah proses pengambilan keputusan bisnis. Di setiap industri, tentu saja data yang ada akan berbeda-beda. Maka kita akan membutuhkan beberapa jenis Machine Learning sesuai dengan data yang ada serta goals yang ingin dicapai. Dalam artikel ini, kita akan membahas tipe-tipe Machine Learning dan kelebihannya masing-masing. Yuk, simak pembahasannya!


1.Tipe Machine Learning

Machine Learning

Secara umum, Machine Learning dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning. 

  • Supervised Learning merupakan tipe machine learning di mana model dilatih dengan data yang telah diberi label (label adalah hasil yang diharapkan). Di tipe ini, model akan memetakan input ke dalam output dengan mempelajari hubungan antara fitur-fitur pada masukan dan label yang sesuai. 

  • Unsupervised learning merupakan tipe machine learning dimana data yang diberikan untuk dipelajari adalah data tanpa label. Tujuan dari unsupervised learning adalah untuk menemukan pola dan struktur yang tersembunyi dalam data tanpa diketahui labelnya. 

  • Reinforcement learning merupakan tipe machine learning di mana model belajar dengan mencoba memaksimalkan imbalan yang diterima dengan melakukan tindakan yang tepat dalam suatu lingkungan. Dalam reinforcement learning, model belajar dari interaksi berulang dengan lingkungan dan menerima umpan balik dalam bentuk imbalan atau hukuman.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Kelebihan Supervised Learning

Machine Learning

Supervised Learning termasuk salah satu tipe Machine Learning yang cukup sering digunakan. Contoh dari supervised learning termasuk klasifikasi, di mana model memprediksi kategori yang tepat untuk setiap contoh data, dan regresi, di mana model memprediksi nilai numerik. Beberapa kelebihan yang dimiliki Machine Learning tipe ini adalah:

  • Akurasi prediksi yang tinggi, karena model dilatih dengan data yang telah diberi label yang akurat.

  • Kemampuan untuk mengklasifikasikan dan memprediksi data baru berdasarkan data pelatihan sebelumnya.

  • Mudah diimplementasikan karena membutuhkan data yang telah diberi label.


3. Kelebihan Unsupervised Learning

Machine Learning

Selain supervised learning, unsupervised learning juga menjadi salah satu tipe machine learning yang banyak digunakan. Contoh dari unsupervised learning termasuk pengelompokan (clustering), di mana model mengelompokkan data berdasarkan kemiripan mereka, dan reduksi dimensi (dimensionality reduction), di mana model mengurangi jumlah dimensi dalam data untuk membuatnya lebih mudah untuk dipahami.


Beberapa kelebihan dari tipe ini adalah sebagai berikut:

  • Dapat mengekstrak pola dan informasi yang tersembunyi dalam data yang tidak memiliki label.

  • Dapat digunakan untuk pengelompokan data yang mirip atau untuk reduksi dimensi dalam data yang kompleks.

  • Lebih fleksibel karena tidak memerlukan data yang telah diberi label dan dapat menghasilkan penemuan baru dari data yang belum dipelajari.


4. Kelebihan Reinforcement Learning

Machine Learning

Dibandingkan dengan dua tipe sebelumnya, reinforcement learning adalah yang paling berbeda. Contoh penerapan dari reinforcement learning adalah ketika kita bermain game dengan melawan komputer, machine akan mempelajari langkah yang sedang digunakan oleh manusia. Kelebihan dari tipe machine learning ini adalah:

  • Mampu mempelajari strategi dan tindakan yang tepat untuk memaksimalkan imbalan dalam suatu lingkungan.

  • Dapat digunakan untuk memecahkan masalah optimasi dan keputusan yang rumit.

  • Dapat belajar dari lingkungan dinamis dan dapat menyesuaikan strateginya sesuai dengan perubahan lingkungan.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Pada dasarnya, kelebihan dan kekurangan setiap tipe machine learning akan sangat tergantung pada aplikasi dan data yang digunakan, sehingga pemilihan tipe machine learning yang tepat sangat penting untuk mencapai hasil yang diinginkan.


Pemanfaatan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang bisa kita pungkiri. Adanya Machine Learning tidak hanya memberikan manfaat bagi para pemilik bisnis, namun juga bisa meringankan pekerjaan kita sebagai masyarakat biasa. Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning di DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login