FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 9 Menit 22 Detik 

Mengenal Komponen Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 23-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/65928be1a5521ed1fe8e9dc90b5b283c_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data deskriptif kualitatif adalah salah satu teknik analisis data yang sering digunakan sebagai metode penelitian. Dalam suatu penelitian, data perlu dianalisis untuk memberikan wawasan hebat dan tren berpengaruh yang memungkinkan batch konten berikutnya dibuat sesuai dengan keinginan atau kesukaan populasi umum. 


Jenis teknik analisis data deskriptif kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Jenis analisis data deskriptif kualitatif kerap digunakan untuk menganalisis kejadian, fenomena, atau keadaan secara sosial. Sekaligus merupakan gabungan dari teknik analisis data deskriptif dan kualitatif.


Tentunya dengan menerapkan teknik analisis data yang tepat maka akan semakin banyak informasi dapat diurutkan dan akan membantu kita untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang itu.


Hal ini dapat meningkatkan produktivitas yang lebih baik dan lebih banyak keuntungan untuk berbagai bidang terutama bidang bisnis. Untuk selengkapnya, mari kita simak bersama-sama tentang teknik analisis data deskriptif kualitatif berikut ini!


1. Komponen Analisis Data

teknik analisis data

Aktivitas analisis data terbentuk berdasarkan interaksi ketiga komponen analisis data secara sistematis antara lain sebagai berikut:

  • Reduksi data (data reduction):

    Merupakan cara yang dilakukan peneliti dalam melakukan analisis untuk mempertegas, memperpendek, membuat fokus, membuang hal-hal yang tidak penting dan mengatur data sedemikian rupa sehingga dapat menarik kesimpulan atau memperoleh pokok temuan.

  • Penyajian data (data display):

    Merupakan gambaran jelas tentang keseluruhan data yang pada akhirnya akan dapat membentuk sebuah kesimpulan yang mudah dimengerti dan dipahami

  • Penarikan kesimpulan (conclusion drawing):

    Merupakan pengecekan keakuratan dan validitas suatu penelitian yang telah kamu jalani. Dengan didukung oleh bukti-bukti yang valid dan konsisten, sehingga menghasilkan kesimpulan yang lebih kredibel.


Baca juga: Cara Implementasi Teknik Analisis Data untuk Data Teks


2. Pengertian Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif 

teknik analisis data

Teknik analisis data deskriptif kualitatif adalah gabungan dari teknik analisis data deskriptif dan kualitatif. Dalam analisis data kualitatif, data diperoleh dari berbagai macam sumber. Teknik pengumpulan data juga bermacam-macam dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh.


Analisis data kualitatif adalah bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis. 


Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu dengan teknik analisis deskriptif barulah kamu membangun tabel kuartil dan mean, metode dispersi seperti varians atau standar deviasi dan tabulasi silang atau crosstab yang dapat melakukan banyak hipotesis yang berbeda. Hipotesis ini sering menyoroti perbedaan di antara subkelompok.


3. Kelebihan Analisis Data Deskriptif Kualitatif

teknik analisis data

Tingginya tingkat objektivitas dan netralitas para peneliti adalah salah satu keunggulan utama analisis deskriptif. Alasan mengapa peneliti harus ekstra waspada adalah karena analisis deskriptif menunjukkan karakteristik yang berbeda dari data yang diekstraksi dan jika data tidak cocok dengan tren maka akan menyebabkan dumping utama data. 


Analisis deskriptif dianggap lebih luas daripada metode kuantitatif lainnya, lebih baik terutama untuk mengumpulkan informasi yang menggambarkan suatu relasi. Selain itu juga kelebihan dari pengolahan data deskriptif dianggap lebih berguna untuk mengidentifikasi variabel dan hipotesis yang baru yang dapat dianalisis lebih lanjut melalui studi eksperimental dan inferensial sehingga memberi peneliti fleksibilitas untuk menggunakan data kuantitatif dan kualitatif untuk menemukan sifat-sifat populasi.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Kekurangan Analisis Data Deskriptif Kualitatif

teknik analisis data

Dibalik kelebihan teknik analisis data deskriptif kualitatif juga memiliki kekurangan, seperti menciptakan data subjektif karena penelitian dalam metode ini akan selalu ada kualitas subjektif dari data yang mereka kumpulkan dan hal itu akan menjadi bias, selain itu juga metode ini membutuhkan banyak waktu untuk mengumpulkan poin data dan ini merupakan elemen ketidakpastian yang tidak dapat dihilangkan saat kita melakukan penelitian kualitatif. 


Analisis data deskriptif kualitatif juga tidak menawarkan representasi statistik. Bukan hanya itu peneliti harus memiliki pengetahuan tentang apa yang mereka buat, dan harus dapat mengidentifikasi poin data yang tidak terucapkan, sehingga sulit untuk mereplikasikan hasil dengan menggunakan metode ini.


teknik analisis data



Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :