DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 54 Menit 36 Detik 

Mengenal Lebih Dalam Proses Pengolahan Data yang Mempermudah Pekerjaanmu!

Belajar Data Science di Rumah 22-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f242851bcf31f957edcdcc6cd9fe3b7e_x_Thumbnail800.jpg

Di era digital transformation ini, pengolahan data merupakan hal umum yang didengar oleh masyarakat. Karena saat ini terdapat banyak sekali data yang digunakan untuk berbagai keperluan. Proses pengolahan data meliputi pengumpulan data, editing dan koding data, serta penyajian dan analisis data. Tahapan-tahapan ini harus dilakukan dengan teliti agar hasil yang diperoleh dapat menjawab permasalahan yang ada. Di era industri 4.0 kini, banyak perusahaan yang menerapkan Data Science untuk mempercepat proses pengolahan datanya.

Mengolah data berdasarkan jenis dan informasi juga dapat menghemat banyak space dibandingkan data hanya diinput tanpa memilahnya dengan jelas. Contoh pengaplikasiannya dalam industri medis yaitu, data yang sudah diolah bisa digunakan untuk pemrosesan informasi yang lebih cepat yang bisa digunakan untuk menyelamatkan nyawa pasien seperti memprediksi penyakit secara otomatis dengan hasil ronsen. Namun apakah kamu sudah mengenal lebih jauh tentang pengolahan data ini? Kali ini DQLab akan mengupasnya lebih dalam untuk kamu, jadi simak pembahas di bawah ini ya!

1. Definisi Pengolahan Data

Data merupakan kumpulan sebuah informasi atau fakta yang dapat berupa angka, simbol, kata atau gambar yang diperoleh dengan mengamati atau mencari sumber tertentu. Pengolahan data sendiri merupakan proses manipulasi data yang menghasilkan output yang bersifat informatif. Fungsi dari proses pengolahan data itu sendiri berguna untuk memproses data sehingga menghasilkan hasil akhir dan menyimpan program dari data, melakukan proses aritmatika dan logis untuk data yang dapat disimpan.  


Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!  

2. Tahapan Pengolahan Data

Secara garis besar pengolahan data memiliki tiga tahap seperti berikut:

  • Input: ini merupakan data awal, atau data input yang disiapkan dalam berbagai bentuk yang sesuai untuk kepentingan pengolahan. Bentuk tersebut akan bergantung pada pengolahan mesin.

  • Processing: Pada langkah ini data input diubah, dan biasanya dikombinasikan dengan informasi lain untuk menghasilkan data dalam bentuk yang lebih bisa digunakan.

  • Output: Pada proses ini hasil-hasil dari pengolahan data sebelumnya dikumpulkan untuk pengolahan data selanjutnya.

 

3. Mengapa Pengolahan Data Diperlukan?

Mengapa pengolahan data sangat penting untuk dilakukan? Pertama, data yang mentah pada awalnya sangat sulit untuk diambil informasinya. Oleh karena itu kita perlu mengolah dan memfilter setiap hal yang ada pada data agar lebih relevan. Kedua, proses ini membuat seluruh prosedur menjadi lebih hemat dalam biaya. Dengan mengatur angka-angka besar ke dalam tabel yang terstruktur dengan baik akan menghindari kita dari risiko kehilangan informasi yang penting. Dan yang terpenting, pengolahan data akan meningkatkan kinerja keseluruhan perusahaan manapun karena mengesampingkan langkah-langkah yang tidak perlu yang dapat menghambat seluruh proses pemrosesan data.

 

 Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Salsabila Miftah

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!