GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Mengenal Macam Analisis Data Sebagai Peran Penting di Era Digital

Mengenal Macam Analisis Data Sebagai Peran Penting di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 22-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b3efe456f53cbd23090b73ed99bdacd_100_persen.png

Data sekunder adalah data primer yang diperoleh dari pihak lain. Umumnya, data ini telah diolah lebih lanjut serta disajikan baik dari pengumpul data primer maupun oleh pihak lain. Data ini bisa berwujud tabel atau diagram dan digunakan oleh seorang peneliti untuk memberikan gambaran tambahan atau diproses lebih lanjut. Analisis data adalah sebuah proses pemeriksaan, pembersihan, transformasi dan pemodelan data dengan tujuan menemukan informasi yang berguna, menginformasikan kesimpulan dan sebagai alat dalam pengambilan keputusan.

Mengenal macam analisis data adalah salah satu tahap yang penting dalam mengenal jenis data sekunder. Metode analisis data merupakan bagian dari proses analisis dimana data sekunder yang dikumpulkan lalu diproses untuk menghasilkan kesimpulan dalam pengambilan keputusan. Metode ini dibagi menjadi dua bagian besar, kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dengan menggunakan teknik statistik adalah istilah untuk metode analisis kuantitatif, dan analisis data menggunakan analisis tematik dengan pengkodean dan berupa teks merupakan metode analisis kualitatif. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut teknik analisis apa saja yang dimiliki oleh masing-masing metode ini. Simak penjelasan berikut ini ya!

 

1. Teknik Analisis Data

Teknik analisis data adalah metode dalam memproses data menjadi informasi. Saat melakukan suatu penelitian, kita perlu menganalisis data agar data tersebut mudah dipahami. Analisis data juga diperlukan agar kita mendapatkan solusi atas permasalahan penelitian yang tengah dikerjakan. Analisis data dapat menghasilkan sesuatu dari sebuah data baik menjadi suatu informasi maupun keputusan. Analisis data dapat menguraikan konteks yang mencakup suatu kondisi serta bagaimana suatu proses bisa berlangsung dan bagaimana proses tersebut dilakukan. Selain itu analisis data bertujuan untuk menguraikan data agar mudah dipahami, lalu menyajikannya dalam bentuk grafik yang menarik berdasarkan karakteristik dari populasi di suatu sampel data.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data

 

2. Teknik Analisis Data Kualitatif

Metode analisis data ini merupakan metode dengan menggunakan wawancara dan observasi dengan menjawab pertanyaan seperti apa, mengapa atau bagaimana. Data-data yang dianalisa dengan metode ini berupa teks atau narasi. Selanjutnya dari keseluruhan data tersebut dilakukan proses pengklasifikasian berdasarkan kebutuhan dengan proses pencodingan. Tahap terakhir pada metode ini adalah interpretasi data. Beberapa teknik dalam metode analisis data kualitatif adalah:

Analisis Konten

Teknik analisis konten dibutuhkan saat kita perlu memahami keseluruhan tema pada data kualitatif yang kita miliki. Dalam metode penelitian ini, kita dapat menerapkan kode warna untuk tema atau ide tertentu. Penguraian data tekstual seperti ini membantu kita menemukan rangkaian data yang paling umum.

Analisis Naratif

Teknik analisis naratif berfokus pada bagaimana suatu ide atau cerita dikomunikasikan kepada seluruh bagian yang terkait. Metode penelitian ini biasanya digunakan untuk membuat interpretasi tentang penilaian pelanggan, proses operasional, perasaan karyawan terhadap pekerjaannya, dan lain-lain. Metode penelitian kualitatif naratif juga membantu kita dalam membuat rencana strategi pemasaran.

 

3. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Metode analisis data kuantitatif adalah metode yang bergantung kepada kemampuan untuk menghitung data secara akurat. Selain itu, metode ini juga memerlukan kemampuan untuk menginterpretasikan data yang kompleks. Metode ini merupakan pendekatan pengolahan data melalui metode statistik atau matematik yang terkumpul dari data sekunder. Kelebihan dari metode ini adalah kesimpulan yang lebih terukur dan komprehensif. Metode metode lainnya yang dapat digunakan dalam proses analisis data adalah analisis teks, statistical, diagnosa, prediktif, preskriptif. Beberapa teknik dalam metode analisis data kuantitatif adalah:

Analisis Deskriptif

Teknik analisis data kuantitatif deskriptif dibutuhkan ketika kita ingin melihat performa data di masa lalu untuk memperoleh suatu kesimpulan. Teknik analisis data kuantitatif ini digunakan ketika kita berhadapan dengan data dalam volume yang sangat besar seperti data sensus penduduk.

Analisis Inferensial

Teknik analisis data kuantitatif inferensial berfokus dalam menggunakan rumus statistik. Hasil yang diperoleh dari perhitungan tersebut digunakan sebagai dasar untuk membuat kesimpulan yang berlaku secara umum (generalisasi).

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif

        

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis: Salsabila Miftah

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!