TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 32 Menit 21 Detik

Mengenal Manfaat Cloud dalam Azure Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 12-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-07-2023-09-13-112041_x_Thumbnail800.jpg

Pada saat ini, Microsoft Azure Machine Learning adalah salah satu cloud service yang bersifat fleksibel. Inilah yang mendasari mengapa banyak perusahaan yang menggunakan Microsoft Azure untuk mengatur data dan melakukan analisis.


Selain itu, Microsoft Azure juga dapat menampung file dalam skala besar namun tetap dalam kondisi yang aman. Kalian tak perlu khawatir, karena Microsoft Azure pasti menjamin keamanan dan kerahasiaan data yang dimiliki perusahaan. 


Microsoft Azure Machine Learning terdiri dari tiga komponen pembangun yang bisa menjalankan cloud storage tersebut. Pertama ada Compute, yang memiliki tugas untuk mengatur seluruh proses komputasi yang terjadi termasuk foreground atau background.



Kemudian ada Storage, sebuah komponen yang bertugas untuk menyimpan seluruh data yang ada. Komponen ketiga adalah adalah Fabric. Fabric adalah bagian penting yang bertugas sebagai pengatur atau otak dari sistem penyimpanan ini, banyak proses yang diatur termasuk penjadwalan, alokasi resource, dan manajemen. 


Lantas, apa saja manfaat menggunakan Microsoft Azure? Yuk simak penjelasan di bawah ini!


1. Memahami Azure Machine Learning

Machine Learning


Microsoft Azure adalah suatu layanan cloud computing publik yang dibuat secara khusus oleh perusahaan Microsoft. Aplikasi yang satu ini mampu memberikan berbagai layanan cloud, seperti tools analysis, networking, sampai ruang penyimpanan data. Setiap penggunanya bisa memilih untuk mengembangkan dan juga menskalakan lebih lanjut tentang aplikasi baru, ataupun menjalankan aplikasi yang sudah ada pada cloud publik dari Microsoft Azure ini.


Tujuan dibuatnya Microsoft Azure adalah agar bisa membantu setiap pebisnis dalam mengelola berbagai tantangan dan membantu mereka dalam mencapai tujuan bisnisnya. Untuk itu, aplikasi ini mampu menawarkan berbagai macam tools yang mampu mendukung kepentingan seluruh lini industri, seperti finansial, e-commerce, sampai berbagai jenis perusahaan Fortune 500. 


Lebih uniknya lagi, setiap tools dan juga layanan yang ditawarkan di dalamnya sangat kompatibel untuk seluruh jenis teknologi yang bersifat open source. Keunggulan tersebut mampu memberikan suatu fleksibilitas untuk menggunakan tools dan juga teknologi yang dipilih oleh setiap pengguna.


Lebih dari itu, Microsoft Azure juga mampu menawarkan empat jenis komputasi yang berbeda-beda, mulai dari IaaS (infrastructure as a service), PaaS (Platform as a service), SaaS (software as a service), sampai layanan tanpa server.


Microsoft Azure mengenakan biaya untuk para pengguna Azure dengan dasar pay-as-you-go. Artinya, pelanggan hanya akan menerima tagihan untuk sumber daya yang memang sudah mereka gunakan saja.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Beragam Manfaatnya 

Manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan dengan menggunakan Microsoft Azure adalah sebagai berikut.

  • Menerapkan backup data dan rencana pemulihan pasca krisis. Microsoft Azure adalah tools terbaik yang mampu melakukan backup berbagai data penting dan juga pemulihan pasca krisis.

    Karena aplikasi ini sudah sangat fleksibel untuk bisa merencanakan pemulihan situs lebih lanjut dengan adanya sistem yang sudah.

  • Bisa dijadikan sebagai hosting dan mengembangkan aplikasi. Poin kedua ini menjadi alasan kenapa para developer sangat menggemari Microsoft Azure. Aplikasi ini mampu menyediakan solusi untuk perusahaan yang memang sedang mencari platform hosting, mengembangkan ataupun mengelola website maupun software.

    Microsoft Azure bisa menjadi suatu aplikasi pilihan para developer dan menjadi salah satu tools yang bersifat otonom dan juga adaptif dengan adanya manajemen AutoScale, patch, dan juga sistem yang terintegrasi.

  • Berinovasi dengan solusi industri IoT. Setiap analisis bisa disambungkan dengan berbagai perangkat mereka ke cloud menggunakan solusi yang sudah terintegrasi dengan infrastruktur yang memang telah ada sebelumnya.

    Setelahnya, para analis bisa mulai mengumpulkan data baru yang berhubungan dengan perusahaan mereka. Di dalam Azure IoT Hub, setiap analis bisa mengelola dan juga memantau ribuan hingga miliaran perangkat dan bisa memperoleh informasi yang baik untuk para stakeholder dalam membuat keputusan bisnis yang tepat.


3. Layanan Microsoft Azure

Berbagai layanan dari Microsoft Azure adalah sebagai berikut.

  • Computer service. Terdapat layanan virtual machine, cloud service, service fabric, dan functions di dalam kategori layanan ini. Dengan menggunakan Microsoft Azure, maka kalian bisa membuat virtual machine dengan menggunakan sistem operasi dari Windows ataupun dari Linux.

    Layanan cloud service dari Microsoft Azure juga akan mendukung Sahabat DQ dalam membuat aplikasi di dalam cloud. Hasilnya pun akan tersimpan di dalam cloud dan bisa dijalankan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan.

  • Networking service. Saat menggunakan networking space, terdapat istilah Azure CDN, yakni layanan untuk mengirimkan konten website dengan menggunakan bandwidth yang lebih tinggi untuk semua pengguna.

    Terdapat juga istilah express route, yakni layanan yang mampu menghubungkan on premise network pada cloud dengan menggunakan koneksi privat.

  • Storage service. Sebagai salah satu perusahaan storage service, Microsoft Azure juga menyediakan pilihan HDD ataupun SSD yang bisa dioperasikan secara bersamaan dengan memanfaatkan virtual machine.

    Sedangkan dalam blob storage, data yang tersimpan dengan jumlah yang besar dan tidak terstruktur bisa disimpan dengan aman. Nah, file storage adalah sebuah layanan penyimpanan yang sudah dilengkapi dengan standar server dengan menggunakan SMB atau server message block.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


4. Keuntungan Menggunakannya

Terdapat beberapa alasan kuat kenapa saat ini kalian harus menggunakan Microsoft Azure, yaitu:

  • Keamanan lebih terjamin. Dengan menggunakan Microsoft Azure, maka kalian sudah tidak perlu lagi takut tentang proteksi ataupun privasi dari para pengguna. Kedua hal tersebut sangat penting dalam kegiatan yang dilakukan di dunia digital.

    Karena, kalian akan mempercayakan data berharga pada cloud computing yang sangat rentan terjadi serangan peretasan. Data center yang sudah mereka sediakan terbukti sudah aman karena didukung dengan kontrol yang sangat ketat.

  • Layanan fleksibel dan transparan. Keunggulan selanjutnya dari Microsoft Azure adalah lebih fleksibel. Aplikasi ini mampu mendukung banyak sekali sistem operasi, perangkat, bahasa pemrograman, tools, hingga berbagai jenis database.

    Dengan adanya fleksibilitas ini, maka Anda akan lebih mudah dalam membangun infrastruktur IT di dalam perusahaan. Selain itu, Microsoft Azure juga menawarkan transparansi yang baik agar para penggunanya bisa melakukan review source code.

  • Mengurangi biaya secara signifikan. Interoperabilitas atau kemampuan sistem berkomunikasi dengan sistem lain tanpa upaya tambahan sangat Anda butuhkan guna efisiensi pekerjaan. Jika public cloud tidak memiliki keamanan dan private cloud memakan biaya yang cukup mahal, solusi terbaiknya adalah memilih hybrid cloud.

    Beruntung karena dengan Microsoft Azure, kalian dapat mengembangkan aplikasi on-premise pada layanan cloud. Ini berarti kalian telah mengurangi atau meminimalisir pengeluaran terhadap infrastruktur on-premise secara signifikan.


Ada banyak benefit yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Azure Learning, khususnya bagi para praktisi data. Kamu bisa memulai proses belajar tersebut bersama DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT. 


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi praktisi data dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :