Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Mengenal Modul Bootcamp Basic Python dari DQLab

Belajar Data Science di Rumah 23-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e79891a2-b449-4f2e-84de-d60c4a314323-2023-08-23-213843_x_Thumbnail800.jpeg

Semakin meningkatnya lapangan pekerjaan di bidang data science berbanding lurus dengan meningkatnya bootcamp data science dari berbagai platform. Saat ini, ada berbagai bootcamp data science, mulai yang berbayar hingga yang gratis. Fasilitas dan kurikulum yang ditawarkan pun beragam. Setiap bootcamp memiliki fokus materi yang berbeda-beda, mulai dari tools yang akan digunakan seperti python, R, SQL hingga role yang akan di-highlight. Popularitas bahasa pemrograman python kian meningkat dari waktu ke waktu sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini melalui bootcamp python.


Salah satu bootcamp yang berfokus pada bahasa pemrograman python dengan akses modul gratis adalah DQLab. Bootcamp ini memiliki beberapa paket mulai paket gratis hingga paket berbayar dengan durasi waktu yang beragam. Materi yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari  materi data science menggunakan bahasa pemrograman R dan python, materi database menggunakan SQL, hingga excel. Salah satu modul gratis yang ditawarkan DQLab adalah “Introduction to Data Science with Python”. Apa saja yang akan kamu pelajari dari modul ini? Yuk baca artikel ini sampai selesai!


1. Fun Fact Mengenai Python

Nama Python diambil dari grup komedi Inggris bernama Monty Python yang merupakan grup komedi yang disukai oleh Rossum. Salah satu bahasa pemrograman favorit ini terinspirasi dari bahasa pemrograman ABC. Sampai saat ini, Rossum merupakan penulis utama Python. Namun, karena bersifat open source jadi semua orang dapat mengembangkan bahasa pemrograman ini. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Outline Modul DQLab

Modul ini berisi dua chapter dengan 16 sub chapter. Chapter pertama berisi dasar-dasar penggunaan Python dalam data science. Di chapter ini kamu akan belajar hal-hal mengenai Python dengan materi yang ringkas dan padat. Jadi, kamu lebih mudah memahaminya. Pada chapter dua, kamu akan belajar lebih dalam mengenai penggunaan bahasa pemrograman Python dalam ilmu data science. Topik utama di chapter ini adalah jenis-jenis data pada python dan bagaimana cara menggunakan library di bahasa pemrograman Python. 


3. Ringkasan Chapter I Modul DQLab

Di chapter ini kamu tidak hanya belajar bahasa pemrograman Python secara general, tetapi kamu juga akan belajar beberapa library yang sering digunakan dalam ilmu data science. Library itu antara lain numpy, scipy, pandas, matplotlib, scikit-learn, dan seaborn. 


Setelah kamu memahami beberapa library dalam Python, materi selanjutnya adalah struktur bahasa Python. Topik ini merupakan topik krusial yang harus kamu pahami pertama kali saat kamu mulai belajar bahasa pemrograman Python. Struktur bahasa Python antara lain statement, variable, literals, operations, reserved words, white space, dan comment. DQLab paham untuk mempelajari struktur bahasa Python, tidak cukup hanya dengan membaca. Oleh karena itu, modul ini di desain dengan live code editor yang bisa kamu gunakan untuk berlatih langsung di environment DQLab tanpa software tambahan. 


4. Ringkasan Chapter II Modul DQLab

Pada chapter ini kamu akan belajar enam tipe data python yaitu none, numeric, boolean, sequence, set, dan map secara lengkap dan detail. Setelah belajar tipe data Python, di chapter ini kamu juga akan belajar cara menggunakan library python. Pada modul ini kamu akan belajar bagaimana library python dapat diakses dan cara mengimport library-nya dulu. Ada dua cara untuk mengimport library yaitu  menggunakan perintah import nama_library atau import nama_library as alias. 


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Penasaran ingin akses modul gratis yang satu ini? Yuk bergabung dengan DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login