BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 5 Menit 37 Detik 

Mengenal Pengertian Statistik, Manfaat Hingga Jenisnya, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 12-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/454827771fefffa16e315f225b1a5dd3_x_Thumbnail800.jpg

Di pertengahan abad ke-18 istilah statistika sudah sering digunakan, yang mana awal mulanya digunakan untuk mencatat berbagai kegiatan atau urusan yang berkaitan dengan negara. Seperti jumlah penduduk pada tahun tertentu, penerimaan pajak, dan sebagainya. 


Namun, sejalan dengan perkembangan zaman, statistika tidak lagi hanya digunakan untuk urusan pemerintahan atau negara saja, tetapi mulai banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan termasuk kegiatan penelitian di berbagai sektor. Jenis-jenis statistika dikelompokkan berdasarkan tujuan pengolahan data antara lain terbagi menjadi dua yaitu: statistika deskriptif, dan statistika inferensial.


Oleh karena itu, jika kamu ingin berkarir di bidang data science kamu juga harus memiliki kemampuan yang mumpuni meliputi, machine learning, programming termasuk kemampuan statistik. Untuk menguasai skill statistik sahabat DQ bisa mulai dari memahami pengertian manfaat hingga jenisnya seperti yang akan DQLab bahas di artikel ini. Yuk, simak artikel dibawah ini!


1. Sudah Tahu, Apa Itu Statistik?

statistik

Ibarat membangun sebuah rumah, kamu memerlukan fondasi yang kokoh agar rumah kuat dan tidak mudah goyah. Sama halnya jika kita ingin mahir dengan salah satu bidang tertentu. Oleh karena itu, sebelum lebih jauh memahami tentang seluk beluk statistik mari kita pahami terlebih dahulu tentang pengertian statistik itu sendiri. Statistik adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang pengumpulan data, analisis data, penyajian data, hingga pengambilan kesimpulan untuk mengungkap pola dan suatu trend tertentu.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Manfaat Statistik

Statistik


Statistik memiliki manfaat dan peran baik itu dalam kehidupan sehari-hari, penelitian ilmiah dan ilmu pengetahuan. Dalam kehidupan sehari-hari, statistik berperang sebagai penyedia bahan atau keterangan dari berbagai hal untuk diolah dan ditafsirkan. Sementara manfaat statistik dalam penelitian yakni, sebagai alat penyedia untuk mengemukakan maupun menemukan kembali keterangan yang seolah tersembunyi dalam angka. Sedangkan dalam ilmu pengetahuan, statistik berperan sebagai peralatan analisis dan interpretasi diri data kuantitatif ilmu pengetahuan sehingga dapat disimpulkan data tersebut.


3. Tools yang Digunakan

statistik

Perangkat lunak untuk melakukan analisis statistik biasanya memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis yang lebih kompleks dengan memasukan tools tambahan untuk organisasi dan interpretasi dataset, serta untuk penyajian data itu. IBM, SPSS, RMP, dan STATA adalah beberapa contoh perangkat lunak analisis statistik. Misalnya, statistik IBM SPSS mencakup banyak proses analitik. Dari persiapan data dan manajemen data untuk analisis pelaporan. Perangkat lunak ini mencakup antarmuka yang dapat disesuaikan dan meskipun mungkin cukup sulit untuk digunakan seseorang, relatif mudah bagi mereka yang berpengalaman dalam cara kerjanya.


4. Jenis-jenis Statistik Berdasarkan Orientasi Pembahasannya

statistik


Berdasarkan orientasi pembahasannya, statistika dibagi menjadi 2 yaitu statistika matematika dan statistika terapan. Statistika matematika sama halnya dengan statistika teori yakni lebih mengutamakan pada pemahaman akan model, penurunan konsep dan rumus-rumus statistika secara matematis-teoritis, seperti pemahaman dan penggunaan uji-t, uji normalitas, analisis regresi, uji homogenitas, galat, dan lain-lain. Sedangkan, Statistika terapan lebih mengutamakan pada pemahaman konsep dan teknik statistika serta penggunaannya atau penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Metode Statistik dengan Python dan R Bersama DQLab, Yuk!

Belajar metode statistik merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang data scientist. Kini belajar otodidak bisa lebih terstruktur dan terarah bersama DQLab.


Tanpa perlu takut overdosis informasi dan kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab


Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :