3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 0 Menit 22 Detik

Mengenal Posisi Cloud Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-04-2023-12-08-112816_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer memiliki spesialisasi karir yang beragam dari segi keterampilan maupun jenjang yang dijajaki oleh calon praktisi data. Salah satunya adalah posisi cloud data engineer. Seorang Cloud Data Engineer adalah seorang profesional di bidang teknologi informasi yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara sistem dan infrastruktur data di lingkungan cloud. Tugas utama mereka melibatkan manajemen, analisis, dan pengolahan data menggunakan teknologi dan layanan cloud.


Selain itu, Cloud Data Engineer juga bertanggung jawab untuk mengintegrasikan dan menyederhanakan aliran kerja data, memastikan keamanan data, dan mendukung kebutuhan analisis data yang efektif. Mereka sering berkolaborasi dengan tim lintas fungsional, termasuk tim software developer, data analyst, dan system administrator, untuk menciptakan solusi yang memenuhi kebutuhan bisnis.


Posisi Cloud Data Engineer dapat ditemui di berbagai industri dan perusahaan yang mengelola volume data yang besar dan kompleks di platform cloud.  Seiring dengan pertumbuhan penggunaan teknologi cloud, permintaan terhadap profesional ini terus meningkat.


Lalu bagaimana tugas dan tanggung jawab yang dikerjakan oleh posisi Cloud Data Engineer ini dalam kehidupan sehari-hari? Simak lebih lengkapnya melalui postingan berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Membuat Desain Arsitektur Data

Data engineer bertugas untuk membuat desain sistem beserta arsitektur data yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan tujuan analisis data. Proses ini melibatkan identifikasi sumber data, penentuan format penyimpanan yang optimal, dan perencanaan alur kerja data untuk memastikan pengelolaan data yang efisien. Mereka harus mempertimbangkan beberapa faktor kunci dalam merancang sistem dan arsitektur data. 

Data Engineer

Sumber Gambar: Connecting Dots


Pertama, memahami kebutuhan bisnis yang spesifik, termasuk jenis data yang akan diolah, tingkat kecepatan pemrosesan yang diperlukan, dan persyaratan analisis data. Kedua, menentukan skema data yang tepat untuk memodelkan informasi dengan benar, baik itu skema relasional untuk basis data SQL atau skema NoSQL untuk basis data non-relasional.


Terakhir, memilih teknologi penyimpanan data dan alat pengolahan yang sesuai dengan tuntutan tugas, termasuk mempertimbangkan skalabilitas, kinerja, dan kemampuan integrasi.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Menjamin Kualitas Data

Cloud data engineer juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan kualitas data dengan menerapkan praktik terbaik dalam pembersihan, validasi, dan pemantauan data. Proses ini mencakup serangkaian langkah-langkah untuk menjamin bahwa data yang disimpan dan diolah di lingkungan cloud adalah akurat, konsisten, dan dapat diandalkan. Beberapa aspek utama yang terlibat dalam menjaga kualitas data melibatkan:


Pembersihan Data:

Menangani data yang tidak lengkap, tidak konsisten, atau tidak valid dengan melakukan pembersihan data.

Memperbaiki atau menghapus data yang tidak sesuai dengan standar atau kebijakan kualitas data.


Validasi Data:

Menggunakan aturan validasi untuk memastikan bahwa data memenuhi persyaratan bisnis dan teknis.

Mendeteksi dan menangani data yang tidak sesuai dengan format atau batasan yang telah ditetapkan.


3. Optimasi Kinerja

Cloud Data Engineer bertugas memantau kinerja sistem secara terus-menerus dan mengoptimalkan konfigurasi untuk meningkatkan efisiensi. Proses ini melibatkan pemantauan parameter kinerja, identifikasi potensi bottleneck, dan penyesuaian konfigurasi untuk memastikan bahwa sistem beroperasi dengan tingkat kinerja yang optimal.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Perbaikan Bug

Cloud data engineer juga melakukan pemeliharaan rutin, pembaruan, dan perbaikan bug di sistem data cloud. Pemeliharaan ini mencakup serangkaian tindakan proaktif untuk memastikan keberlanjutan operasional, keamanan, dan kinerja optimal dari infrastruktur data di lingkungan cloud.


Mereka juga Menjadwalkan dan melaksanakan pemeliharaan rutin, seperti pembersihan log, pemantauan penggunaan sumber daya, dan peninjauan kinerja sistem secara berkala.

Data Engineer

Sumber Gambar: eGrove Systems


Cloud Data Engineers memainkan peran krusial dalam mendukung transformasi digital perusahaan dengan memungkinkan akses yang cepat dan terukur terhadap informasi, mendukung pengambilan keputusan berbasis data, dan memastikan keberlanjutan operasional di era cloud computing.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :